kamar mandi minimalis

Ingin Punya Kamar Mandi Minimalis? Hindari 5 Kesalahan Ini

Kamar mandi merupakan kebutuhan ruangan dasar yang harus ada di rumah. Untuk rumah minimalis, maka Anda bisa menghadirkan konsep kamar mandi minimalis terutama untuk lahan rumah yang terbatas. Namun, ada beberapa orang yang melakukan kesalahan pada pembangunan kamar mandi dengan gaya minimalis.

Kebanyakan pembangunan kamar mandi yang salah ini membuat kamar mandi jadi sumpek dan tidak tertata rapi. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam pembangunan kamar mandi dengan konsep minimalis? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Kesalahan Dalam Membangun Kamar Mandi Minimalis

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membangun kamar mandi minimalis dan patut dihindari.

Tata Letak yang Buruk

kamar mandi minimalis

Kesalahan pertama yang sering terjadi pada pembuatan kamar mandi dengan konsep minimalis adalah tata letak yang buruk. Maka dari itu, patut dipertimbangkan untuk perencanaan pembuatan tata ruang kamar mandi ini pada denah rumah. Anda harus benar dan tepat dalam membuat sketsa penempatan. Mulai dari bak mandi, toilet, wastafel hingga shower jika memang kamar mandi Anda menggunakan shower.

Tata letak yang  buruk akan membuat estetika dan aliran ruangan jadi tidak sepadan. Pastikan saat memasuki kamar mandi setiap penghuni rumah atau orang yang di dalam kamar mandi merasa nyaman.

Warna Putih Berlebihan

Pada kamar mandi dengan konsep minimalis, tentu saja sangat penting membuat kamar mandi yang sempit terasa lebih lega. Biasanya orang menyiasati dengan penggunaan warna putih untuk kamar mandi. Tapi pastikan untuk tidak menggunakan warna putih yang berlebihan. Kebanyakan orang menggunakan warna putih berlebihan agar tampilan kamar mandi jadi luas, namun malah jadi terkesan monoton.

Anda bisa memanfaatkan sebagian penampilan kamar mandi dengan penggunaan warna gelap. Misalnya untuk bagian lantai dengan motif catur ataupun wallpaper pada langit-langit kamar mandi, yang warnanya serasi dengan warna putih. Dengan begini, kamar mandi juga terlihat menjadi sedikit lebih modern.

Terlalu Banyak Tempat Penyimpanan

Seperti konsepnya, maka kamar mandi minimalis juga wajib menggunakan tempat penyimpanan yang cukup. Setidaknya kamar mandi berisi perlengkapan keseharian dan produk perawatan tubuh saja. Anda tidak perlu menambah penggunaan tempat penyimpanan yang terlalu banyak, karena akan membuat ruangan terasa berantakan dan tidak tertata rapi.

Anda bisa memanfaatkan dinding kamar mandi untuk penempatan rak penyimpanan. Atau memanfaatkan laci kecil pada wastafel yang mudah diakses, baik rak terbuka maupun rak tertutup.

Desain Interior yang Kusam

Meskipun terkesan sederhana dan keras taktis, interior kamar mandi tapi tidak boleh terlihat kusam. Ini akibat pencahayaan yang kurang dari kamar mandi. Maka dari itu, penting untuk merencanakan skema pencahayaan kamar mandi dengan baik. Anda bisa menambahkan satu atau dua perangkat lampu downlight standar. Selain itu, bisa juga menggunakan model jendela yang tidak hanya menambah fungsi pencahayaan pada kamar mandi, tapi juga meningkatkan nilai estetika.

Pemilihan Cat yang Salah

Kesalahan dalam pemilihan warna cat juga membuat kamar mandi terlihat buruk. Sebaiknya, pilihlah cat yang anti jamur untuk mencegah kerusakan pada warna cat kamar mandi. Ada baiknya dalam penggunaan cat Anda memilih cat primer yang mengandung minyak sebelum melakukan pengecatan. Ini akan membuat cat lebih tahan lama apalagi untuk area dinding kamar mandi yang sering basah.

Itu tadi 5 kesalahan yang harus dihindari saat membuat ataupun melakukan renovasi pada kamar mandi minimalis. Bagi Anda yang ingin membuat tampilan kamar mandi lebih sempurna, maka Anda bisa menggunakan jasa desainer atau arsitek bangunan terbaik.

Kunjungi website sejasa.com atau download aplikasi Sejasa untuk memudahkan Anda dalam menemukan penyedia jasa terbaik. Anda bisa melihat portofolio pekerjaan serta mengetahui review dari pelanggan sebelumnya. Terdapat layanan tambahan Project Controller untuk menjamin kualitas pengerjaan proyek. Tunggu apa lagi? Buat permintaan jasa sekarang dan konsultasikan kebutuhan proyek rumah Anda.

kamar mandi minimalis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *