Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memilih Ubin Keramik di Rumah

ubin keramik

Lantai yang terbuat dari ubin keramik cocok untuk hampir semua ruangan. Ubin keramik sangat sesuai untuk area yang sering digunakan untuk beraktivitas, seperti koridor, dapur, kamar mandi, atau ruang tamu.

Dinding keramik biasanya diterapkan untuk dapur serta kamar mandi agar terlihat lebih mengesankan. Sedangkan lantai keramik bisa digunakan untuk seluruh area rumah, namun dengan jenis dan karakteristik berbeda di setiap ruangannya.

Pada artikel ini, tim Sejasa punya informasi penting mengenai pemilihan ubin keramik untuk rumah Anda.

Ubin Keramik untuk Dinding

Memilih keramik untuk dinding bergantung pada selera masing-masing orang. Meskipun begitu, hal yang terpenting untuk dipertimbangkan ialah ukuran ubin, warna, serta desainnya.

Dekorasi

machomoda

Pemasangan ubin pada dinding akan menciptakan tampilan yang menarik dan memberi nuansa berbeda pada ruangan. Ubin tersebut bisa diatur dengan menyusun beberapa warna dan pola berbeda.

Jika Anda mencari ide untuk dinding dekoratif, maka ada baiknya untuk memanfaatkan koleksi yang ditawarkan oleh produsen atau toko bangunan yang menyediakan ubin keramik. Dengan begitu, ada pilihan yang mencakup ubin keramik dasar dan dekorasi yang serasi, sehingga lebih pas dan sesuai. Tips ini bisa diterapkan untuk ruangan yang besar maupun kecil.

Tampilan Mosaik

pinterest

Ubin keramik dengan tampilan mosaik terlihat sangat mengesankan dan sekilas agak bersinar saat terkena cahaya. Anda bisa menggunakan ubin keramik mosaik untuk rak, dan beberapa interior kecil. Selain itu, mosaik juga dapat digunakan untuk pemisah area tertentu dan sebagai strip dekoratif untuk permukaan yang bulat.

Mosaik sangat cantik untuk melengkapi area permukaan yang kecil. Umumnya, setiap ubin mosaik berukuran 2×2 dan 4×4 cm. Namun, untuk membuat peletakannya lebih nyaman dan mudah, ubin tersebut terhubung pada grid berukuran 30×30 cm.

Tampilan Format Keramik Besar

studio1408

Keramik dengan format besar ini merupakan yang paling populer. Umumnya, keramik ini memiliki ukuran 60x60cm atau 75x75cm. Ubin jenis ini mampu menciptakan suasana tenang, karena ketika disusun hampir tanpa sambungan. Dengan begitu, akan terlihat menenangkan.

Keramik berformat besar ini biasanya memiliki warna dan motif lembut yang terlihat seperti kayu, batu, atau beton. Pemakaian keramik besar akan terlihat lebih baik untuk interior yang luas. Saat kita melihatnya dari kejauhan, sambungannya tidak terlihat, sehingga lebih menawan.

Untuk pemasangan di dapur atau kamar mandi kecil, pastikan dindingnya tidak terlalu kecil untuk keramik format besar. Agar tampilannya terlihat masih proporsional dan tidak menjadi sempit.

Ubin Keramik untuk Lantai

Dalam hal pemilihan keramik lantai, hal yang perlu dipertimbangkan yaitu desain dan karakteristik pemakaiannya. Pilihlah lantai keramik yang tahan banting untuk ruangan Anda agar merasa nyaman.

Tingkat Ketahanan Abrasi



Tingkat ketahanan abrasi (simbol:PEI) merupakan ukuran ketahanan ubin berlapis kaca terhadap abrasi permukaan. Semakin besar PEI, semakin tinggi kelas ketahanan abrasi. Ubin dengan PEI 3/750 dapat berhasil digunakan di ruang tamu, tetapi untuk area yang sering digunakan seperti dapur, lebih baik memilih yang memiliki ketahanan lebih tinggi, dengan PEI 3/1500 atau 4/6000.

Ubin mengkilap dan ubin biasa (tidak mengkilap)

ubin keramik
paradyz

Glaze tile atau ubin mengkilap saat ini merupakan pelapis lantai paling populer untuk diterapkan di dalam dan luar ruangan. Ubin jenis ini memiliki karakteristik seperti: daya serap rendah, ketahanan tinggi, tekstur yang keras, dan ketahanan abrasi. Pemasangan ubin mengkilap mampu menciptakan efek visual yang menarik pada permukaan ubin.
Jenis ubin mengkilap ini biasanya ditujukan terutama untuk penerapan investasi, meskipun karena pengaruh tren interior modern, ubin ini semakin sering digunakan di hunian rumah.
Untuk ubin biasa (tidak mengkilap), direkomendasikan untuk area dengan lalu lintas tinggi, karena sangat tahan terhadap permukaan faktor mekanis – tidak retak ketika sesuatu yang berat menimpanya, tidak terpengaruh oleh bahan kimia, tahan abrasi.

Sifat Anti-Slip

ubin keramik
directwarehouse

Parameter ini sangat mempengaruhi keselamatan Anda dan anggota keluarga lainnya. Oleh karena itu, dalam memilih ubin khususnya untuk kamar mandi, pertimbangkanlah secara matang. Simbol R9-R13 menunjukkan tingkat anti-slip pada ubin. Semakin tinggi nilainya, maka semakin tidak licin ubin tersebut.

Tahan Dingin



Ini adalah parameter penting untuk ubin yang akan dipasang di luar ruangan, seperti teras, balkon, dan tangga. Parameter ini juga cocok untuk memilih ubin untuk aula atau ruang bawah tanah, karena ubin yang tahan dingin akan lebih tahan terhadap kelembaban dan air.

Itu dia 7 hal penting dalam pemilihan ubin keramik yang perlu Anda perhatikan. Semoga artikel ini membantu dan memberikan arahan jelas untuk Anda yang hendak memilih ubin keramik.
Jika membutuhkan jasa kontraktor bangunan atau renovasi rumah, Sejasa siap membantu. Dengan transaksi melalui rekening bersama SejasaPay, proyek pasti aman dan bergaransi.

ubin keramik

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.