Panduan Lengkap Memilih Keramik Dapur yang Berkualitas

Saat membangun rumah baru atau melakukan renovasi, Anda mungkin bingung dalam memilih keramik. Entah itu dari segi ukuran keramik, jenis keramik, merek keramik, serta model keramik. Terutama dalam memilih keramik dapur. Sebagai suatu bagian vital di dalam rumah, pemilihan keramik penting agar ruangan dapur terlihat bagus dan fungsional.

Pemilihan keramik yang tepat pada area dapur dapat membantu pengaturan udara didalamnya. Warna keramik dapur juga menentukan nuansa yang diinginkan penghuni rumah. Pada artikel ini, akan dibahas panduan lengkap memilih keramik dapur yang berkualitas. Baik untuk keramik lantai maupun keramik dinding dapur.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Keramik Dapur

memilih keramik dapur

Pinterest

1. Pilih keramik yang sesuai anggaran dan kebutuhan

Dengan beragamnya harga dan model keramik dapur saat ini, membuat Anda harus lebih teliti dalam memilih. Pilihlah keramik dapur yang sesuai anggaran dan kebutuhan Anda. Jangan memaksakan membeli keramik mahal jika tak sesuai dengan budget.

2. Tentukan di bagian mana keramik akan dipasang

Sebelum Anda memilih bahan, tentukan di mana keramik akan dipasang. Anda dapat memasang keramik pada lantai dapur, dinding dapur, atau di bagian meja dapur.

3. Pastikan ada garansi keramik

Garansi adalah hal yang tak kalah penting dari yang lainnya. Pastikan untuk menanyakan detail garansi keramik jika nantinya terdapat keramik yang cacat saat akan dipasang.

4. Pilih keramik yang memiliki ukuran dan tone senada dengan dinding ruangan dapur

Jika ingin ruangan dapur bernuansa estetik, penting untuk memilih keramik sesuai tone ruangan. Pastikan warna keramik dapur yang dipilih nantinya cocok dan senada dengan dapur secara keseluruhan atau dengan ruangan yang posisinya berdampingan dengan dapur.

5. Pemilihan warna dan ukuran keramik

Dengan memilih keramik sesuai warna dan ukuran yang tepat, ruangan dapur akan terlihat estetik dan lebih fungsional. Semakin besar ukuran sebuah keramik di suatu ruagan, maka tampilan ruangan akan menjadi lebih luas.
Jika ruangan dapur Anda kurang sinar matahari, pilihlah keramik warna terang. Begitupula dengan sebaliknya.

6. Pemilihan tekstur permukaan keramik

Ada beberapa jenis permukaan keramik, diantaranya yaitu glossy (mengkilap), matte (bertekstur), dan satin. Ketiganya berbeda dalam hal kelicinannya. Untuk dapur, pilihlah keramik yang bertekstur tidak rata, agar tidak licin saat memasak di dapur.

Panduan Memilih Keramik Dinding Dapur

shutterstock

Dalam memilih keramik dinding dapur, Anda bisa bereksperimen dan membuat inovasi agar dapur terlihat menarik dan cantik. Namun, tentunya ada beberapa hal yang menjadi catatan penting, yaitu:

  • Sesuaikan ukuran keramik untuk dinding dapur dengan luas ruangan, sehingga terlihat saling menyatu dan senada dengan desain rumah secara keseluruhan.
  • Jika ruangan dapur Anda cukup besar, pilihlah keramik yang berukuran sedang. Hal itu membuatnya terlihat seimbang. Dapurpun akan lebih rapi dan nyaman.
  • Jika hunian Anda memiliki konsep minimalis, dapur kecil Anda bisa terlihat lebih luas dengan pemilihan keramik minimalis dengan motif bergaris. Selain itu Anda bisa juga memilih keramik dinding dapur dengan motif puzzle atau mozaik.
  • Penting untuk diingat bahwa Anda harus menyesuaikan motif keramik dengan cat dapur. Jika ingin adanya unsur klasik, pilih corak keramik bermotif bunga atau koral. Pilihan warna-warna yang senada akan menjadikan dapur lebih menyenangkan dan eye-catching.

Panduan Memilih Keramik Lantai Dapur

Ketika hendak memilih keramik lantai dapur, ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu estetika dan keamanan. Dalam hal estetika atau desain keramik yang cantik, sesuaikanlah dengan luas ruangan dapur Anda. Pilihan motif dan warna keramik juga akan mempengaruhi nuansa dan tampilan dapur Anda dari kejauhan.

Sebagai ruangan untuk memasak, kita tentu paham lantai dapur nantinya akan terkena tumpahan tepung, minyak, air, atau bahan makanan lainnya yang lengket. Untuk itu, pilihlah keramik lantai dapur yang tidak terlalu mengkilap, sehingga mudah dibersihkan.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi keramik lantai dapur yang mungkin cocok untuk Anda aplikasikan:

Keramik lantai dapur putih

memilih keramik dapur

shutterstock

Keramik putih klasik ini mampu memberikan kesan bersih dan luas. Untuk menimbulkan tampilan yang lebih kuat, pilihlah keramik lantai dapur berwarna putih dengan motif garis halus.

Keramik lantai dapur bermotif kayu

memilih keramik dapur

shutterstock

Motif kayu akan cocok dan elegan jika diaplikasikan pada dapur. Selain itu, penerapan keramik bermotif kayu akan menampilkan kesan minimalis pada ruangan dapur Anda.

Keramik lantai dapur bermotif BnW

skonahem

Warna keramik laintai dapur BnW alias hitam-putih terlihat sederhana dan menarik perhatian orang yang datang ke rumah Anda. Anda bisa menerapkan warna dominan putih pada bagian lemari dapur dan kitchen set lainnya agar tampilannya lebih rapi.

Keramik lantai dapur diagonal

tileshop

Motif diagonal bisa digunakan untuk dapur minimalis. Penggunaan keramik bermotif diagonal bisa memberikan kesan luas meskipun ruangan terbatas.

Keramik lantai dapur motif batu alam

Jika memiliki kitchen set dari stainless steel, Anda bisa menggunakan jenis keramik batu alam. Dengan begitu, tampilan interior dapur akan indah dan alami. Anda juga bisa memadukannya dengan furniture atau dekorasi dapur lainnya.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat memilih keramik untuk dapur dengan baik dan bijak. Dapur adalah bagian rumah yang cukup rumit pembangunannya, sehingga perlu banyak pertimbangan. Namun, tidak perlu khawatir karena Sejasa bisa membantu mewujudkan dapur impian Anda.

Kalau sudah memiliki referensi khusus, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan penyedia jasa agar Anda mendapatkan rekomendasi yang tepat. Anda juga bisa mendapatkan cashback selama Juli 2021 ini lho. Pesan sekarang melalui website Sejasa.com atau aplikasi Sejasa.

memilih keramik dapur

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.