tips renovasi rumah yang aman

9 Tips Aman Renovasi Rumah yang Wajib Diketahui

Melakukan renovasi pada rumah adalah hal yang menggembirakan. Pada akhirnya, Anda dan keluarga akan menyelesaikan perubahan yang menjadikan rumah lebih baik dan nyaman ditinggali. Namun, di sisi lain renovasi rumah menjadi hal yang menyibukkan. Mulai dari persiapan peralatan, material, hingga hal-hal tak terduga lainnya. Untuk memaksimalkan renovasi, sebaiknya Anda memastikan keamanan prosesnya dengan menyimak 9 tips aman renovasi rumah berikut ini.

Tips Aman Renovasi Rumah

Gunakan peralatan keselamatan

tips renovasi rumah

Jangan pernah melakukan pekerjaan renovasi tanpa peralatan keselamatan yang tepat.

  • Kacamata pengaman yang tahan kabut dan gores. Selain melindungi mata Anda, kacamata pengamanmereka juga memastikan Anda dapat melihat dengan baik saat Anda bekerja.
  • Sarung tangan kerja, untuk melindungi Anda dari luka dan luka serius, tetapi juga menjaga tangan Anda bersih dari kemungkinan iritasi seperti perekat.
  • Penutup telinga atau penyumbat telinga. Ini penting apabila pengerjaan renovasi menggunakan peralatan bertenaga listrik. Kenakan penutup telinga atau penyumbat telinga untuk melindungi gendang telinga Anda dari suara keras bernada tinggi.
  • Masker, merupakan suatu keharusan saat menggunakan bahan kimia beracun atau melakukan pekerjaan berdebu seperti pengamplasan atau pembongkaran.
  • Helm konstruksi. Ini sebenarnya diperlukan untuk renovasi apapun yang dianggap sebagai situs konstruksi.

Perhatikan Pekerjaan yang Berkaitan Dengan Ketinggian

Kecelakaan tangga merupakan hal yang sangat umum terjadi selama renovasi rumah. Jika harus menggunakan tangga, berhati-hatilah. Pastikan tangga Anda diletakkan di lantai yang rata dengan semua kaki rata agar tidak goyah. Anda dapat membeli kunci tangga yang membantu mencegahnya keluar. Jika Anda menggunakan tangga ekstensi yang disandarkan ke dinding, maka untuk setiap ketinggian empat kaki, tangga perlu diperpanjang satu kaki ke luar untuk menciptakan sudut penyangga.

Gunakan Jasa Kontraktor dengan Reputasi Baik

Semakin rumit proyek renovasi rumah, maka akan semakin rumit pula proyek tersebut sehingga Anda membutuhkan jasa kontraktor yang profesional. Selain mampu menyelesaikan pekerjaan dengan benar, mereka juga tahu cara menjaga keamanan lokasi proyek. Anda dapat menemukan jasa kontraktor profesional dan berpengalaman melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

Gunakan Alat yang Tepat

Dengan menyewa jasa kontraktor, pengerjaan renovasi rumah jadi lebih jelas karena mereka akan menggunakan alat yang tepat. Tidak hanya peralatan umum seperti gergaji, tapi juga alat lain yang dioperasikan dengan mesin.

Penanganan Material yang Aman

Beragam material bangunan dalam proses renovasi membutuhkan penanganan yang tepat. Pastikan untuk selalu membaca petunjuk penggunaan material dengan teliti dang lengkap. Begitupula apabila menyewa suatu alat, bicarakan dan tanya detail cara pengoperasiannya dengan aman.

Jaga Agar Tetap Bersih

Poin ini mungkin terdengar sulit, karena renovasi sering diartikan sebagai hal yang pasti berantakan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menjaganya agar tetap rapi dan bersih saat ditinggalkan.
Membuang sampah yang tidak berguna sangat penting, karena ini bisa mengurangi risiko tersandung dan terjaduh. Apabila lantai tertutup dengan puing-puing sampah bangunan, maka sangat memabahayakan. Bahkan, peralatan bangunan yang diletakkan di atas lantai yang tidak rata juga sangat berbahaya. Pastikan Anda membuang sampah-sampah tersebut ke tempat dampah dan menyapunya.

Pertimbangkan untuk Memasang Pelindung Lonjakan Arus

Pelindung lonjakan arus akan melindungi Anda dari sengatan listrik. Jika terjadi lonjakan saat Anda bekerja, maka Anda melindungi diri dan alat elektronik Anda dari bahaya, terutama saat badai. Namun, pelindung lonjakan seluruh rumah harus dipasang oleh tukang listrik yang berlisensi.

Pertimbangkan untuk Memasang Smart Locks

Memasang sistem smart lock akan memberikan keamanan tambahan disaat rumah sedang direnovasi. Ini dapat mempersulit pencuri untuk masuk, terutama jika Anda tidak tinggal di rumah saat renovasi sedang berlangsung.

tips renovasi rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *