kebocoran freon ac

Bagaimana Cara Menemukan Kebocoran Freon AC?

Kebocoran freon AC merupakan salah satu permasalahan yang akan dijumpai oleh pengguna AC. Freon merupakan zat pendingin yang menjadi media untuk memindahkan panas dari dalam rumah ke luar rumah. Sama seperti elektronik rumah lainnya, freon pada AC memiliki sistem pendingin tertutup. Lalu, kemana perginya freon jika tiba-tiba habis begitu saja?

Jika AC Anda kehabisan freon, maka itu pertanda unit AC mengalami kebocoran. Hal ini biasanya bisa ditemukan pada inti katup, koil evaporator, saluran tembaga, konektor “U”, sambungan las, sambungan listrik ke badan kompresor, atau pipa tembaga. Umumnya, kebocoran biasanya akan terjadi pada koil evaporator.

Mengapa Freon AC Bisa Bocor?

Penyebab paling umum yang membuat kebocoran freon AC adalah adanya erosi logam dari waktu ke waktu karena korosi formic acid. Lubang kecil akan terbentuk ketika formic acid menggerogoti logam dan unit AC akhirnya melepaskan freon.

Pada Bagian Mana Kebocoran Freon Biasanya Ditemukan?

Kebocoran freon AC sering dijumpai pada koil evaporator. Bagian terlemah umumnya adalah tempat dimana logam paling tertekan, sambungan “U”, titik las, dan area yang paling banyak terkena getaran. Penting juga untuk mengetahui tanda-tanda freon bocor.

Bagaimana Cara Menemukan Kebocoran Freon AC?

Ada beberapa cara untuk menguji saluran untuk menentukan di mana letak kebocorannya. Diantaranya adalah dengan memanggil teknisi yang kemudian memasang pelacak cairan ke dalam sistem AC atau pompa panas, dan membiarkannya bersirkulasi sekitar dua minggu. Sejumlah kecil pewarna fluoresen ditambahkan ke sistem pendingin udara atau pompa panas dan biarkan bersirkulasi.

Pewarna akan keluar bersama refrigeran atau cairan sistem dan tertinggal di semua lokasi kebocoran. Saat sistem dipindai dengan lampu inspeksi ultraviolet, pewarna akan mengeluarkan cahaya yang dapat menentukan sumber yang tepat dari setiap kebocoran. Terbukti dengan cara ini mampu menemukan banyak kebocoran dan intermiten yang tidak dapat dideteksi dengan metode lain. Bahkan kebocoran lebih kecil dari 1/8 ons per tahun.

Jika AC Anda mengalami kebocoran freon, segera panggil teknisi AC profesional untuk menentukan secara akurat di mana kebocoran terjadi. Selain itu, mereka akan merekomendasikan solusi paling efektif untuk memperbaiki masalah tersebut.

Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin menunjukkan kebocoran freon atau refrigeran pada unit AC:

  • Ruangan Anda membutuhkan waktu lama untuk menjadi dingin
  • Udara hangat keluar dari unit AC
  • Kumparan evaporator AC membeku
  • Anda mendengar suara mendesis dari dalam AC

Jasa Isi atau Tambah Freon Sejasa

Apabila Anda merasa bingung karena ada tanda-tanda keanehan pada freon AC, segera panggil teknisi Sejasa. Kami siap membantu melakukan pengecekan mendetail pada unit AC dan kondisi freon AC Anda, melakukan perbaikan, hingga layanan pengisian freon.

Mitra service AC Sejasa merupakan teknisi yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Anda dapat membuat permintaan jasa melalui website sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Harga terstandarisasi, konfirmasi instan, garansi hingga 60 hari*! Tunggu apa lagi? Pesan sekarang.

kebocoran freon ac
Share This Article!