Wajib Tahu, Ini 4 Tanda-Tanda Freon AC Bocor

Pendingin udara seperti AC merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang membuat rumah menjadi lebih nyaman dan dingin. Sebagai alat pendingin, AC membutuhkan mesin pendingin yang disebut freon AC. Hingga saat ini, kebanyakan pendingin udara menggunakan freon. Hal itu disebabkan oleh freon sangat praktis, harganya cukup murah, serta mampu memberikan kemampuan pendinginan yang sangat baik.

Namun, pernahkah kamu mengalami kebocoran pada freon AC sehingga habis dan harus diisi kembali? Jika iya, tentu hal tersebut sangat menghawatirkan sekaligus menyebalkan. Apalagi kalau kebocoran tersebut terjadi berulang kali dan tak kunjung membaik.

Jangan khawatir, pada artikel ini Anda akan mendapatkan informasi selengkapnya mengenai freon AC, cara kerjanya, serta tanda-tanda kebocoran yang mungkin terjadi.

Apa itu Freon AC?

freon ac bocor
shutterstock

Freon AC atau disebut juga dengan refrigerant R-22 merupakan gas kloroflorokarbon (CFC) yang tidak mudah terbakar yang digunakan sebagai gas pendingin dalam AC. Freon mengalami proses penguapan berulang-ulang, sehingga menghasilkan udara sejuk yang diedarkan ke seluruh sistem AC. Singkatnya, freon AC adalah gas pendingin pada AC.

Tidak hanya AC, namun beberapa alat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin juga membutuhkan freon seperti kulkas. Perlu diperhatikan bahwa setiap alat pendingin harus beroperasi dengan semestinya agar tidak terjadi masalah kebocoran. Kebocoran gas freon akan berakibat sangat fatal. Oleh karena itu, harus dilakukan pengecekan secara berkala.

Cara Kerja Freon AC

Saat digunakan di rumah, freon AC akan bersirkulasi melalui rangkaian saluran pendingin pada AC. Freon akan bergerak dan mengalami serangkaian proses. Awal mulanya, kompresor AC memampatkan gas freon sehingga menjadi sangat panas. Kemudian, freon bergerak melalui serangkaian kumparan yang membantunya untuk mengubah gas menjadi cairan. Setelah itu, cairan tersebut akan bergerak ke evaporator dan mengubahnya menjadi gas bertekanan rendah yang keluar pada unit AC sebagai udara dingin. Seperti itulah proses udara sejuk AC yang kita rasakan.

Pentingnya Freon pada AC

Freon menjadi unsur penting pada alat pendingin. Selain kemudahannya untuk diaplikasikan, freon juga cukup aman dan tidak beracun. Berikut adalah 3 alasan pentingnya freon AC digunakan pada level yang tepat:
1. Mampu menghilangkan panas internal pada unit AC
2. Mengeluarkan udara dingin dari sistem AC
3. Membuat unit AC bekerja secara efisien

Tanda-Tanda Freon AC Bocor

Meskipun ada banyak alasan AC Anda tidak lagi berfungsi dengan baik, seringkali itu terjadi karena kadar freon pada AC rendah atau terjadi kebocoran. Dengan jumlah freon yang sedikit, unit AC tidak berfungsi maksimal dalam mendinginkan ruangan di rumah Anda.

freon ac bocor

shutterstock

Berikut adalah 4 tanda-tanda freon AC Anda bocor atau habis:

1. Tagihan listrik meningkat

Saat jumlah freon rendah, tagihan listrik akan lebih tinggi daripada biasanya. Hal ini disebabkan oleh unit AC bekerja lebih ekstra untuk mendinginkan ruangan, namun tanpa hasil.

2. AC mengeluarkan udara hangat

Udara hangat yang dikeluarkan AC terjadi karena tingkat freon yang rendah. Terjadi kebocoran pada freon sehingga AC bekerja terlalu berat dan udara hangat keluar.

3. Terdapat es atau embun membeku di dalam AC

Pembekuan pada evaporator terjadi karena udara tidak berjalan. Dengan begitu freon mengalir kembali, dan kelembaban disekitarnya membuatnya membeku.

4. AC mengeluarkan suara mendesis

Jika AC mulai mengeluarkan suara mendesis atau menggelegak, maka suara tersebut berasal dari freon yang bocor karena keluar dari salurannya.

Ketika tanda-tanda freon bocor terjadi pada AC Anda, tidak perlu panik dan khawatir. Sejasa akan membantu untuk melakukan pengecekan pada AC dan mengisi freon AC melalui para teknisi yang profesional. Pesan jasa servis AC hanya di aplikasi Sejasa atau website Sejasa.com.

freon ac bocor

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.