memadukan pola

7 Tips Memadukan Pola pada Interior Rumah, Jadi Lebih Menarik!

Memadukan pola dalam interior rumah menjadi sebuah hal menarik yang mampu membuat kenyamanan. Pilihan pola dapat memberikan suasana menyenangkan terutama saat Anda dan anggota keluarga lainnya bersantai di rumah.

Pola dapat diaplikasikan pada berbagai medium dalam dekorasi interior rumah. Hal itu bisa dilihat pada sentuhan di marmer, tampilan berbagai jenis kayu, penciptaan geometri pada keramik atau ubin, pada tekstil atau kain, wallpaper dan banyak lagi.

Daya tarik pola terletak pada kemampuannya untuk memunculkan energi dan nuansa yang berbeda dalam sebuah ruangan. Kain bermotif mampu mengubah skala furnitur atau seluruh ruangan. Penerapan pola ini bisa disesuaikan dengan selera pemilik rumah atau berdiskusi dengan designer interior.

Pada artikel ini, tim Sejasa akan memberikan informasi pentingnya pola pada interior rumah serta tips memadukan pola dalam dekorasi rumah.

Pentingnya Pola pada Interior Rumah

Ada beberapa alasan mengapa pola penting dalam dekorasi rumah. Pola yang dipadukan dengan warna, dan elemen tekstur, akan menjadikan rumah Anda terlihat lebih menarik. Tentu saja, ada beragam pola yang bisa diaplikasikan seperti bunga, garis-garis, polkadot, nuansa alam, dan yang lainnya.

Simbolis

 memadukan pola

shutterstock

Seperti halnya warna, pola dapat memiliki efek simbolis serta meningkatkan suasana hati. Pilihan pola bersifat pribadi, dan dengan beberapa, akan ada hubungan antara pola itu sendiri dan bagaimana perasaan kita.

Pola memperlihatkan gaya

Pinterest

Penataan pola-pola tertentu bisa memperlihatkan gaya yang dominan pada ruangan di rumah. Mulai dari ruang tamu dengan pola kotak-kotak tartan, hingga tampilan penuh bohemian. Penampilan yang berbeda dalam suatu ruangan dapat dibuat hanya dengan memperlihatkan pola. Pilihan pola dapat menunjukkan selera dan kepribadian seseorang.

Menarik perhatian

theinterioreditor

Pola dapat digunakan dalam banyak cara. Penggunaan pola ada ruangan tertentu digunakan sebagai jalur visual yang menarik mata kita. Anda dapat menggunakan prinsip yang sama seperti gambar lorong di atas dengan menggunakan karpet bermotif atau mencoba ubin bermotif.

Memaksimalkan detail arsitektural

theinterioreditor

Detail arsitektural pada ruangan bisa lebih maksimal seperti pada pintu lengkung ini. Selain bentuknya yang unik, pola yang dipakai dapat menarik perhatian yang lebih.

Tips Memadukan Pola pada Interior Rumah

1. Pilih pola dengan ukuran yang berbeda

theinterior

Saat Anda memadukan pola, pastikan ukurannya tidak sama. Gunakan pola dengan skala besar sebagai pola dominan, kemudian gabungkan dengan pola skala sedang atau lebih kecil sebagai aksen.

2. Gunakan warna yang selaras

Jangan pernah memadukan pola dengan warna berbeda, karena itu bisa membuat ruangan terlihat kacau. Gunakanlah skema warna dalam satu palet warna yang sama untuk dapat menciptakan ruangan yang estetik, sambil menawarkan variasi lain.

Untuk memberikan aksen warna yang lebih berani, terapkan aturan 60-30-10. Maksudnya yaitu 60 persen ruangan Anda harus menjadi warna dominan, 30 persen jadi warna sekunder, serta 10 persen sebagai warna tambahan pada aksen.

3. Padukan pola sederhana dan kompleks menjadi satu

memadukan pola

hgtv 

Jika memiliki pola rumit yang ingin diterapkan di ruang tamu dan ruang makan, lengkapi dengan pola sederhana. Pilihlah pola sederhana yang bisa memberikan variasi dan kontras tanpa mengurangi estetika ruangan.

4. Pilih beberapa pola

houseandgarden

Jika ingin memadu-padankan beberapa pola, pilihlah tiga hingga empat pola. Mencampurkan pola dapat memberikan energi dan nuansa berbeda pada sebuat ruangan. Namun hindarilah pola dengan banyak garis, karena itu bisa membuat ruangan terlihat sedikit berantakan.

5. Tampilan kontras

memadukan pola bocadolobo

Meskipun tetap pada palet warna yang sama, Anda bisa memilih warna dengan nuansa yang lebih gelap dan terang. Hal ini dapat membantu pola tertentu lebih menonjol dan menarik perhatian ke area tertentu pada ruangan Anda.

6. Seimbangkan visual pola

houseandgarden
Mencampurkan dan mencocokkan pola serta warna bisa memperluas desain ruangan Anda. Campurkan warna solid sesering mungkin untuk memecah garis dan bentuk pola yang digunakan. Pertahankalah pola tersebut agar mengalir ke seluruh ruangan dan tidak hanya terlihat pada satu sisi.

7. Pahami aturan-aturan penerapan pola

memadukan polahouseandgarden

Untuk memadukan pola dalam dekorasi ruangan, ada beberapa aturan sederhana dalam pola campuran yang bisa dijadikan panduan. Diantaranya yaitu:

  • Pola garis-garis cocok dengan pola bunga
  • Pola kotak-kotak jarang cocok dengan pola polkadot atau bintik

Seringkali, untuk menemukan pola yang cocok dengan pola lainnya Anda bisa mencoba-coba dan mencari refrensi yang sudah ada. Temukan sampel yang serupa agar bisa memastikan apakah pola tersebut cocok satu sama lain.

Bagaimana? Anda tertarik untuk memadukan pola-pola tertentu pada ruangan di rumah? Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan inspirasi untuk Anda dalam hal interior rumah.
Jika Anda masih bingung dalam menentukan interior rumah yang tepat, Sejasa siap membantu. Anda bisa pesan jasa design interior atau jasa kontraktor bangunan untuk mewujudkannya.

memadukan pola

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.