tips merawat ac

Tips Merawat AC Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat AC ruangan terutama rumah merupakan hal yang penting dilakukan supaya AC dapat beroperasi secara efisien dan maksimal. Apalagi jika Anda menggunakan AC secara rutin setiap harinya.

Terlepas dari apapun model serta ukuran unit AC yang dimiliki, tentu Anda mengharapkannya bisa awet dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun yang akan datang. Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai upaya dalam merawat dan menjaga AC.

Berikut adalah tips merawat AC agar awet dan tahan lama yang sudah dirangkum tim Sejasa khusus untuk Anda.

Tips Merawat AC

shutterstock

Sebagai salah satu alat elektronik yang vital di rumah, keberadaan ACĀ  yang beroperasi dengan baik membuat penghuninya nyaman dan merasa tidak gerah selama beraktivitas di dalam ruangan. Untuk itu, Anda tentu ingin AC tersebut bekerja secara efisien dan bertahan hingga bertahun-tahun kedepan. Hal yang perlu dilakukan adalah merawat AC secara menyeluruh dan memastikannya berada dalam keadaan yang sehat.

Istirahatkan AC sejenak

tips merawat ac

shutterstock

Ketika AC beroperasi secara terus-menerus, mesinnya akan bekerja tanpa henti sehingga menurunkan umurnya. Mengistirahatkan AC adalah hal yang penting jika Anda berencana untuk meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

Beberapa AC memiliki fitur menarik seperti Auto Power Off/On. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk memungkinkan AC Anda beristirahat. Selain itu, di daerah denganlonjakan daya yang tidak stabil, cara terbaik adalah menggunakan pelindung lonjakan arus untuk unit.

Stabilizer tegangan juga berfungsi dengan baik dalam melindungi AC dari lonjakan daya atau tegangan rendah.

Bersihkan Filter AC dan Servis AC

tips merawat ac

shutterstock

Bersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Dengan begitu, akan membantu mencegah AC tersumbat dan memperpanjang umur AC. Selain itu, membersihkan filter juga akan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan, dan menghemat biaya listrik.

Anda juga perlu menjadwalkan service AC secara rutin agar bisa dicek secara menyeluruh dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman sesuai dengan permasalahannya.

Bersihkan unit luar AC secara rutin

reason.pk

Membersihkan AC secara rutin adalah hal penting yang harus dilakukan jika ingin AC awet dan tahan lama. Unit luar AC akan kotor karena berada diluar ruangan. Dengan membersihkan debu, kotoran, dedaunan, atau kotoran lainnya dapat membuat AC bekerja secara optimal.

Saat unit luar AC Anda bersih, kemungkinan kerusakan mekanis yang ditimbulkan akan jauh lebih kecil. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kipas unit AC outdoor, apakah masih berada dalam kondisi yang bagus dan gantilah jika terdapat retakan.

Periksa Kebocoran

Memeriksa AC dari kebocoran adalah hal yang penting dilakukan setidaknya setahun sekali. Jika terdapat kebocoran pada selang, unit AC dapat menimbulkan masalah yang berakibat pada kerusakan.

Pastikan unit AC terpasang dengan benar

Umumnya, baik unit dalam dan luar AC harus dipadang persis seperti yang dinyatakan dalam buku panduan. Oleh karena itu, pastikan unit AC terpasang dengan benar sesuai tempatnya sehingga berfungsi secara optimal.

Bersihkan saluran pembuangan secara rutin

Terkadang, saluran pembuangan AC bisa tersumbat. Ini terjadi karena air tidak dapat mengalir keluar dari unit dan bisa menimbulkan bau jamur.

Oleh karena itu, sebaiknya saluran pembuangan dibersihkan secara rutin dengan menggunakan sikat yang tipis dan kaku. Pastikan pipa pembuangan terbebas dari benda apapun yang dapat menyumbatnya.

Rawat dan bersihkanlah unit AC di rumah Anda dengan baik, serta lakukan pengecekan secara berkala sesuai penjelasan pada artikel ini. Jika terdapat masalah dan butuh service AC, Sejasa siap untuk menanganinya. Anda akan mendapatkan cashback senilai Rp20.000 dengan melakukan pemesanan jasa service AC lho.

Tunggu apa lagi? Yuk pesan jasa service AC sekarang melalui website Sejasa.com atau mobile app Sejasa.

tips merawat ac

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.