Praktis dan Mudah! Ini Cara Cuci AC Sendiri di Rumah

Melakukan pembersihan pada unit AC bertujuan untuk membuat AC bersih, meningkatkan kualitas udara, serta memperpanjang usia unit AC. AC yang rutin dibersihkan mampu meminimalisir penumpukan kotoran, debu, bahkan jamur pada filternya. Dalam melakukan cuci AC, tidak selalu membutuhkan jasa yang profesional. Anda bisa melakukannya sendiri, dengan mengikuti panduan cara cuci ac sendiri yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara cuci ac sendiri, Anda perlu mengetahui bahwa secara umum, terdapat 2 proses pembersihan AC. Pertama, adalah pembersihan bagian kecil yang meliputi bagian filter dan cover (penutup) AC. Sedangkan proses kedua adalah pembersihan bagian besar. Ini meliputi bagian indoor dan outdoor AC.

Untuk pembersihan kecil, dapat dilakukan dua minggu sekali atau menyesuaikan dengan frekuensi penggunaan AC. Sedangkan untuk proses pembersihan besar dapat dilakukan tiga bulan sekali.

Cara Cuci AC Sendiri di Rumah

Sebelum memulai proses cuci AC, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan, diantaranya:

  • Kemoceng
  • Sikat gigi kecil
  • Kuas kecil
  • Obeng
  • Cairan pembersih
  • Vacuum cleaner atau penyedot debu
  • Air bersih secukupnya
  • Lap

Untuk peralatan yang perlu dipakai, sebaiknya Anda menggunakan masker penutup mulut dan sarung tangan karet. Setelah semua peralatan tersedia, kini saatnya Anda mulai melakukan cuci AC sendiri di rumah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cabut semua kabel ke sumber listrik

Mencabut semua aliran listrik sangat penting dilakukan, mengingat air yang ada di bagian AC merupakan penghantar listrik yang bisa membahayakan. Bila diperlukan, Anda juga bisa menutup bagian saklar dengan lakban demi mencegah cipratan air yang masuk ke lubang saklar.

Buka penutup AC dan bersihkan mulai dari bagian cover

cuci ac sendiri

Buka penutup AC menggunakan obeng secara perlahan. Setelah penutupnya terbuka, Anda akan melihat filter AC. Kemudian bersihkan permukaan cover dengan menggunakan kemoceng, lap kering, dan vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang menempel. Lalu, gunakan lap lainnya yang sedikit besar untuk membersihkan sisa debu yang mungkin masih menempel. Setelah itu, lap lagi menggunakan  lap kering.

Lepaskan bagian filter dan bersihkan

Tahap selanjutnya adalah melepaskan bagian filter AC. Kemudian, bersihkan debu yang ada pada filter menggunakan mesin penghisap dan kuas kecil yang basah. Setelah itu, cuci filter AC dengan air mengalir, gosok, dan bilas hingga bersih. Anda juga bisa merendamnya. Selanjutnya, Anda bisa mengeringkan filter dengan mengangin-anginkan sejenak di tempat yang bersih. Setelah kering, lap kembali permukaan filter.

Bersihkan bilah evaporator

Selanjutnya, membersihkan bilah evaporator. Namun sebelum itu sebaiknya Anda menutupi area lantai dan dinding di dekat AC. Hal ini penting karena nantinya air kotor akan menetes dan bisa mengotori lantai serta dinding di sekitar AC. Bila perlu, taruh ember untuk menampung kucuran air.

Kini saatnya membersihkan bilah evaporator menggunakan cairan pembersih AC. Anda dapat menyemprotkan cairan tersebut ke arah bilah AC agar kumparan evaporator menjadi bersih. Pastikan untuk berhati-hati melakukannya dan tepat sasaran, agar tidak merusak komponen lainnya.

Pasang kembali filter

cuci ac sendiri

Setelah filter kering dan bersih,  pasang filter AC ke tempat semula.

Bersihkan unit outdoor

Beralih ke pembersihan bagian outdoor, Anda bisa memulainya dengan membersihkan debu yang ada di kisi-kisi menggunakan kuas kecil. Untuk bagian yang cukup sempit, gunakanlah sikat gigi kecil. 

Selanjutnya membersihkan bagian outdoor dari dalam yang membutuhkan air. Siramkanlah air ke bagian kisi-kisi AC ke arah depan dan kiri. Hindari bagian kanan, karena terdapat mesin kompresor berbentuk kotak yang dilindungi seng.

Dalam menyiram outdoor, usahakanlah untuk menyiram dengan ayunan tangan yang kuat agar air bisa meresap ke bagian yang sulit dijangkau. Siram terus bagian outdoor hingga air siraman tidak kotor lagi. 

Ketika dirasa sudah benar-benar bersih, pasang kembali kisi plastik yang melindungi kipas. Keringkan bagian outdoor dengan lap kering.

Itulah tahapan yang dapat Anda lakukan untuk cuci ac sendiri di rumah. Sangat mudah dan praktis. Pastikan untuk berhati-hati dan teliti dalam membersihkannya, agar unit AC jadi lebih bersih dan kualitas udara pun jadi terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Apabila merasa sulit untuk mencuci AC sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Panggil teknisi profesional Sejasa untuk membantu proses cuci AC di rumah Anda sekarang. Unduh aplikasi Sejasa atau kunjungi website sejasa.com, dan rasakan mudahnya mendapatkan penyedia jasa berkualitas. Tunggu apa lagi, yuk cuci AC bersama Sejasa sekarang.

cuci ac sendiri
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.