Fakta dan Cara Menemukan Jasa Cuci AC Berkualitas

jasa cuci ac

Jasa cuci AC merupakan kategori jasa yang seringkali dicari oleh pemilik rumah yang menggunakan AC. Bagaimana tidak? Cuci AC merupakan cara penting untuk merawat dan memperpanjang usia unit AC, sehingga menghasilkan kualitas udara yang baik dan optimal.

Proses Cuci AC

AC yang dihidupkan setiap hari atau bahkan setiap waktu tentu akan menghasilkan tumpukan kotoran dan debu. Sekilas saat dilihat dari luar, mungkin debu dan kotoran tersebut tidak terlihat. Namun, saat casing unit AC dibuka terutama pada bagian filter udara, kotoran debu itu akan terlihat nyata. Dengan keadaan tersebut, melakukan servis cuci AC adalah solusinya. Tidak perlu repot melakukannya sendiri, Anda dapat memesan jasa cuci AC sehingga semuanya akan dikerjakan oleh teknisi profesional.

Proses cuci AC umumnya dilakukan dengan melepaskan bagian-bagian AC satu per satu, melepaskan filter AC pada indoor. Setelah itu, akan dicuci dengan air, hingga bersih dari kotoran dan debu yang menempel. Untuk bagian AC yang tidak waterproof dan melindungi alat listrik, akan ditutupi menggunakan plastik cover AC, sehingga tetap aman. Untuk outdoor AC akan disemprotkan dengan air ke segala sisi hingga debu kotoran hilang permukaan outdoor menjadi bening dan bersih.

Alasan Pentingnya Cuci AC

jasa cuci ac

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Pepatah tersebut sangat sesuai untuk menggambarkan pentingnya mencuci AC. Saat AC rumah Anda sudah tidak berfungsi dengan baik, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah tumpukan debu yang ada di dalam unitnya. Ini alasan pentingnya mencuci AC:

  • Memastikan udara tetap bersih
    Menghirup udara yang bersih sangat baik untuk kesehatan. Untuk itu, jangan sampai Anda menghirup udara yang kotor hanya karena tidak mencuci AC dengan rutin.
    Jika AC tidak diperlakukan dan dirawat dengan baik, maka kotoran debu yang menempel pada pipa evaporator AC tidak berfungsi dengan optimal dalam menyaring debu. Dampaknya, Anda akan menghirup udara yang tidak bersih.
  • Menjaga AC dari kebocoran
    Saat kotoran dan debu menumpuk di pipa evaporator, bisa berdampak pada tersumbatnya saluran pembuangan AC. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya kebocoran pada AC dan jika tidak diatasi bisa menyebabkan kerusakan pada unit AC. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan AC dengan memesan jasa cuci AC.
  • AC tetap dingin
    Rutin membersihkan AC akan membuat filter atau penyaring udara berfungsi dengan baik dan optimal. Dengan begitu, kualitas udara yang dihasilkan pun baik dan ruangan akan selalu dingin.
  • Menghemat Listrik
    AC yang bersih dan tidak ada tumpukan debu akan membuat kinerja mesin di dalam unit AC bekerja dengan normal. Sedangkan jika AC dibiarkan dalam keadaan kotor, mesin akan bekerja lebih berat dan berdampak pada tagihan listrik.
  • Memperpanjang Umur AC
    Melakukan perawatan AC secara teratur seperti mencuci AC akan membuatnya lebih awet dan tahan lama. Ketika ada kendala atau permasalahan pada AC, tanganilah lebih awal. Dengan begitu, Anda telah mengurangi kemungkinan kerusakan AC dikemudian hari.

Waktu yang Tepat untuk Memesan Jasa Cuci AC

Umumnya, waktu yang tepat untuk memesan jasa cuci AC yaitu 3 bulan sekali. Pada beberapa kasus, seperti outdoor AC yang berdekatan satu sama lain, atau frekuensi AC menyala nyaris 24 jam karena kebutuhan tertentu, membutuhkan layanan cuci AC 1 hingga 2 bulan sekali.

Harga Jasa Cuci AC Rumah

Demi menjaga dan memperpanjang usia AC, Anda perlu memesan jasa cuci AC rumah yang berkualitas dan bergaransi. Sejasa menyediakan layanan cuci AC rumah untuk memudahkan Anda. Dengan pemesanan yang praktis, mudah, dan cepat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menemukan penyedia jasa proefesional dan telah terverifikasi.
Berikut adalah harga jasa cuci AC rumah yang tersedia di Sejasa.

Detail Service Harga
Service Cuci AC 0.5-1 PK Rp60.000
Service Cuci AC 1.5-2 PK Rp70.000

Selain cuci AC, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan service AC lainnya seperti tambah freon, isi freon, bongkar, bongkar pasang AC, pergantian kapasitor, dan lainnya. Cek di sini untuk informasi dan harga service selengkapnya.

Pesan Jasa Cuci AC di Sejasa

Pemesanan jasa cuci AC di Sejasa bisa dilakukan melalui aplikasi Sejasa maupun website sejasa.com. Anda dapat memilih layanan “Service AC“, kemudian isi form pemesanan sesuai dengan jasa cuci AC yang Anda butuhkan dan isi data diri secara detail agar nantinya penyedia jasa dapat segera menghubungi Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan dihubungkan dengan penyedia jasa yang akan memenuhi permintaan jasa Anda.

Sangat mudah dan praktis! Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Sejasa di Google Play atau App Store sekarang, dan pesan jasanya.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.