Ini 4 Manfaat Cuci AC Secara Rutin Serta Biayanya

manfaat cuci ac

Ruangan dengan udara yang sejuk akan memberikan kenyamanan bagi orang yang ada di dalamnya. Untuk menjadikan ruangan sejuk setiap saat, Anda perlu membersihkan unit AC secara rutin. Pembersihan AC dapat dilakukan dengan cuci AC indoor maupun outdoor. Selain kesejukan udara, ada banyak manfaat cuci AC lainnya yang akan didapatkan.

Manfaat Cuci AC

Meningkatkan Efisiensi Kinerja AC

Melakukan cuci AC indoor dan outdoor mampu membuat AC bekerja lebih efisien dengan mengurangi tekanan yang biasanya menyebabkan tumpukan debu dan kotoran pada AC. Disaat filter udara tersumbat dan menjadi kotor, aliran udara akan terhambat, sehingga unit AC akan bekerja lebih keras dari pada seharusnya. Selain itu, apabila debu dan kotoran menutupi koil evaporator, kemampuannya menyerap panas akan terganggu, yang selanjutka bisa mengurangi efisiensi dan kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan.

Meningkatkan Kualitas Udara

Unit AC tidak hanya mendinginkan ruangan di rumah, tapi juga membantu menjaga sirkulasi udara di dalam rumah agar bersih dan sehat. Unit Ac yang kotor akan menjadi tempat yang cocok bagi jamur, bakteri, dan kuman untuk berkembang biak. Hal tersebut mengakibatkan setiap partikel yang tertiup ke dalam ruangan akan tercemar dan berdampak buruk pada sistem pernapasan Anda.

Dapat Menekan Tagihan Listrik

Dalam kehidupan rumah tangga, sistem pendingin seperti AC menjadi bagian yang cukup besar dari segi konsumsi listrik. Unit AC yang penuh kotoran akan mengonsumsi lebih banyak daya, sehingga AC dipaksa bekerja lebih keras untuk menaikkan biaya pengoperasiannya.

Dengan rutin cuci AC, dapat mengurangi kebutuhan unit untuk bekerja lebih keras, sehingga bisa menghemat tagihan listrik.

Menghindari Kemungkinan Perbaikan atau Penggantian AC yang Mahal

Apabila Anda membiarkan AC beroperasi dalam keadaan kotor, bisa menyebabkan masalah yang lebih besar. Selain banyaknya debu dan kotoran, unit AC juga cenderung lebih panas karena kumparan evaporator tidak dapat membuang panas secara efektif. Selain itu, unit AC juga berpotensi mengalami penumpukan es. Permasalahan ini dapat dihindari dengan membersihkan indoor dan outdoor AC secara rutin dengan bantuan penyedia jasa profesional.

Tidak hanya itu, cuci AC juga dapat mendeteksi kemungkinan kerusakan yang terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencegah kerusakan dengan rutin mencuci AC, dibanding mengganti kerusakan seluruh unit. Hal ini akan jauh lebih terjangkau jika menghitung biaya perbaikan dan penggantian yang lebih besar di masa mendatang.

Biaya Cuci AC di Sejasa

Sejasa menyediakan layanan cuci AC untuk memudahkan Anda. Dengan pemesanan yang praktis, mudah, dan cepat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menemukan penyedia jasa proefesional dan telah terverifikasi. Berikut adalah harga jasa cuci AC yang tersedia di Sejasa.

Detail Layanan Harga
Cuci AC 0.5-1 PK Rp75.000
Cuci AC 1.5-2 PK Rp75.000
Cuci AC Inverter 0.5-2 PK Rp130.000

Pemesanan jasa cuci AC di Sejasa bisa Anda lakukan melalui aplikasi Sejasa maupun website sejasa.com.  Pilih layanan “Service AC“, kemudian isi form pemesanan sesuai dengan jasa cuci AC yang Anda butuhkan dan isi data diri secara detail agar nantinya penyedia jasa dapat segera menghubungi Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan dihubungkan dengan penyedia jasa yang akan memenuhi permintaan jasa Anda. Penuhi kebutuhan cuci AC untuk rumah, apartemen, kos, hingga kantor bersama Sejasa.

manfaat cuci ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.