Tips Mencuci Pakaian Menggunakan Mesin Cuci Selama Musim Hujan

mencuci pakaian

Saat musim hujan datang, penggunaan mesin cuci akan lebih meningkat. Anda dan anggota keluarga lainnya akan menggunakan pakaian yang lebih tebal, hingga pemakaian selimut di sofa dan tempat tidur. Hal tersebut membuat Anda akan sedikit repot dalam mencuci hingga mengeringkannya. Tim Sejasa telah merangkum tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci agar mesin cuci jadi lebih awet.

Tips Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci Selama Musim Hujan

Hindari mencuci pakaian dalam jumlah banyak

Ketika Anda merasa ingin menyelesaikan cucian sekaligus, pastikan untuk menahan keinginan tersebut. Mesin cuci memiliki kapasitas masing-masing, sehingga Anda harus menyesuaikan jumlah pakaian yang hendak dicuci. Selain itu, apabila memaksakan mencucinya sekaligus secara keseluruhan, Anda akan kesulitan dalam menjemurnya. Anda dapat memisahkan pakaian berdasarkan warna dan bahannya, agar proses pencucian jadi optimal.

Gunakan deterjen cair

Deterjen cair jauh lebih baik dibanding deterjen bubuk apabila digunakan untuk pencucian di mesin cuci. Deterjen bubuk akan berkemungkinan meninggalkan sisa-sisa bubuk yang menempel di mesin cuci, sehingga membuat mesin cuci kotor dan menjadi kerak.
Pastikan untuk menggunakan deterjen secukupnya sesuai jumlah pakaian yang dicuci.

Segera keluarkan pakaian dari mesin cuci setelah timer berhenti

Tahukah Anda, apabila Anda membiarkan pakaian di dalam mesin selama beberapa menit setelah pencucian, baunya akan mulai tercium? Oleh karena itu, segera keluarkan pakaian dan jemur.

Biarkan pintu mesin cuci terbuka setelah mencuci

Untuk menghindari kelembapan pada mesin cuci, Anda perlu membiarkan pintu mesin cuci terbuka setelah proses pencucian. Selain itu, bersihkan dan cek juga bagian samping dan filter mesin pengeringnya.

Hindari menjemur pakaian dengan pakaian kering

Pastikan untuk menjemur pakaian yang setelah dicuci bersamaan. Apabila Anda mencampurkannya dengan pakaian lain yang sudah setengah kering, bisa menyebarkan bau yang tidak sedap. Hal ini bisa berpengaruh pada lemari pakaian nantinya.

Keringkan pakaian di dalam ruangan

Meskipun musim hujan, terkadang matahari akan muncul di pagi hari. Namun siang harinya akan turun hujan, begitu seterusnya. Alih-alih menggantung atau menjemurnya di luar ruangan, carilah area di rumah yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat mengeringkan pakaian.

Lakukan perawatan rutin 3 atau 6 bulan sekali

Setiap peralatan elektronik harus dirawat dan diservice rutin agar bekerja secara optimal. Anda dapat memanggil teknisi service mesin cuci untuk melakukan pengecekan menyeluruh agar dapat mengetahui keadaan mesin cuci. Dengan begitu, bisa mencegah potensi kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Apabila Anda menggunakan mesin cuci setiap hari dengan beban yang maksimal, sebaiknya lakukan service 3 bulan sekali.

Anda bisa menemukan jasa service mesin cuci terbaik dan terpercaya melalui aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Cukup isi form permintaan jasa dengan lengkap, kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa terdekat di lokasi Anda. Bersama Sejasa, nikmati kemudahan menemukan penyedia jasa berkualitas.

mencuci pakaian
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.