10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Mesin Cuci Rusak

mesin cuci rusak

Mesin cuci masih seumur jagung, tapi sudah memperlihatkan tanda-tanda kerusakan? Mungkin cara penggunaannya salah atau Anda cenderung melakukan kebiasaan yang berdampak buruk pada mesin cuci. Idealnya, mesin cuci beserta pengeringnya memiliki masa pakai 10 tahun. Kurangnya pemeliharaan serta kebiasaan buruk dalam penggunaan akan mengakibatkan mesin cuci rusak.

Sebagai alat elektronik rumah tangga, keberadaan mesin cuci sangat penting. Penggunaan setiap hari perlu disertai dengan pengetahuan mengenai cara pakai yang benar pula. Pastikan Anda menghindari 10 kebiasaan ini agar mesin cuci lebih tahan lama.

Kebiasaan Buruk yang Memicu Mesin Cuci Rusak

Tidak Mengosongkan Kantong Pada Pakaian yang Dicuci

Benda logam seperti koin, kunci dapat merusak tabung bagian dalam dan luar mesin cuci. Tidak hanya benda keras, tapi benda lunak seperti tisu, kertas, uang tunai mampu menyumbat saluran pembuangan mesin cuci.

Memasukkan Pakaian Dalam ke Dalam Mesin Cuci

Kawat dan pengait yang pada pakaian dalam dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam mesin cuci dan pengering. Kemungkinan tersangkut pada barang lain juga dapat menyebabkan sobekan. Sebaiknya, selalu cuci pakaian dalam menggunakan tangan untuk menghindari kerusakan.

Pemakaian Detergen yang Terlalu Banyak

Menggunakan terlalu banyak detergen bisa membuat lebih banyak busa, sehingga menyebabkan mesin cuci meluap. Pastikan Anda telah mengikuti panduan yang direkomendasikan dan hanya menggunakan deterjen yang aman sesuai efisiensi mesin cuci.

Memasukkan Terlalu Banyak Pakaian

Setiap mesin cuci memiliki kapasitas maksimal dalam satu kali siklus pencucian. Oleh karena itu, jangan membebani kerja mesin cuci dengan jumlah pakaian yang berlebihan. Apabila dipaksakan, pakaian tidak akan bersih secara menyeluruh karena detergen tidak bisa bersirkulasi saat mesin berisi pakaian yang banyak. Hal ini akan berakibat meninggalkan banyak sisa deterjen. Mesin cuci akan aus sehingga bekerja lebih keras dibanding normalnya.

Meninggalkan Pakaian Basah di Mesin Cuci

Pakaian basah yang dibiarkan di mesin cuci akan menyebabkan bau dan menimbulkan jamur. Selain itu, masalah jamur ini berdampak buruk pada kualitas cucian dan kualitas mesin cuci. Oleh karena itu, setelah siklus pencucian selesai, biarkan pintu mesin cuci terbuka agar udara di dalamnya kering.

Beban Mesin Pengering Terlalu Berat

Selain mesin cuci, mesin pengering yang berisi pakaian melebihi batasnya tidak dapat bekerja maksimal. Disaat terlalu banyak pakaian, lebih sedikit udara panas yang bersirkulasi, sehingga mesin pengering akan bekerja lebih keras. Hal ini akan berakibat mesin aus.

Mencampurkan Berbagai Jenis Pakaian

Mesin pengering akan bekerja lebih efisien disaat mengeringkan pakaian dengan berat yang sama. Contohnya mengeringkan baju kaos dengan sesama pakaian yang berbahan kaos. Apabila baju kaos dikeringkan bersamaan dengan handuk, maka bisa merusak keseimbangan mesin.

Mengeringkan Barang yang Seharusnya Tidak Dijemur

Ada berbagai barang yang seharusnya tidak dikeringkan dengan mesin pengering, karena hal tersebut bisa memperburuk keadaan mesin. Salah satu contohnya adalah karpet. Jika Anda sudah mencuci dan menggosok karpet dengan bersih, jangan mengeringkannya di mesin pengering.

Menjalankan Mesin Cuci dan Pengering Terlalu Sering

Usia mesin cuci dapat ditentukan oleh seberapa keras dan sering Anda menjalankannya. Pastikan Anda menjalankan mesin cuci sesuai bebannya.

Tidak Mengikuti Petunjuk

Dalam menggunakan mesin cuci, pastikan untuk membaca buku panduan penggunaannya. Meskipun terlihat sepele, namun ini penting agar Anda sebagai pengguna dapat mengoperasikan mesin cuci sesuai yang disarankan oleh pabriknya. Dengan begitu, mesin cuci juga jadi lebih terawat dan memiliki siklus pembersihan tersendiri.

Jasa Service Mesin Cuci Sejasa

Apabila mesin cuci di rumah Anda tidak berfungsi dengan baik, maka segera panggil teknisi profesional untuk memperbaikinya. Anda dapat memesan jasa service cuci melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

Mitra service mesin cuci Sejasa akan melakukan pengecekan dan perbaikan pada mesin cuci Anda secara maksimal. Tersedia garansi hingga 30 hari. Harga terstandarisasi, konfirmasi pemesanan cepat dan praktis. Temukan juga layanan service mesin cuci Sejasa pada aplikasi Grab.

mesin cuci rusak
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.