Ini 4 Tanda-Tanda Harus Segera Service Mesin Cuci

service mesin cuci

Mesin cuci memiliki peran yang sangat penting di rumah. Alat elektronik yang satu ini sangat membantu meringankan salah satu pekerjaan rumah yaitu mencuci pakaian. Dengan menggunakan mesin cuci akan lebih menghemat waktu dan tenaga yang Anda miliki. Sebagai peralatan elektronik yang hampir setiap hari digunakan, maka mesin cuci harus selalu dipastikan berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan service mesin cuci ketika mengalami permasalahan.

Mesin cuci harus rutin mendapatkan perawatan agar tidak sering mengalami masalah. Saat mesin cuci bermasalah, pakaian kotor akan menumpuk. Hal ini tentu akan menambah pekerjaan Anda karena harus mencuci secara manual.

Sewaktu-waktu, mungkin Anda akan merasakan adanya perubahan pada unit mesin cuci saat dinyalakan untuk mencuci. Hal itu tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena bisa berujung  kerusakan. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui tanda kerusakan pada mesin cuci.

Beberapa Peringatan Bahwa Anda Perlu Service Mesin Cuci

Biasanya sebelum mesin cuci Anda tidak bisa digunakan sama sekali atau mati total, mesin akan menunjukkan beberapa peringatan. Beberapa peringatan tersebut adalah sebagai berikut.

Mesin Cuci Tiba-tiba Berhenti Berputar

service mesin cuci

Pada saat mesin cuci Anda sedang proses mencuci dan tiba-tiba mesin berhenti berputar, kemungkinan ada benda keras yang ikut masuk ke dalam proses pencucian. Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah segera memeriksanya.

Namun, sebelum memeriksanya Anda harus memastikan bahwa mesin sudah dalam keadaan mati. Jika pada saat memeriksa tidak ditemukan benda keras atau benda lain yang tersangkut, segeralah menghubungi jasa service mesin cuci, agar masalah kerusakan pada mesin cuci Anda segera teratasi.

Mesin Cuci Mengeluarkan Suara Keras

Saat proses pencucian biasanya mesin cuci memang akan mengeluarkan suara. Namun, jika suara yang ditimbulkan dirasa sudah sangat keras dan mengganggu, sebaiknya Anda segera memanggil teknisi untuk melakukan perbaikan.

Penyebab timbulnya suara keras tersebut mungkin berasal dari bantalan tabung yang merupakan komponen yang letaknya berada di bawah tabung mesin cuci. Bantalan tabung bisa aus dan harus segera diganti apabila pada saat pencucian mengeluarkan suara mendecit.

Selain itu, suara keras juga dapat berasal dari sabuk atau katrol penggerak motor mesin cuci yang sudah aus. Masalah ini akan cukup rumit jika diatasi sendiri. Oleh karena itu, Anda harus memanggil jasa service mesin cuci agar masalah segera teratasi sebelum mesin cuci mati total atau tidak bisa digunakan sama sekali.

Mesin Cuci Mengalami Kebocoran

Jika mesin cuci Anda mengalami kebocoran, maka mungkin masalahnya bersumber dari rusaknya pipa pembuangan. Hal ini bisa terjadi meskipun mesin cuci yang Anda miliki masih baru. Untuk mengatasi masalah ini mungkin Anda perlu melakukan penggantian pipa. Namun, sebaiknya Anda segera menghubungi teknisi atau jasa service mesin cuci untuk menghindari kerusakan yang bertambah parah.

Mesin Cuci Bergetar Selama Proses Pencucian

Pada saat-saat tertentu dalam proses pencucian berlangsung memang terkadang mesin cuci akan sedikit bergetar. Namun, apabila seluruh mesin memantul dan bergetar maka ini menunjukkan indikasi bahwa terdapat sesuatu yang salah.

Hal ini bisa terjadi karena mungkin saat proses pemindahan terdapat salah satu peredam kejut yang terlepas atau mungkin karena posisi mesin cuci tidak datar. Akan tetapi, juga bisa disebabkan karena masalah suspensi pada mesin. Untuk mengatasinya Anda perlu menghubungi teknisi atau jasa service mesin cuci agar masalah segera teratasi dengan aman.

Jadi itulah beberapa tanda-tanda Anda harus segera service mesin cuci. Jika sudah terdapat ciri-ciri sesuai penjelasan di atas, maka Anda harus segera memanggil jasa service mesin cuci agar masalah segera terselesaikan dan mesin cuci bisa digunakan kembali.

Bagi Anda yang tidak ada waktu untuk mencari teknisi untuk mengatasi permasalahan mesin cuci di rumah, Anda bisa segera mengunjungi website sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Kami akan membantu Anda untuk terhubung dengan teknisi profesional. Mulai dari service minor, hingga service major bisa diatasi. 

Konfirmasi pemesanan instan, harga terstandarisasi dan terdapat garansi berupa pengerjaan jasa hingga 30 hari. Mudah dan sangat praktis ! Yuk, buat permintaan jasa sekarang. Atasi permasalahan mesin cuci sekarang, jangan ditunda-tunda.

service mesin cuci
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.