Harga Service Mesin Cuci Terbaru Bulan Ini

harga service mesin cuci

Mesin cuci menjadi salah satu alat elektronik penting di rumah. Keberadaan mesin cuci akan sangat memudahkan dalam menggosok dan memeras pakaian sendiri. Tak hanya itu, waktu pun jadi lebih efektif dengan penggunaan mesin cuci. Jika mesin cuci Anda mengalami kerusakan kecil maupun kerusakan berat, pastikan untuk tahu kisaran harga service mesin cuci. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan dana di awal serta membandingkan harga satu dengan harga jasa lainnya.

Berikut adalah harga service mesin cuci yang tersedia di Sejasa.

Daftar Harga Mesin Cuci

Jasa Harga (Rp)
Biaya kunjungan dan pengecekan* 75.000
Service minor (kotor, kerusakan pada setting pintu, dan lainnya) 150.000
Service major (ganti spare part, kabel putus) 200.000
Service special (pembongkaran besar, modifikasi) 250.000
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya
dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service
 
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya untuk jasa service terkait  

Teknisi service mesin cuci Sejasa telah terverifikasi dan profesional. Garansi hingga 30 hari!.

harga service mesin cuci

Layanan Service Mesin Cuci di Sejasa

Berdasarkan daftar biaya service mesin cuci di atas, berikut adalah detail rincian layanan service mesin cuci yang disediakan oleh penyedia jasa Sejasa.com:

Pengecekan

Seperti barang elektronik lainnya yang mengalami kerusakan, mesin cuci yang rusak juga perlu dilakukan pengecekan. Pengecekan mesin cuci juga dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tergantung jenis kerusakannya. Pada mesin cuci yang mati total, teknisi akan memeriksa kabel listrik, sekering, timer, serta kabel yang terhubung ke timer dan dinamo. Bila mesin cuci menyetrum, bagian yang diperiksa ialah adanya kebocoran pada gear box pencuci.

Sementara ketika putaran mesin cuci melemah, bagian vanbeltnya  harus dilihat. Biasanya masalah ini disebabkan karena vanbelt melonggar. Mesin cuci yang tidak mau berputar harus dilihat pada bagian kapasitor dan lilitan dinamonya.

Untuk mesin cuci yang hanya mau berputar satu arah dan tidak mati secara otomatis, dilakukan pengecekan pada bagian timer dan kabelnya. Sementara ketika mesin cuci mengalami kebocoran, bagian yang dicek ialah karet penutup pada bagian pembuangannya. Perlu diperhatikan, biaya pengecekan di atas hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

Service Minor (kotor, kerusakan pada setting pintu, dan lainnya)

Service minor pada mesin cuci merupakan servis yang dilakukan pada kerusakan-kerusakan kecil. Cara perbaikan service minor tidaklah terlalu rumit. Contoh perbaikan yang dikategorikan sebagai service minor ialah mesin cuci kotor. Sama seperti AC, mesin cuci juga dapat menjadi sarang tumpukan debu. Bila dibiarkan, tentu mesin cuci yang kotor dapat menimbulkan bau. Oleh karena itu, mesin cuci juga perlu dibersihkan.

Selain kotor, contoh service minor lainnya ialah kerusakan pada setting pintu. Masalah ini muncul ketika pintu mesin cuci tidak bisa dibuka atau terkunci secara otomatis. Ada dua hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada pintu mesin cuci. Yang pertama ialah karena kegagalan modul elektronik. Kemungkinan kedua ialah karena kegagalan akibat kerusakan kunci.

Service Major (ganti spare part, kabel putus)

Service major pada mesin cuci meliputi segala jenis perbaikan yang membutuhkan penanganan ekstra. Prosedur pengerjaan service ini lebih rumit dibandingkan dengan service minor. Salah satu contoh kerusakan yang tergolong service major adalah pergantian spare part.

Beberapa contoh spare part pada mesin cuci ialah kapasitor, motor washmotor spin, serta water level sensor. Kapasitor berfungsi sebagai sumber tenaga mesin cuci ketika melakukan pencucian dan pengeringan. Motor wash berfungsi sebagai pemutar tabung saat proses pencucian.

Motor spin merupakan alat untuk menggerakkan tabung pada proses pengeringan. Water level sensor berfungsi mengatur sedikit banyaknya air yang masuk ke mesin cuci.

Apabila mengalami kerusakan, spare part harus diganti sehingga mesin cuci berfungsi seperti semula. Contoh service major lainnya ialah kabel putus. Biasanya, putusnya kabel mesin cuci disebabkan oleh gigitan tikus. Penanganan kabel yang putus dilakukan dengan cara menyambungkan kembali kabel sesuai warnanya.

Service Special (pembongkaran besar, modifikasi)

Service special merupakan menanganan mesin cuci untuk kondisi-kondisi khusus. Salah satu contohnya ialah pembongkaran mesin cuci. Ketika mengalami korslet, bagian motor mesin cuci akan terbakar. Oleh sebab itu, mesin cuci harus dibongkar untuk mengetahui kondisi motor tersebut.

Contoh lainnya ialah modifikasi mesin cuci. Modifikasi yang biasanya dilakukan ialah mengubah modul mesin cuci otomatis menjadi manual. Mesin cuci otomatis memiliki modul berupa panel digital. Namun, mengganti panel digital yang rusak akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, satu-satunya alternatif termurah ialah mengubah panel digital menjadi manual. Modifikasi ini juga akan mengubah rangkaian listrik pada mesin cuci.

Jika membutuhkan layanan di atas, segera kunjungi sejasa.com atau download aplikasi Sejasa. Konfirmasi pemesanan cepat dan layanan jasa terbaik oleh mitra Sejasa

harga service mesin cuci
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.