fakta seputar creambath

Fakta Seputar Creambath, Perawatan Rambut Asli Indonesia!

Salah satu treatment perawatan rambut yang saat ini populer ialah creambath. Selain membuat rambut lebih sehat dan terawat, ternyata creambath juga mampu memperbaiki rambut yang rusak.

Dengan kepopulerannya, saat ini treatment creambath cukup mudah ditemukan di berbagai salon. Tidak hanya salon, tapi Anda juga bisa memesan layanan creambath melalui website atau aplikasi Sejasa.

Menarik untuk diketahui, bahwa faktanya creambath diciptakan oleh pakar tata rambut yang berasal dari Indonesia. Yap, betul sekali. Ingin tahu fakta seputar creambath? Simak ulasannya berikut ini.

Fakta Seputar Creambath

shutterstock

Creambath merupakan treatment perawatan rambut yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim khusus yang kaya akan nutrisi ke rambut. Awalnya, rambut akan dicuci bersih dengan shampo. Kemudian krim diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara merata, sambil dipijat agar krim lebih cepat meresap.

Setelah itu, kepala ditutup denganĀ steamerĀ atau handuk panas dan didiamkan selama minimal 15 menit. Jika proses steaming selesai, rambut akan dicuci kembali hingga bersih dan dikeringkan menggunakan hair dryer. Umumnya, Anda tidak perlu melakukan keramas setelah 3 hari creambath rambut.

Creambath diciptakan oleh orang Indonesia dan hanya ada di Indonesia

Instagram/@rudyhadisuwarno.official

Creambath diciptakan oleh Rudy Hadisuwarno. Sosok yang satu ini merupakan seorang pakar tata rambut Indonesia. Beliau adalah pemilik jaringan bisnis salon rambut dan kecantikan. Tidak hanya itu, Rudy Suwarno merupakan pengajar sekaligus pengelola jaringan lembaga pendidikan tata rambut dan wajah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dilansir dari kompas.com, Rudy menyebutkan bagaimana ia menciptakan perawatan creambath. Pada tahun 1970-an, kebanyakan wanita Indonesia merawat rambut dengan minyak, seperti minyak urang-aring atau minyak kelapa. Ramuan minyak tersebut dioleskan ke rambut sambil dipijat-pijat. Namun, penggunaan minyak berdampak pada rambut yang lengket dan lepek.

Lalu Rudy berupaya membuat perawatan rambut yang mampu mengembalikan kesehatan rambut. Ia mencoba membuat krim yang bisa menyehatkan rambut, kalau dibilas dengan air bisa larut dan tidak meninggalkan sisa di kulit kepala.

Mengenai asal nama creambath itu sendiri, Rudy mengaku asal saja memberi nama. Terciptalah creambath sebagai salah satu perawatan rambut yang hingga saat ini digemari banyak orang.

Creambath memberikan efek relaksasi

Selain pemberian krim pada rambut, proses perawatan rambut creambath juga meliputi pijat ringan pada area kepala, kulit kepala, leher, bahu, lengan, serta tangan. Pijatan pada area-area tersebut diberikan untuk menambahkan sentuhan relaksasi.

Bagi Anda yang cenderung stres akibat rutinitas sehari-hari, sangat disarankan untuk rutin creambath. Dengan begitu, bisa lebih meringankan stres dan membuat otot-otot pada area kepala, leher, dan bahu menjadi lebih rileks.

Pijatan pada area kulit kepala tidak hanya bertujuan agar krim dapat menutrisi rambut dengan maksimal, melainkan juga bertujuan sebagai efek relaksasi. Pijatan saat creambath juga memberikan manfaat berupa melancarkan peredaran darah di area kepala, leher, dan bahu.

Creambath mampu menutrisi dan memperkuat rambut

Creambath merupakan perawatan rambut yang mencakup mengaplikasian krim rambut, steaming rambut, dan pijatan ringan di kulit kepala, leher, dan bahu.Ā 

Setiap krim memiliki kandungan berbeda, sehingga manfaat yang ditawarkan juga berbeda. Namun, jangan khawatir karena setiap krim creambath memberikan manfaat untuk menutrisi dan menjaga kesehatan rambut.

Krim Creambath umumnya terbuat dari bahan alami

Umumnya, krim untuk creambath terbuat dari campuran bahan-bahan alami, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika Anda ingin mencoba creambath sendiri di rumah ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai racikan. Diantaranya adalah lidah buaya, pisang, madu, atau alpukat.

Creambath mampu melembutkan tekstur rambut

Dengan pengaplikasian krim pada rambut, membuatnya lebih mudah diatur dan melindungi rambut dari efek buruk bahan kimia yang digunakan untuk penataan rambut. Jika rutin melakukan perawatan rambut creambath, maka helaian dan tekstur rambut Anda akan terasa lebih lembut dan mencegah dari kerusakan rambut.

Creambath bisa dilakukan 2 kali seminggu

Creambath bisa dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Untuk frekuensi terbaik dalam pengaplikasian creambath, Anda bisa melakukannya 1-2 kali dalam seminggu.

Itulah fakta seputar creambath yang sewajarnya Anda ketahui. Selain rutin melakukan perawatan rambut creambath, Anda juga tahu hal-hal yang berkaitan dengan creambath yang memberi beragam manfaat untuk rambut.

Dimasa pandemi saat ini, tentu akan jauh lebih praktis melakukan creambath di rumah. Sejasa menyediakan layanan hair care creambath dan haircut yang bisa dipanggil ke rumah, pesan di sini.Ā 

fakta seputar creambath

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.