potong rambut rutin

Potong Rambut Secara Rutin, Ini 7 Manfaat yang Harus Diketahui

Kapan terakhir kali Anda memotong rambut? Apakah Anda termasuk tipikal orang yang potong rambut secara rutin, ataukah tergantung mood dan keinginan sewaktu-waktu?

Dilansir dari laman healthline, ada dua faktor yang mempengaruhi keinginan seseorang dalam memotong rambut. Pertama, untuk menjaga rambut agar selalu sehat. Kedua, mempertahankan gaya atau model rambut tertentu. Dengan begitu, kepedulian terhadap rambut akan lebih besar.

Seberapa Sering Harus Potong Rambut?

potong rambut rutin

shutterstock

Mulai bercabangnya ujung rambut adalah sebuah pertanda agar Anda segera memotong rambut. Sebelum mulai bercabang, ujung rambut mungkin terasa kering dan rapuh. Hal itu membuat kita lebih sulit dalam menyisir rambut secara menyeluruh.

Umumnya, potong rambut secara rutin sebaiknya dilakukan setiap 6 hingga 8 minggu. Namun, beberapa penata rambut memiliki jawaban berbeda. Michael Fuzailov dari Poiz Beauty Salon, New York mengatakan rentang waktu rata-rata antara pemotongan rambut adalah setiap 3 hingga 4 bulan. Sedangkan Lisa Huff, penata rambut lainnya merekomendasikan pemotongan rambut antara seperempat hingga setengah inci rambut setiap 12 minggu.

Menurut American Academy of Dermatology, setiap helai rambut hanya tumbuh setengeah inci setiap bulannya. Dengan begitu, sering memotong rambut tidak akan membuat rambut tumbuh dengan cepat.

Bagaimana dengan orang yang memiliki poni?

Jika ingin merapikan poni, Anda perlu memotongnya secara teratur setiap 2 minggu sekali. Namun umumnya orang akan merasa terganggu dengan panjang poninya setiap 3 atau 4 minggu sekali untuk menghindari tampilan rambut di sekitar mata.

Manfaat Potong Rambut Secara Rutin

potong rambut rutin

1. Baik untuk pertumbuhan rambut

Saat memotong rambut, maka kita telah menghilangkan bagian rambut yang rusak, sehingga memberi manfaat. Dengan begitu, rambut akan tumbuh lebih sehat.

2. Membuat rambut lebih sehat

Memiliki rambut yang sehat adalah impian dan kebanggan bagi setiap orang. Meskipun rambut Anda panjang, jika terlihat kusut maka tidak ada gunanya. Rambut yang rusak jika dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa dilakukan pemotongan rambut akan mudah rontok dan bentuknya semakin kasar.

3. Mengatasi ujung rambut bercabang

Ujung rambut bercabang adalah permasalahan rambut yang dibenci setiap orang, terutama wanita. Saat ujung rambut Anda mulai bercabang, satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan memotongnya. Inilah sebabnya mengapa potong rambut secara rutin dan teratur harus menjadi bagian penting dari rangkaian perawatan rambut.

4.  Mengatasi kerusakan rambut akibat panas

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami kerusakan rambut akibat panas yang disebabkan oleh pelurus rambut atau pengering rambut. Setelah munculnya kerusakan rambut akibat panas tersebut, satu-satunya solusi ialah memotongnya agar bisa tumbuh dengan lebih baik.

5. Lebih mudah untuk menata rambut

Jika rambut Anda rusak dan ujungnya terlihat kusut, maka akan lebih sulit pula menatanya untuk lebih bergaya. Rambut rusak cenderung tidak bisa diatur. Oleh karena itu, rutin memotong rambut akan lebih memudahkan Anda untuk menata rambut agar lebih stylish.

6. Rambut jadi lebih tebal

Dengan rutin memotong rambut, rambut akan terurai dengan cantik. Rambut Anda menjadi lebih tebal dan sehat dari akar hingga ujungnya.

7. Mengurangi keriting

Keriting pada rambut biasanya terjadi ketika seseorang cenderung memakai topi dan syal. Rambut dengan kondisi yang mulai mengeriting seperti ini dapat menyebabkan kerusakan pada helai rambut. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemotongan rambut secara rutin agar kondisinya terkendali.

Itu dia manfaat memotong rambut yang ternyata memberikan beragam pengaruh baik untuk kesehatan rambut. Anda dapat membuat jadwal khusus untuk pemotongan rambut agar kondisi rambut selalu sehat dan cantik.

Untuk mendapatkan jasa potong rambut, tidak perlu repot lagi ke salon. Sekarang, Anda bisa memesan jasa Hair Care Sejasa. Terdapat layanan potong rambut dan creambath lengkap. Harga hair care Sejasa pun sangat terjangkau.

Mitra penyedia jasa akan datang langsung ke alamat Anda sesuai waktu yang Anda tentukan. Sangat mudah, praktis, dan efektif! Yuk, pesan sekarang di aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

potong rambut rutin

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.