model tangga rumah minimalis

7 Model Tangga Rumah Minimalis Yang Kekinian

Bagi Anda yang akan berencana membangun rumah bertingkat, tangga merupakan elemen penting. Model tangga rumah minimalis bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki lahan tidak luas. Jika tangga Anda terletak di area yang menonjol, hal itu bisa menjadi point of interest yang menarik di rumah Anda. 

Belakangan ini, terdapat banyak variasi model tangga. Baik itu dari pemilihan material dan finishing, kombinasi warna, hingga bentuk-bentuk tangga rumah. Bagi rumah minimalis, tak semua desain tangga cocok diaplikasikan. Hal itu disebabkan oleh faktor luas area rumah, kecocokan material yang digunakan dengan interior rumah, atau dalam hal pemilihan warna.

Jangan sampai rumah Anda justru terlihat semakin sempit saat membangun tangga. Untuk itu, tim Sejasa telah merangkum beberapa model tangga rumah minimalis yang bisa jadi inspirasi Anda. 

Apa sajakah itu? Simak 7 model tangga rumah minimalis yang cantik dan kekinian dalam ulasan berikut ini.

Model Tangga Rumah Minimalis

1. Tangga Model U

crown heritage

Tangga rumah dengan model U sangat sering dijumpai pada rumah dengan konsep minimalis. Untuk model U ini, tidak begitu membutuhkan banyak ruang. Tangga model U ini bisa terletak di bagian dinding ruangan. Anda juga bisa mengatur arahnya sesuai keinginan atau sesuai interior rumah, baik ke kiri atau kanan.

Mengenai material, tangga model U umumnya menggunakan bahan kayu. Pada bagian handrailing atau pegangannya, bisa mengkombinasikan kayu dan baja.

2. Railing Tangga Minimalis dengan Kaca

model tangga rumah minimalis

Satkartar Glass Solutions

Tangga dengan handrailing kaca sekilas terlihat sangat kekinian dan unik. Model tangga yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin model tangga berbeda.  Untuk hunian minimalis yang mungil, model ini bisa  menimbulkan kesan modern karena tampilan kaca transparan menciptakan ruangan lebih lapang.

Namun, model tangga kaca ini juga punya kelemahan. Salah satunya ialah mudah pecah dan berbahaya bagi keluarga yang punya anak-anak aktif saat bermain. Selain itu, model ini juga rentan tergores karena sentuhan, sehingga bisa merusak tampilan.

3. Tangga Melingkar atau Spiral

model tangga rumah minimalis

Seosuneo

Tangga spiral lebih fleksibel dibanding tangga model U.  Dengan begitu, tipe tangga ini dapat menghemat lebih banyak ruang pada hunian Anda. Tampilan tangga spiral ini cukup menarik, sehingga bisa menambah estetika ruangan di rumah Anda. Dengan pemilihan desain tangga modern, warna, dan penempatan yang tepat, tangga spiral akan menjadi pusat perhatian di salah satu area rumah mungil. 

Namun, tangga spiral juga punya kekurangan. Biasanya masing-masing anak tangga punya ukuran lebar yang berbeda. Dengan begitu penggunanya harus lebih berhati-hati. Umumnya tangga spiral terbuat dari material logam, sehingga cenderung berisik saat sudah terbiasa melangkah.

4. Model Tangga dengan Ruang Penyimpanan

model tangga rumah minimalis

Wood Smith Plans

Tangga dengan model ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang tidak mau menyia-nyiakan ruang kosong di bawah tangga. Jika memiliki banyak perabotan rumah tangga, Anda bisa mengaplikasikan model tangga dengan ruang penyimpanan ini.

Anda pun dapat mengkreasikan tangga dengan menambah fitur eye-catching. Misalnya dengan menjadikannya lemari pakaian, rak buku, rak sepatu, atau tempat penyimpanan mainan anak.

5. Tangga Rumah Minimalis Lurus

model tangga rumah minimalis

Curated Interior

Model tangga lurus memiliki bentuk yang memanjang keatas tanpa adanya cabang atau belokan ke kiri atau kanan. Tangga rumah minimalis seperti ini disebut juga sebagai tangga model linear atau lurus.

Jika ingin mengaplikasikan model tangga lurus ini, Anda perlu memiliki ruangan yang luas. Faktor kemiringan pada tangga lurus ini tidak cocok untuk ruangan kecil.

Tangga lurus bisa terletak di tengah ruangan ataupun di sudut ruangan. Bisa disesuaikan dengan interior rumah. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan model tangga ini, ialah jangan pilih yang terlalu curam, karena dapat membahayakan penggunanya.

6. Tangga Rumah Tanpa Handrailing

homify

Tangga tanpa handrailing ini terlihat hanya memiliki satu garis. Material yang digunakan biasanya adalah kayu. Desain tangga tanpa handrailing ini sangat simple dan fungsional, sehingga sangat cocok untuk hunian minimalis. Model tangga ini membuat rumah terlihat lebih luas dan enak dipandang.

Anda harus berhati-hati dalam penggunaannya. Tangga ini tidak disarankan untuk yang memiliki anak kecil. Sebab, tangga ini tanpa pegangan dan sangat terbuka. Model tangga tanpa handrailing adalah model  kekinian yang bisa diterapkan jika penghuni rumah adalah orang dewasa. 

7. Floating Stairs

model tangga rumah minimalis

Style Crafs Stairs

Floating stairs alias tangga terapung ialah tangga yang modelnya menyatu ke dinding. Begitupula dengan pegangannya, hanya terdapat pada satu sisi yang disematkan di dinding. Tangga model ini mampu membawa tampilan hunian minimalis ke level futuristik, sehingga bisa disebut juga sebagai tangga rumah mewah.

Dalam tahapan mendesain tangga, dibutuhkan ketelitian dalam menghitung beban tangga agar tidak mudah roboh. Sayangnya, desain floating stairs ini tidak begitu aman untuk orang tua dan anak-anak.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan ide mana yang akan Anda terapkan pada hunian minimalis? Sejasa.com siap mewujudkan model tangga rumah yang Anda impikan!

jasa bangun rumah minimalis

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.