jadwal bersih-bersih rumah

Jadwal Bersih-Bersih Rumah Terlengkap, untuk Harian hingga Tahunan

Membersihkan rumah adalah kegiatan yang menyenangkan atau malah melelahkan bagi sebagian orang. Untuk itu, Anda perlu memiliki daftar jadwal bersih-bersih rumah agar segalanya bisa dikendalikan dengan baik. Rumahpun jadi bersih dan sehat.

Dilansir dari Good Housekeeping Institute, terdapat bermacam hal yang harus dilakukan dalam kegiatan bersih-bersih rumah. Pertama, jika Anda melihat sesuatu yang kotor pada area manapun di rumah, jangan tunda untuk membersihkannya. Segera ambil kain lap atau alat lainnya untuk membuatnya bersih kembali.
Kedua, dalam hal sanitasi. Pastikan untuk selalu menerapkan budaya hidup bersih untuk meningkatkan kesehatan, seperti penyediaan air bersih, pengolahan sampah yang teratur. Ketiga, mengenai cucian. Pisahkan pakaian kotor sesuai bahannya serta jenis pakaiannya. Berikut adalah jadwal bersih-bersih rumah yang dapat Anda terapkan:

Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian

jadwal bersih-bersih rumah
matressmanstores
  1. Membersihkan tempat tidur
    Tempat tidur wajib dibersihkan dirapikan untuk meningkatkan kualitas tidur dan produktivitas. Rapikanlah tempat tidur setiap hari dengan sapu lidi atau vacuum cleaner.
  2. Mencuci piring kotor
    Piring kotor akan menjadi sarang bakteri dan kuman bila dibiarkan dalam waktu yang lama. Untuk itu, cucilah piring kotor sesegera mungkin. Dapur akan terlihat lebih bersih.
  3. Membersihkan area kompor dan meja makan
    Saat selesai memasak, bersihkanlah area kompor yang mungkin terkena cipratan minyak atau tumpahan bahan masakan lain. Meja makan pun penting dibersihkan, karena seringkali terdapat tumpahan makanan yang bisa mendatangkan semut, lalat atau meninggalkan bekas noda.
  4. Mencuci pakaian (sesuai kebutuhan)
    Untuk beberapa orang yang punya banyak anak, mungkin mencuci pakaian adalah kegiatan sehari-hari. Namun pada sebagian orang yang tinggal sendiri, mencuci bisa jadi kegiatan mingguan. Oleh karena itu, pastikan mencuci pakaian sesuai kebutuhan dan sesuai banyaknya jumlah pakaian yang hendak dicuci.
  5. Menyapu lantai dapur
    Lantai dapur penting disapu setiap hari jika Anda rutin memasak setiap hari. Lantai dapur cenderung mudah licin dan kotor, sehingga harus rajin disapu.
  6. Membersihkan wasfafel dapur dan kamar mandi
    Bersihkanlah wastafel dapur dan kamar mandi dengan spons atau sikat yang mampu menghilangkan bekas kotoran. Jika terdapat noda membandel, gunakan campuran air hangat dan satu sendok makan cairan pemutih. Biarkan lima menit, lalu bilas hingga bersih.

Jadwal Bersih-Bersih Rumah Mingguan

jadwal bersih-bersih rumah
marketbasketfood
  1. Mengepel lantai dapur
    Setelah rutin menyapu lantai dapur setiap hari, maka di akhir pekan waktunya untuk mengepel. Lantai dapur akan kinclong dan kembali bersih.
  2. Mengganti seprei
    Mencuci dan mengganti seprei bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi gangguan penyakit kulit.
  3. Menyikat lantai kamar mandi
    Setelah setiap hari digunakan, sempatkanlah menyikat lantai kamar mandi. Gunakan cairan pembersih lantai kamar mandi khusus, diamkan beberapa menit, lalu sikat hingga bersih.
  4. Membersihkan cermin
    Cermin yang digunakan setiap hari mungkin akan berdebu. Bersihkanlah dengan pembersih kaca dan kain lap hingga kembali kinclong.
  5. Membersihkan peralatan dapur
    Peralatan dapur perlu dibersihkan dan dirawat agar tahan lama, sehingga Anda bisa irit. Untuk itu, rajinlah membersihkan kompor, panci, wajan, teflon, dan yang lainnya. Masing-masingnya perlu dibersihkan dengan maksimal, terutama wajan dan panci yang berkerak. Gunakan campuran baking soda dan air untuk melunakkan kerak dan noda membandel.
  6. Membuang makanan kadaluarsa
    Setiap minggunya, ada beragam jenis makanan dan minuman yang masuk ke kulkas ataupun lemari penyimpanan. Rutinlah setiap minggu memeriksa tanggal kadaluarsanya, agar makanan dan minuman yang Anda nikmati lebih terjaga keadaan dan rasanya.

Jadwal Bersih-Bersih Rumah Bulanan

jadwal bersih-bersih rumah
shutterstock
  1. Membersihkan debu pada area furnitur berkayu
    Furnitur kayu mudah berdebu, sehingga harus rajin dibersihkan. Setidaknya, lap furnitur secara rutin. Jangan lupa bersihkan sela-sela furnitur yang mungkin terdapat banyak kotoran.
  2. Membersihkan debu pada rak-rak
    Rak buku, rak pajangan, dan rak lainnya di rumah bisa jadi tempat bersarangnya debu. Pastikan untuk membersihkan debu-debu tersebut secara teliti.

Jadwal Bersih-Bersih Rumah Setiap 3-6 Bulan

jadwal bersih-bersih rumah
shutterstock
  1. Membersihkan kulkas
    Penting untuk rutin membersihkan kulkas bagian dalam serta luarnya. Selain agar makanan lebih terjaga, juga agar kulkas lebih tahan lama. Lap bagian luar kulkas dengan kain microfiber. Pada bagian dalam, bersihkan dengan lap basah. Lepaskan sekatan antar rak, kemudian cuci bersih.
  2. Membersihkan area sekitar furnitur
    Singkirkan tungau debu yang bersarang pada furnitur seperti sofa dengan sedot tungau. Untuk furnitur kayu, lap hingga bersih sesuai panduan pembersihannya. Jangan lupa membersihkan kasur Anda, karena kasur merupakan salah satu tempat bersarangnya tungau. Pesan jasa sedot tungau di sini.
  3. Mencuci sofa
    Bersihkan sofa dengan jasa sofa cleaning untuk memastikan noda dan kotoran benar-benar hilang.

Jadwal Bersih-Bersih Rumah Tahunan

paulscleaning
  1. Membersihkan ventilasi, jendela dan cuci gorden
    Bersihkan ventilasi dan jendela dengan mengelapnya untuk menghilangkan tumpukan debu. Kemudian, bersihkan dengan cairan pembersih khusus. Sedangkan untuk gorden, cucilah dengan mesin cuci atau steamer.
  2. Membersihkan karpet secara menyeluruh
    Membersihkan karpet yang penuh noda bisa diatasi dengan mencuci karpet dengan metode gantung. Kemudian bersihkan dengan sabun khusus.

jadwal bersih-bersih rumah

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.