Ide Renovasi Dapur Minimalis, Cantik, dan Tetap Fungsional

renovasi dapur minimalis

Dapur menjadi bagian rumah yang sangat penting untuk mengolah dan mempersiapkan makanan sehari-harinya. Tidak hanya itu, dapur menjadi daya tarik tersendiri dalam suatu rumah. Denah, fungsionalitas, warna dinding, akan sangat memperngaruhi tampilan dapur. Pada artikel ini, kami akan menjabarkan beberapa ide renovasi dapur minimalis yang patut Anda terapkan. Simak sampai habis ya!

Gunakan Desain Kabinet atau Lemari Dapur yang Menarik

Lemari dapat menjadi suatu poin penting dalam menciptakan dapur yang menarik. Anda bisa memilih desain yang cukup mencolok, namun tetap cantik, fungsional, serta memberikan daya tarik ke seluruh ruang.

Anda bisa menggunakan lemari kayu sederhana, atau lemari putih untuk membuat dapur kecil Anda terlihat lebih besar. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan lemari dapur untuk mencerminkan gaya atau selera pribadi.

Beberapa ide yang mungkin bisa jadi referensi Anda dalah desain kabinet dengan pola mediterania untuk dapur kontemporer. Pilihan lainnya adalah Anda bisa memilih ide desain lemari yang ramping dengan laminasi atau pintu kaca untuk dapur modern.

Apabila menyukai seni, ide yang bisa digunakan adalah dengan memasang panel kaca berstruktur dan penuh dekorasi dengan desain canggih yang memberikan suasana nyaman dan tenang di dapur.

Tambahkan Kitchen Island

renovasi dapur minimalis

Menambahkan kitchen island atau meja dapur di area tengah bisa memberikan perbedaan yang cukup besar di dapur Anda. keberadaan kitchen island mampu membuka ruang yang lebih besar, sehingga menciptakan ilusi pada dapur.

Dengan kitchen island, Anda bisa memiliki lebih banyak ruang untuk duduk dan meletakkan makanan yang dimasak. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat kerja dengan rak terbuka di sisinya untuk menata talenan, parutan keju, dan benda kecil lainnya untuk persiapan sebelum memasak.

Gunakan Rak dan Ruang Penyimpanan yang Berbeda

Rak-rak terbuka sebagai ruang penyimpanan bisa jadi membosankan. Dengan rencana desain dapur yang lebih inovatif, Anda bisa menghidupkan dapur dan serta meningkatkan fungsinya.

Untuk dapur yang besar maupun kecil, Anda bisa menerapkan ruangan penyimpanan berupa gantungan untuk akses yang lebih mudah. Menggantung rak terbuka dapat menyediakan ruang penyimpanan yang sangat dibutuhkan tanpa untuk tampilan dapur modern.

Jangan lupakan area penyimpanan bahan makanan. Dibandingkan menyimpan makanan di lemari, Anda juga bisa menggunakan sedikit area untuk rak penyimpanan bahan makanan untuk waktu yang lebih lama.

Tambahkan Backsplash Ubin

Backsplash merupakan bagian yang tidak bisa dihindari dari proses memasak makanan di dapur. Anda tidak dapat mengontrol semburan dan cipratan masakan. Tapi Anda bisa coba mengcegahnya dengan memasang backplash ubin di sekitar kompor.

Secara posisi, backsplash ubin terletak pada posisi strategis untuk mengontrol kelembapan dapur. Idealnya, Anda juga bisa menggunakan laminasi untuk melindungi dinding dan backsplash sebagai ukuran tambahan agar dapur tetap berkilau dan bersih.

Pasang Material Baja yang Tahan Karat

Sebagian besar peralatan saat ini menggunakan material baja yang tahan karat, karena ketahanannya, kebersihan, serta kekutan daya tariknya.

Dengan peralatan baja tahan karat, Anda bisa membersihkannya dengan lap untuk menghilangkan residu dan noda, sehingga membuat dapur Anda bersih. Selain itu, baja tahan karat akan menambah nuansa modern pada desain dapur Anda, selain fungsionalitas kelas atas.

Gunakan Bahan Substansial yang Berkualitas

Beberapa orang cenderung mengabaikan kualitas material seperti pada lemari, ubin, dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh keinginan menghemat uang. Namun, ini merupakan konsep yang salah.

Meja dapur merupakan area dengan aktivitas paling berat saat proses memasak makanan. Oleh karena itu, meja dapur harus memiliki kualitas yang baik untuk menghindari kemungkinan retak, terkelupas, atau pecah.

Meja dengan material marmer dan granit mungkin jadi pilihan terbaik dari sisi harga. Meskipun kekurangannya adalah dari sisi mudah terkelupas dan retak. Sedangkan meja kuarsa adalah solusi yang jauh lebih baik untuk kebutuhan Anda. Material ini sangat kokoh dan tahan lama.

Tentukan dan Terapkan Dekorasi yang Jelas

Anda perlu menentukan dekorasi yang layak dan berani untuk tampilan dapur. Mungkin terlihat tidak relevan untuk menerapkan hal yang dekoratif di dapur, tapi Anda tetap bisa menghidupkannya dengan perlengkapan dan pencahayaan yang maksimal.

Anda bisa memberikan pernyataan yang jelas pada desain dapur, dengan mengubah ruang menjadi mini-bar dan beberapa toples bahan makanan. Selain itu, gunakan lampu gantung untuk penerangan suasana dapur saat malam hari. Dengan begitu, bisa menambah daya taris esetika dapur agar lebih cantik dan menyeimbangi dekorasi ruangan rumah lainnya.

Buat Tempat untuk Meletakkan Segalanya

Perombakan dapur menjadi peluang besar untuk menambah fungsionalitas dapur Anda. Segala sesuatu di dapur Anda harus punya fungsi yang jelas.

Pilihlah kabinet atas dengan tepat yang mampu mengakomodasi kebutuhan penyimpanan piring, mangkuk, dan semua yang Anda butuhkan secara instan. Anda bisa juga memilih rak tarik atau lemari bawah sebagai penyimpanan barang yang mudah pecah. Pastikan Anda tidak menyimpan bahan berbahaya apapun, agar aman dari anak-anak.

Hal penting lainnya adalah menempatkan kompor pada lokasi yang strategis. Idealnya dekat dengan wastafel atau mesin pencuci piring. Posisi ini akan memudahkan Anda membuat tempat untuk area kosong lainnya dengan mudah.

Dengan segala sesuatu yang sesuai pada tempatnya, maka dapur akan lebih rapi dan nyaman dipandang secara estetika. Hal ini juga membantu Anda dalam mempertahankan fungsionalitas, sehingga saat membutuhkan suatu barang bisa diakses dengan mudah.

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah tahu mau melakukan renovasi dapur dari sisi yang mana? Pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keadaan dapur saat ini. Apabila butuh bantuan untuk pengerjaan renovasi dapur minimalis, Anda bisa menemukan jasa kontraktor atau renovasi rumah di Sejasa. Kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa profesional dan berpengalaman. Konsultasikan kebutuhan jasa Anda sekarang, melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

renovasi dapur minimalis
Share This Article!