biaya renovasi dapur

Estimasi Biaya Renovasi Dapur Terlengkap

Anda sedang merencanakan renovasi dapur? Sebelum melakukan renovasi dapur, Anda perlu merencanakannya dengan matang. Baik itu dari segi fungsi, layout dapur sesuai dengan luasnya, faktor pencahayaan, perabotan untuk penyimpanan kebutuhan dapur, dan banyak lagi. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan pemilik dan biaya renovasi dapur yang telah dipersiapkan. 

Memiliki dapur yang nyaman dan fungsional tentu idaman semua orang. Belakangan ini, dapur seringkali dijadikan ruang tamu kedua untuk menjamu tamu dan kerabat yang datang. Untuk itu, Anda perlu memilih dekorasi dan lemari penyimpanan atau kabinet yang tepat agar dapur terlihat cantik, menyenangkan dan membuat Anda lebih semangat memasak.

Tahapan Renovasi Dapur

biaya renovasi dapur

Sebelum mengetahui biaya renovasi dapur, Anda perlu mempertimbangkan dengan matang seberapa penting dan mendesaknya untuk melakukan renovasi. Pastikan bahwa jika memang ingin melakukan renovasi dapur, maka dana yang dipersiapkan juga harus cukup dan tidak tanggung-tanggung.
Lakukan beberapa hal ini sebelum melakukan renovasi dapur:

Tentukan kebutuhan

Area atau furniture dapur apa yang ingin Anda perbaharui? Penting untuk mencatat kebutuhan yang ingin direnovasi. Misalnya, seluas apa meja dapur yang Anda butuhkan? Lalu, apakah Anda membutuhkan oven, microwave, lemari pendingin, atau alat elektronik lain? Sesuaikan penempatannya pada desain dapur yang Anda inginkan.

Amati dapur

Perhatikan hal detail sekitar dapur, seperti struktur dinding, saluran air bersih dan pembuangan, jaringan listrik, atau saluran pembuangan udara jika ingin memasang cooker hood. Anda bisa melakukan pengecekan pula pada bagian meja dapur dan kabinet, tentukan mana yang perlu diperbaharui dan dipertahankan.

Cari inspirasi desain sesuai layout dapur

Pilihlah desain dapur yang sesuai dengan luas dapur dan sesuai dengan selera Anda. Layout dapur umumnya terdiri atas dapur linear 2 sisi, dapur satu sisi, dapur layout U, dan layout L.

Tentukan anggaran

Dengan menentukan anggaran, Anda bisa menyesuaikan pemilihan material dan bahan dalam proses renovasi dapur.

Pakai jasa profesional

Jika Anda memiliki anggaran dana yang lebih dari cukup, maka pertimbangkan menggunakan jasa profesional arsitek dan kontraktor bangunan. Dengan begitu, Anda akan lebih terbantu dan dimudahkan dalam proses renovasi hingga proyek selesai.

Estimasi Biaya Renovasi Dapur

Setelah mengetahui tahapan diatas, sekarang saatnya Anda mengetahui estimasi biaya renovasi dapur

Bagian yang Direnovasi Harga Per Meter Bahan/material
Kabinet atas Rp2.800.000 HPL, Cat Duco, plywood
Kabinet bawah Rp2.800.000 HPL, Cat Duco, plywood
Top Table Rp1.500.000 Marmer, granit
Backsplash (keramik dinding) Rp300.000 Ubin mozaik
Ganti wastafel (bak cuci piring) Rp350.000 Stainless steel
Cat dinding Rp300.000 Lateks

Faktor Penentu Estimasi Biaya Renovasi Dapur

Layout atau tata letak dapur

Umumnya, ada 4 jenis layout yang bisa diterapkan dalam penataan dapur, yaitu linear 2 sisi, dapur satu sisi, dapur tipe U, dan dapur tipe L. Jika ruangan dapur Anda cukup luas, mungkin bisa menerapkan linear 2 sisi atau tipe U. Namun, jika ruangan dapur cukup sempit, layout satu sisi dan tipe L adalah pilihan terbaik.

Bingkai lemari

Sebagian besar biaya renovasi dapur mungkin akan banyak dihabiskan untuk lemari. Bahan lemari yang umumnya digunakan adalah melamin, plywood dengan laminasi, atay plywood dengan lapisan veneer

Pintu lemari

Umumnya, pintu lemari dapur terbuat dari material melamin atau plywood. Namun, jika Anda ingin mengupgrade tampilan lemari, gunakanlah material akrilik atau kaca

Meja dapur atau top table

Kebanyakan proyek renovasi dapur juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk area meja. Untuk meja dapur, Anda bisa memilih permukaan padat dengan warna dan pola yang cantik seperti marmer, batu kuarsa, dan granit.

Backsplash atau keramik dinding

Untuk melindungi dinding dapur, Anda juga bisa memasang keramik di sepanjang lemari. Bahan material yang bisa digunakan adalah ubin yang reflektif, sehingga dapur menjadi lebih bersih dan luas.

biaya renovasi dapur

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.