pencahayaan rumah

7 Cara Memaksimalkan Pencahayaan Rumah Secara Alami

Rumah Anda sudah bagus, tapi terlihat gelap dan buram? Mungkin Anda butuh melakukan beberapa hal untuk menghasilkan pencahayaan rumah dengan maksimal. Cahaya alami jauh lebih baik dari pada cahaya buatan. Meningkatkan pencahayaan tidak melulu soal pemilihan jenis dan bentuk lampu, tapi ada faktor lain yang tak kalah penting.

Banyak rumah yang dibangun tidak mempertimbangkan cahaya alami, sehingga tampilan rumah menjadi gelap dan buram. Namun tidak perlu khawatir, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pencahayaan. Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara Maksimalkan Pencahayaan Rumah Secara Alami

Cat Plafon jadi Warna Putih


Mengecat plafon dengan warna putih mampu meningkatkan pencahayaan alami pada rumah. Cara ini adalah salah satu yang minim diketahui orang.

Meskipun eksterior rumah Anda memiliki warna yang berbeda, Anda masih tetap bisa mengecat plafon dengan warna putih. Walaupun kemiringan atap mengarah ke rumah, tampilan bagian tepi tidak akan berpengaruh.

Gunakan Cat Dinding dan Langit-Langit dengan Warna Ringan dan Terang

Dengan mengecat dinding dan langit-langit berwarna terang, akan sangat membantu memberikan pencahayaan pada rumah. Namun, jika tidak begitu yakin, Anda bisa pertimbangkan tips ini:

  • Warna dinding interior adalah cara pertama untuk memantulkan cahaya alami kembali ke ruangan Anda.
  • Putih adalah warna paling terang. Tidak ada yang mampu mengalahkannya. Jika Anda kurang menyukai warna putih, Anda bisa memilih variasi warna putih dengan warna lain, seperti warna putih tulang atau putih pucat abu-abu.
  • Langit-langit itu penting. Sebagian besar langit-langit rumah berwarna putih karena mampu memantulkan cahaya dengan maksimal. Selain itu, warna putih cenderung netral.

    pencahayaan rumah

Ubah Dinding Menjadi Cermin dengan Cat High Gloss

pinterest

Semakin mengkilap tampilan dinding, maka akan semakin banyak pula cahaya yang dipantulkan ke dalam rumah. Menggunakan cat high gloss atau cat mengkilap pada dinding akan memberi efek cermin, sehingga membuatnya berkilau.

Jika ruangan di rumah Anda sangat gelap, Anda perlu mempertimbangkan cat high gloss untuk membuatnya berkilau dan terang. Namun, jika Anda tidak mau menggunakan cat high gloss, alternatif lainnya yaitu cat semi-gloss.

Gunakan Kaca atau Ubin yang Reflektif

Kaca adalah material yang sangat mudah memantulkan cahaya, sehingga ini adalah pilihan terbaik untuk dipasang di dapur dan kamar mandi. Kaca mampu memantulkan hampir 100 persen cahaya yang mengenainya.

Anda juga bisa memasang ubin keramik yang sangat mengkilap pada area tertentu. Untuk menghasilkan pantulan cahaya yang maksimal, nyalakan lampu dan pasang ubin backsplash metalik.

Ganti Dinding dengan Blok Kaca 

Ide yang satu ini memang tidak mudah. Mengganti bagian dinding dengan blok kaca cukup efektif untuk memantulkan banyak cahaya secara alami. Blok kaca bukanlah pengganti struktural, sehingga header harus dipasang di atas bagian blok. Persis seperti pemasangan unit jendela dan pintu.
Jika Anda tertarik untuk mengganti dinding dengan blok kaca, gunakanlah jasa renovasi profesional. Dengan begitu, prosesnya akan lebih jelas dan memberikan hasil sesuai yang Anda inginkan.

Pasang Skylight di Plafon

Pemasangan skylight pada plafon adalah cara efektif untuk menarik cahaya alami ke dalam rumah. Bahkan, skyligt seringkali disebut jendela untuk atap.

Adanya skylight memudahkan cahaya masuk secara konsisten, karena tidak dibayangi oleh objek luar ruangan dan sinar matahari yang dipantulkan awan langsung masuk ke dalam rumah.

Tambahkan Ruang yang Reflektif

pencahayaan rumah                                                                                                   laskasas
Saat sinar matahari memantul pada suatu objek reflektif seperti lampu gantung, ini akan menyalurkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan. Dari contoh tersebut, Anda bisa mengakali untuk menambahkan ruang yang mampu memberikan pantulan cahaya ke dalam ruangan di rumah. Mungkin salah satunya yaitu cermin besar di ruang tamu, atau lemari kabinet tinggi yang mengkilap.

Cara mana yang akan Anda terapkan untuk maksimalkan pencahayaan rumah? Tentu tidak semuanya bisa diterapkan sekaligus. Anda bisa mempertimbangkannya dengan budget yang dimiliki serta menyesuaikan keseimbangan interior rumah. Dengan begitu, Anda akan menemukan cara terbaik agar rumah menjadi terang secara alami dan hemat listrik.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.