membersihkan jaring laba-laba

4 Fakta yang Harus Diketahui Sebelum Membersihkan Jaring Laba-Laba

Ketika bersih-bersih rumah, area yang tidak boleh terlupakan adalah langit-langit atau sudut dinding ruangan. Anda mungkin akan menemukan jaring laba-laba yang mengotori area tersebut. Keberadaan jaring laba-laba bisa menimbulkan kesan menyeramkan dan rumah terlihat kurang terawat.

Tidak hanya berdampak pada hal kebersihan rumah, tapi jaring laba-laba juga membawa alergan di udara yang bisa menyebabkan masalah pernapasan untuk Anda dan anggota keluarga lainnya. Untuk itu, tim Sejasa memiliki informasi penting soal membersihkan jaring laba-laba di rumah.

Membersihkan Jaring Laba-Laba

membersihkan jaring laba-laba
shutterstock

Ada beragam jenis jaring laba-laba

Melansir dari apartment theraphy, Rod Crawford, seorang ahli araknologi di Universitas Washington, menyebutkan bahwa tidak semua jaring laba-laba adalah sarang laba-laba. Berbagai jenis laba-laba membuat berbagai jenis jaring. Masing-masingnya memiliki nuansa dan bentuk tersendiri.

Umumnya, pada setiap area tempat tinggal ada berbagai jenis laba-laba rumah yang membuat beragam jenis jaring. Ada jaring laba-laba yang terlihat seperti kumpulan utas yang mengacak ke segala arah, ada yang terlihat seperti corong berupa lembaran sutra padat.

Jaring laba-laba yang menggantung di bagian bawah, bukan di sudut, biasanya jenis ini membutuhkan waktu beberapa minggu sampai laba-laba selesai. Jika seketika Anda menghancurkannya, maka laba-laba akan tetap tinggal di rumah Anda. Mereka hanya akan mulai membuat jaring yang baru.

Jika jaringnya berdebu, maka laba-laba sudah hilang

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum bertindak terhadapat jaring laba-laba yaitu jika jaringnya tidak berdebu, maka laba-laba tidak akan berada di jaring tersebut. Mereka akan hilang. Sedangkan jika jaring terlihat masih rapi dan bersih, dengan sedikit debu di permukaan maka untuk sementara biarkan saja.

Pindahkan laba-laba agar mereka membuat jaring di tempat lain

Saat jaring terlihat mengkilap dan bersih, kemudian Anda ingin menghancurkannya, sebaiknya pindahkan laba-labanya terlebih dahulu. Dengan harapan, laba-laba tersebut akan membuat jaring lagi di area lain yang tidak begitu mencolok.

Pada akhirnya, laba-laba akan memilih tempat untuk membuat jaring berdasarkan dimana mereka bisa mendapatkan makanan untuk bertahan hidup. Hal penting yang perlu diketahui yaitu, laba-laba yang membuat sarang, corong, atau lembaran harus hidup di dalam ruangan untuk bertahan hidup. Sedangkan laba-laba yang membuat jaring-jaring berbentuk geometris bukanlah laba-laba rumah, melainkan mereka masuk ke rumah secara tidak sengaja.

Cobalah untuk memperlakukan laba-laba dengan baik

Apa yang kita lakukan dengan jaring laba-laba dan laba-laba yang hidup di dalamnya sebenarnya bergantung pada hati nurani setiap pribadi. Crawford menyebutkan, jika keberadaan jaring laba-laba mengganggu pemilik rumah, maka pindahkanlah ke bagian lain dari bangunan.

Namun, perlu diingat, bahwa keberadaan jaring laba-laba agak sulit diatasi. Anda harus terbiasa dengan laba-laba yang mampu bersembunyi di tempat sulit terlihat, seperti di lantai atau di sudut furniture.

Tips Mencegah Munculnya Jaring Laba-Laba

membersihkan jaring laba-labaspidersnohio

Meskipun sulit diatasi, ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan sebagai upaya mencegah munculnya jaring laba-laba

  • Gunakan minyak peppermint
    Laba-laba membenci pepptermint, sehingga Anda bisa mencampurkan minyak peppermint dan air ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan campuran cairan tersebut ke area yang dicurigai terdapat laba-laba.
  • Gunakan cuka
    Jika minyak peppermint tidak ampuh, gunakan campuran cuka dan air. Semprotkan pada sudut ruangan dan area yang kemungkinan terdapat laba-laba.
  • Bersihkan dan rapikan rumah dengan rutin
    Pastikan untuk membersihkan rumah secara rutin, setidaknya dengan menyapu lantai, membersihkan debu di sudut ruangan dan sekitar furniture. Cek jadwal lengkap bersih-bersih rumah di sini.
 
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.