biaya renovasi kamar

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Tidur Minimalis

Melakukan renovasi pada kamar tidur biasanya diawali oleh berbagai macam alasan. Misalnya, renovasi kamar bayi atau balita yang hendak beranjak remaja, renovasi untuk mengubah interior kamar, pengecatan ulang dinding, mengganti lantai, wallpaper, perbaikan plafon, jendela, atau pintu. Pada artikel ini, Tim Sejasa memberikan informasi estimasi biaya renovasi kamar tidur dan hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam proses renovasi kamar tidur.

Tahapan Renovasi Kamar Tidur

biaya renovasi kamar

Sebelum berbicara jauh soal biaya, Anda perlu memikirkan, mempertimbangkan, dan menyiapkan hal-hal berikut.

Buat perencanaan yang matang

Melakukan renovasi kamar tidur bukanlah hal mudah. Semakin matang perencanaan Anda, maka semakin seidkit pula kemungkinan buruk yang terjadi dalam proses renovasi.

Perhatikan dan cek posisi pintu, jendela, ventilasi, dinding, lantai, plafon kamar secara keseluruhan. Jika ada yang kurang sesuai dan harus diganti, maka lakukan perubahan agar kamar tidur menjadi lebih fungsional dan nyaman.

Tentukan kebutuhan sesuai prioritas

Jika sudah memiliki perencanaan yang matang, maka tulislah daftar area-area kamar tidur yang memang dirasa penting untuk dilakukan perubahan. Selain itu, kalau dirasa penting untuk menambahkan dekorasi, Anda bisa memasukkannya ke dalam daftar. Ide dekorasi dinding seperti galeri foto, makrame, atau pajangan lain mampu mempercantik tampilan kamar tidur.

Tentukan anggaran

Sesuaikanlah anggaran renovasi dengan biaya yang dimiliki. Sebaiknya, lebihkan 10 hingga 20 persen dari total anggaran sebagai dana darurat. Hal ini penting dipersiapkan sebagai cadangan jika nantinya terdapat kebutuhan lain yang juga penting untuk dipenuhi saat renovasi. Dengan menentukan anggaran biaya, Anda bisa menghindari over budget.

Cari inspirasi desain

Untuk merenovasi kamar, Anda bisa menemukan berbagai inspirasi yang sesuai dengan ukuran kamar atau tampilan yang cocok dengan selera.

Pertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor profesional

Dengan menggunakan jasa kontraktor profesional, pekerjaan proyek renovasi akan lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu maupun kualitas pengerjaannya.

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Tidur

Setelah mengetahui tahapan melakukan renovasi, kini saatnya Anda mengetahui estimasi biaya renovasi kamar tidur yang meliputi beberapa hal.

Jenis/Area Renovasi Harga (Rp)
Cat dinding 20.000-50.000 per meter (Ā tergantung model dan jenis/merk cat yang digunakan)
Wallpaper 150.000 per roll (hanya material)*
Perbaikan Lantai Keramik 100.000-300.000 (tergantung kerusakan)
Perbaikan/ pemasangan plafon 125.00-300.000 (termasuk material plafon)
Lampu LED 150.000-250.000*
Dekorasi dan furnitur tambahan 150.000-300.000 (tergantung kebutuhan dekorasi)*

*estimasi harga material yang tercantum merupakan harga perkiraan yang ada di pasaran

Faktor Penentu Biaya Renovasi Kamar Tidur

Menentukan berapa biaya renovasi dapat dilihat dari area mana dan perbaikan apa saja yang dilakukan untuk memperbaharui tampilan kamar. Jika perubahan dilakukan secara signifikan, maka membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Pengecatan

Jika terjadi kerusakan parah pada dinding atau kualitas cat dinding sudah buruk, maka perlu dilakukan pengecatan ulang. Dalam kondisi ini, prosesnya akan meliputi pembersihan permukaan dinding secara keseluruhan, lalu dilapisi cat dasar dengan merata. Semakin luas area dinding yang dicat, akan memerlukan biaya yang besar pula.

Terkadang, dalam pemilihan warna pun bisa berbeda. Ada orang yang ingin satu warna saja untuk satu ruangan kamar. Ada pula yang ingin mengkombinasikan dua warna atau lebih pada ruangan kamar.

Wallpaper

Beberapa orang mungkin bosan dengan dinding kamar yang itu-itu saja. Dengan memasang wallpaper bermotif, akan mengubah tampilan kamar jadi lebih menarik dan elegan. Cek estimasi harga wallpaper di sini.

Perbaikan lantai atau pemasangan keramik

Kerusakan pada keramik lantai seperti retak dan pecah harus diatasi dengan perbaikan yang signifikan. Anda bisa melakukan penambalan dengan bantuan tukang yang berpengalaman. Setelah diperbaiki, tentu diperlukan keramik baru untuk pemasangan yang baru.

Perbaikan plafon

Umumnya, perbaikan plafon dilakukan jika plafon kamar sudah menguning, merembeskan air, berjamur, atau meledut. Kondisi tersebut memungkinkan ketidaknyamanan pada area kamar, terutama saat musim hujan.

Pencahayaan

Ada kalanya pemilik rumah melakukan renovasi kamar karena kurangnya pencahayaan. Dalam hal ini, solusinya ialah dengan mengoptimalkan jendela atau mengubah jendela, dan mengganti lampu kamar. Selain itu, pemilihan warna cat kamar juga mempengaruhi. Temukan panduan memaksimalkan pencahayaan ruangan di sini.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.