warna earth tone rumah indonesia

9 Warna Earth Tone untuk Rumah di Indonesia

Warna earth tone menjadi tren yang diminati oleh banyak orang karena sifatnya netral dan hangat. Tak hanya itu, pilihan warnanya beragam sebab alam memiliki spektrum warna yang begitu luas. Kehadirannya menjadi inspirasi dalam menata tempat tinggal masa kini supaya mendatangkan kesan hangat, nyaman, dan welcome

Alam tak henti-hentinya memberi kejutan untuk manusia. Tampilannya elok, saling menyatu, menenangkan, dan penuh warna. Kita dapat menemukan warna coklat, terracotta, kuning, merah, kelabu, oranye, hijau, biru, dan abu-abu di alam bebas. Warna-warni tersebut berasal dari tanah, tumbuhan, langit berawan, matahari, dan bebatuan. 

Gabungan warnanya dapat menciptakan suasana aman, hangat, kuat, dan ramah. Dengan kombinasi yang tepat, warna earth tone membuat interior rumah menjadi nyaman dan memanjakan mata.

Tan

Tan adalah salah satu ragam warna yang termasuk dalam warna coklat. Sering disamakan dengan beige, padahal tan ini lebih coklat. Pada alam, tan sering ditemukan pada tanah, pasir, dan batang tumbuhan. Warna ini cocok untuk diaplikasikan pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan home office. 

Ragam tan dalam satu ruangan memberi kedalaman warna seperti pada ruang keluarga ini. Dinding, sofa besar, karpet, dan gorden memilki warna tan dengan variasi kecerahan berbeda. Sofa abu-abu hangat pas dengan konsep ruangan ini. Ditambah lagi, sarung bantal teal terlihat cukup kontras tapi tidak mengganggu secara visual.

Contoh lain adalah ruang tidur utama berikut ini. Tembok dengan cat tan pucat menyatu dengan pintu dan jendela putih. Yang tak kalah menarik adalah lemari dan sofa berwarna hijau abu yang membuat keunikan ruangan ini semakin terpancar. Selain itu, bingkai cermin berwarna tan yang lebih gelap, karpet, sekaligus pajangan dinding dengan warna senada membuat kamar ini memperkaya nuansa lembutnya. Tambahan warna hijau dan ungu dari bunga di vas semakin menyegarkan suasana, terutama saat pagi hari menyapa.

Tan cocok digabungkan dengan abu-abu hangat, blue gray, hijau, oranye, biru, ungu, dan kuning.

Terracotta

Terracotta sempat menjadi tren beberapa waktu lalu dan kini banyak produk dekorasi dan cat rumah dengan earth tone satu ini. Warnanya termasuk dalam ragam warna perunggu dengan sifat coklat agak oranye dan sedikit merah. Pigmen terracotta umumnya ditemukan pada tanah liat.

Kamar tidur dengan dinding aksen terracotta semakin unik dengan lampu tidur dengan warna senada. Hiasan dinding yang minimal tidak akan membuat ruangan ini terasa sesak. Selimut coklat memberi kedalaman yang selaras dengan warna tembok. Karpet krem memberi tekstur agar ruangan ini bebas kesan polos, apalagi coraknya yang berwarna-warni seperti batu permata.

Warnanya yang hangat akan menyapa lembut di pagi hari dan mengantarkan pemiliknya ke mimpi indah saat istirahat di malam hari.

Dapur ini konsisten dari pilihan catnya. Dari tembok, pintu, rak, countertop, hingga kabinet sangat seragam dengan terracotta. Yang membuatnya tambah menarik adalah bagaimana pemiliknya menambah corak dan tekstur dari tanaman serta potnya. Warna hijau tampil kontras dengan porsi yang seimbang. Lantai dan plafon abu-abu tersebut membuat kesan alaminya semakin kuat.

Jika ingin menggunakan warna ini sebagai pilihan dekorasi berikutnya, pertimbangkan untuk menggunakan cat, keramik, tegel, atau kain. Warna tanah liat ini menghasilkan tampilan yang berani, elegan, modern, serta menenangkan. Terracotta pun terlihat serasi dengan kelompok warna putih, krem, hijau, merah, biru, mustard, merah muda, coklat, dan abu-abu.

Yellow ocher

Yellow ocher disebut juga kuning tua. Mengutip dari Kompas.com, ocher atau oker ditemukan pada tumpukan mineral besi yang sudah terbentuk. Oker merupakan pewarna alami dari tanah liat yang berpigmen hematit atau mineral kemerahan dengan kandungan zat besi teroksidasi. Sifatnya mudah menempel pada permukaan apapun dan tidak mudah luntur. Oker menghasilkan warna kemerahan dan kuning.

Ruangan ini bernama Ochre Room. Seperti namanya, ruangan ini sangat jelas dicat kuning tua. Oker dipadukan dengan perabotan warna putih, coklat, dan merah membuat ruangan ini tampak elegan dan klasik.

Dapur ini menampilkan kesan hangat karena didominasi kuning tua. Tak hanya itu, rak dapur, jendela, bahkan tempayannya diwarnai kuning tua separuh ke atas. Kabinet abu-abu sedangkan lantai dengan tone charcoal menjadikan dapur ini tampak harmonis.

Ruangan ini merepresentasikan pilihan warna Pantone 2021 yaitu kuning dan abu-abu. Namun, kuning ini lebih spesial sebab warnanya berasal dari pigmen yang paling tua sejak zaman nenek moyang, sifatnya netral, dan memberi nuansa earthy.

Yellow ocher sangat tepat jika dikombinasikan dengan abu-abu, blush pink, ungu, biru dongker, burgundy, teal, dan magenta.

harga pengecatan dinding tembok

Burnt sienna

Warna sienna adalah coklat kemerahan, berasal dari pigmen tanah yang mengandung besi oksida dan mineral mangan. Ketika dipanaskan, sienna semakin menggelap, sehingga menciptakan efek terbakar. Warna ini lah yang kemudian disebut burnt sienna. Ini termasuk warna tanah liat dan terracotta.

Ruangan kerja ini bernuansa hangat, tidak terlalu mencolok, dan terasa nyaman. Kombinasi burnt sienna, coklat, hijau, dan krem tidak terasa berat secara visual. Tanaman hijau di ujung ruangan memberikan efek segar dan cerah. Cat burnt sienna ini juga bisa diaplikasikan di ruang makan seperti gambar di bawah ini.

Tembok pada ruang makan ini memadukan wainscoting juga plafon putih dengan cat burnt sienna hanya sepertiga bagian atasnya. Meski demikian, nuansanya tetap hangat karena didukung lantai kayu dan gorden kuning yang senada dengan lantainya. Paduan warna putih dengan burnt sienna menampilkan kesan yang lembut.

Warna-warni yang yang tampak cantik untuk digabungkan dengan burnt sienna misalnya, oranye, kuning, biru, hijau, putih, dan coral.

Gray-blue

Gray-blue adalah biru dengan undertone abu-abu yang terinspirasi dari warna bebatuan. Batu dengan corak biru dan abu misalnya dumortierite, glaucophane, celestine, benitoite, dan lain-lain. Tampilannya lebih dingin daripada warna earth tone lain, netral, dan cocok untuk diaplikasikan ke berbagai ruangan.

Kamar tidur bergaya vintage seperti ini tampak nyaman dan menenangkan. Tembok gray-blue, alih-alih biru pastel, menandakan bahwa pemiliknya ingin menjaga tampilannya kalem dan minimalis. Cat plafon dan jendela, warna bed cover, sarung bantal, hingga coffee table kecil seragam berwarna putih karena memang gray-blue dan putih serasi jika dipadukan. Ranjang, gorden, dan sofa abu-abu mendukung tampilan kamar ini supaya lebih adem.

Konsep sebelumnya juga diterapkan pada ruangan laundry berikut ini. Kabinet dengan cat gray-blue dikombinasikan dengan countertop putih. Ada pun dinding dari keramik marmer membuat tampilannya elegan dan apik. Menarik untuk ide proyek kabinet Anda!

Hampir semua warna dapat dipadukan dengan biru keabuan ini. Hijau hangat, pink, merah, ungu, biru, abu-abu, emas, dan oranye mampu dipasangkan dengan warna bebatuan tersebut. Anda dapat menerapkan grayblue ini pada ruang mana saja, termasuk kamar tidur anak, baik laki-laki maupun perempuan.

Forest green

warna earth tone selanjutnya adalah hijau. Seperti namanya, forest green berarti warna hijau yang berhubungan dengan hutan, penghijauan, dan vegetasi. Warnanya menyegarkan mata dan pikiran serta mampu menunjang tampilan ruangan jadi mewah.

Nuansa hijau dalam ruangan baca ini cukup konsisten. Terbukti dari dinding, perapian, hingga plafon senada. Supaya tetap terlihat harmonis, sofa dan karpet dipilih yang berwarna terang. Cermin di atas perapian memantulkan sinar matahari dari jendela sehingga ruangan tidak terasa kaku. Secara keseluruhan, interior dan pilihan cat menciptakan suasana tenang dan memberikan efek profesional.

Tak hanya ruang privat, ruang untuk berkumpul bersama keluarga pun akan tampil menawan dengan forest green. Hiasan dinding dengan bingkai merah adalah langkah yang tepat untuk menarik perhatian sebab kedua warna ini bertolakbelakang. Dinding hijau mencerminkan dedaunan, meja-kursi kayu melambangkan batang, sedangkan lantai dan karpet merepresentasikan tanah. Adanya kesatuan dalam interior ini menjadikannya tampak indah dan cozy.

Forest green sering diasosiasikan dengan Natal jika dikombinasikan dengan merah. Perpaduan ini membangkitkan semangat Natal pada bulan Desember. Apabila Anda tidak ingin menciptakan nuansa hari raya, pilih ragam warna kuning, putih, pink, hijau atau biru demi tampilan lebih segar.

Dark moss green

Warna lumut yang menempel pada permukaan lembap akan jadi inspirasi Anda selanjutnya. Moss berarti lumut, sehingga dark moss green maksudnya adalah hijau lumut yang gelap. Spektrum moss green tidak hanya yang ditampilkan pada gambar di atas, melainkan ada warna lumut pucat yang cenderung lebih kuning.

Hijau lumut adalah simbol keamanan, kestabilan, dan percaya diri. Namun, belum banyak yang mempertimbangkan warna ini sebagai pilihan cat dinding atau focal point sebuah ruangan.

Satu lagi ruang baca berwarna hijau. Rak buku dan sofanya sama-sama dark moss green. Permukaan sofa yang velvety menambahkan kesan lembut pada ruangan ini. Hijau lumut gelap dipadukan dengan warna coklat dari karpet dan emas dari bangku tampil begitu menawan. Sarung bantal dan foto berfungsi sebagai aksen dengan warnanya yang cerah.

moss green kitchen with small island
CODY GUILFOYLE on Domino

Beri sentuhan unik pada dapur dengan menghadirkan dark moss green. Tidak perlu memenuhi ruangan dengan warna ini. Cukup cat kabinet atas dan bawah, akan membuat penampilan dapur ini menjadi lebih hidup. Putih dan coklat sangat serasi ketika digabungkan dengan si hijau, terutama saat sinar matahari menyinari dapur ini. Tidak berlebihan tapi nuansa alaminya tetap terasa, bukan?

Selain warna-warni netral seperti putih, moss green terlihat indah bila dipadukan dengan tone yang cerah seperti kuning. Anda pun bisa melengkapinya dengan lime green, terracotta, biru dongker, coklat, tan, pink, dan lavender.

Sage green

Mungkin Anda akan menjadi penggemar warna ini selanjutnya. Mari sambut sage green! Sage adalah salah satu jenis herba, sering digunakan untuk bahan masakan di Eropa Selatan dan Mediterania juga obat-obatan. Daunnya berwarna hijau keabuan.

Hijau sage diaplikasikan untuk dinding aksen dipadukan dengan putih yang netral pada kamar tidur itu. Sebagai pemanis, pemiliknya menggunakan sarung bantal merah muda. Dekorasi elemen kayu melengkapi konsep alami nan minimalis kamar tersebut.

Sage green ini cocok digunakan di hampir segala ruangan. Salah satunya adalah kamar mandi. Ubin dengan hijau sage memberikan pengalaman berbeda dan kepuasan dari segi visual. Kamar mandi ini memanfaatkan sumber pencahayaan alami sebagai penerangan utama. Namun, ini menjadi sebuah keuntungan karena hijaunya akan semakin cerah, alami, dan fresh.

Dalam ruangan ini dekorasinya terbilang sederhana. Adanya tanaman, bangku hijau, beberapa dekorasi di lantai dan shower berwarna emas menjadikannya tampak berani, simpel, tapi tidak eksesif.

Sage green cocok disatukan dengan tone hangat atau dingin sekalipun. Untuk menghadirkan nuansa yang kalem, padukan dengan biru abu, coklat, abu-abu, dan putih. Sage green ini juga cantik saat dipadukan tone yang lebih cerah seperti emas, ungu, dan kuning.

Taupe

Taupe atau kelabu tua adalah warna earth tone coklat keabuan gelap, termasuk dalam keluarga campuran abu-abu dan coklat. Kelabu tua lebih hangat dibanding abu-abu biasa dan membawa mood tenang dan puas. Kelabu tua mampu menjadi warna aksen yang cantik maupun dasar berkonsep tradisional dan cozy.

Home office dengan cat taupe tak kalah cantik dari putih atau abu-abu. Dekorasi dengan finisihing warna emas, seperti cermin bentuk matahari dan bingkai besar di tengah, amat menyatu dengan kelabu gelap. Meja dan bingkai warna putih melengkapi tampilan ruang kerja ini.

Ada dua macam taupe yang digunakan pada ruangan di atas. Ruangan bagian dalam menggunakan taupe yang lebih gelap daripada yang di ruangan luar. Dekorasi dan perabotannya banyak menggunakan warna netral seperti tan, coklat, putih, abu-abu. Sofa dan hiasan abu-abu membuat ruangan ini elegan berkat kontrasnya. Lantai yang gelap menambah kekayaan warna di ruangan tersebut.

Taupe sangat pas dipasangkan dengan tone hangat, seperti abu-abu, tan, coklat, kuning, pink, dan olive green. Ingin warna yang lebih berani? Kombinasikan dengan coral, mustard, teal, atau oranye.

Demikian ragam warna earth tone rekomendasi Sejasa. Salah satu (atau beberapa) warna di atas pantas untuk masuk ke proyek renovasi Anda selanjutnya. Dari sekian banyaknya tone alami di atas, mana yang paling Anda suka? Silakan kirim komentar di bawah artikel ini!

harga pengecatan dinding tembok
warna earth tone rumah

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.