diy dinding aksen

10 DIY Dinding Aksen Kreatif yang Perlu Anda Coba

Menjadikan dinding sebagai aksen ruangan bisa dilakukan secara Do-It-Yourself (DIY). Kegiatan ini mampu mengasah kreativitas pemilik rumah. Sangat cocok untuk mengisi waktu luang di akhir pekan! Apa saja aksen yang menarik untuk dicoba besok? Ini dia 10 dinding aksen kreatif yang patut Anda praktikkan di rumah. 

Berikan warna kepala tempat tidur

pengecatan dinding aksen kreatif
Paper & Stitch

Jadikan kamar tidur semakin berkarakter dengan mengecat dinding bagian kepala tempat tidur. Anda bebas memilih warna yang akan diaplikasikan. Daripada membeli kepala kasur, lebih baik mengecat tembok bagian tersebut. Jadi makin hemat!

Goresan kuas 

cat dinding aksen ide kreatif
My Style Vita

Menggoreskan kuas dengan warna cat Anda sukai akan jadi terapi yang mungkin Anda butuhkan. Wujudkan imajinasi Anda dalam bentuk garis tipis atau tebal, panjang atau pendek, vertikal, horizontal, atau miring. 

aksen dinding tembok diy
Mr Kate

Ada yang lebih simpel dari garis yaitu titik. Titik-titik ini dapat dibuat kecil atau besar sehingga terbentuk pola polkadot pada tembok. Pilih warna kesukaan Anda dan pakai kuas berukuran kecil untuk mendapatkan hasil seperti pada gambar.

Cat sebagian dinding

aksen tembok dinding Half Painted Wall
Dear Designer

Pernah berpikir tentang tembok dua warna? Meskipun terdengar aneh, hal ini menjadi tren pengecatan yang semakin banyak peminatnya. Hal ini pun menjadikan rumah Anda punya ciri khas. Dalam mengaplikasikannya, jangan terlalu terpaku dengan perbandingan 1/1. Rasio 2/3 justru dianjurkan untuk dicoba dengan fokus pengecatan pada bagian bawah. Jika ingin terlihat lebih unik, bagi dinding dengan garis diagonal agar terlihat seperti dua segitiga. 

Lukis karakter lucu

dinding cat lucu
Dusen Dusen

Buat dinding seperti kanvas yang luas di mana Anda bisa menggambar karakter atau benda yang Anda suka. Binatang, bunga, buah-buahan, atau karakter animasi yang Anda sukai sangat boleh untuk dilukiskan pada dinding. Tentu saja, ini juga cocok untuk kamar anak. Warna-warninya tidak akan membuat pemilik rumah bosan.

Color block yang tak ada matinya

tembok color block
MASQUE SPACIO

Teknik color block menjadi pilihan yang efektif untuk menambah ciri khas dinding. Dengan warna yang berani dan kontras hasilnya akan lebih mencolok, terlebih kalau dibuat dalam bentuk abstrak. Hanya butuh kuas cat, masking tape, cat, dan kreativitas, Anda dapat mengubah tampilan interior jadi lebih segar!

Dinding penuh lengkungan

DIY cat dinding aksen
Cassie Bustamante

Ciptakan suasana rumah yang berbeda dengan lengkungan ini! Tak hanya diaplikasikan dalam ruangan seperti ruang makan atau kamar tidur, garis lengkung dapat dikreasikan pada selasar rumah seperti pada gambar ini.

dinding tembok aksen diy
Banyan Bridges

Jika ingin lebih berwarna, Anda dapat menggabungkan teknik color block dan ombre. Anda pun dapat menggunakan beberapa macam warna pada satu bidang dinding.

Pancarkan focal point

dekorasi cat dinding tembok
Lacy Hoysradt

Tonjolkan titik favorit dalam ruangan dengan mengecat dinding pada bagian tersebut. Misalnya, Anda memiliki koleksi barang seni yang dipasang pada rak. Cat dinding bagian itu dengan sebuah warna. Focal point ini yang akan menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang memasuki ruangan.

Stensil tropis

tembok dinding kreatif aksen diy
Home Talk

Bawa nuansa alam tropis ke dalam rumah dengan teknik stensil. Gunakan cetakan berbentuk dedaunan, bunga, atau hewan tropis. Ingin bebas dari yang mainstream? Warnai daun dengan cat selain hijau akan menjadikannya semakin menarik. 

Wajik warna-warni

diy paint project
Anika’s DIY Life

Bangun datar wajik (atau belah ketupat, boleh saja) bertemu dengan warna-warni cerah hasilnya menggemaskan! Cocok untuk tembok aksen kamar anak. Perhatikan contoh gambar. Pemilik rumah mengaplikasikannya pada kamar yang dibagi untuk anak perempuan dan laki-laki. Sisi biru untuk anak laki-laki dan merah muda untuk perempuan. Lucu ya?

Dinding terrazzo

dinding teraso terrazzo diy
House On A Sugarhill

Teraso atau terrazzo biasanya dibuat dari bebatuan, berat, dan harganya yang relatif mahal. Namun, bukan tidak mungkin untuk memiliki dinding teraso dengan ringan (secara biaya dan bobot). Jawabannya adalah DIY pengecatan dengan pola yang sama. Kombinasikan beberapa warna dan ciptakan corak seperti terrazzo pada umumnya.

harga pengecatan dinding tembok

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.