Trik untuk Ciptakan Interior Rumah Tropis Modern

interior rumah

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia maka harus terbiasa dengan suhu rata-rata yang hangat, kelembaban tinggi, dan curah hujan yang lebat. Kebanyakan orang akan menggunakan Air Conditioner atau AC untuk mengurangi hawa panas ketika berada di rumah.

Untuk menyiasati hawa panas saat di rumah selain dengan AC, Anda dapat menerapkan konsep interior rumah ala tropis yang sejuk dan nyaman. Dengan begitu, suasana rumah akan lebih menyenangkan dan Anda akan lebih betah beraktivitas di rumah.

Apa saja trik yang bisa dilakukan untuk menciptakan interior rumah ala tropis modern? Berikut adalah informasi selengkapnya untuk Anda.

Gunakan Warna Cat yang Cerah pada Dinding

Penggunaan warna yang cerah pada dinding dapat menciptakan suasana rumah yang sejuk dan segar. Cara ini diklaim sebagai cara yang paling murah dan mudah untuk diterapkan. Warna cerah akan memberikan kesan yang lapang pada ruangan sehingga tidak terasa sumpek atau sesak.

Gunakan Tirai

Kaca merupakan bahan penghantar panas yang cukup baik dan umumnya kaca digunakan sebagai salah satu bahan jendela. Untuk itu, perlu pemakaian tirai pada jendela di ruang dalam rumah Anda. Penggunaan tirai dapat mengurangi panas, dengan membiarkan tirai tertutup pada siang hari maka sinar matahari bisa dipantulkan keluar sehingga akan menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Selain itu gunakan bahan tirai dari kain yang tidak terlalu tebal sehingga cahaya matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah.

Mengatur Sirkulasi Udara

Sistem sirkulasi udara di rumah dibuat dengan memaksimalkan bukaan. Pintu tidak hanya berfungsi sebagai akses keluar masuk rumah tapi juga bisa berfungsi sebagai jalan masuk udara ke dalam rumah. Pintu yang terbuka akan membuat aliran udara yang segar akan dengan mudah mengalir ke dalam rumah.

Selain pintu, jendela juga disarankan untuk dibuka pada pagi dan sore hari. Jika rutin menerapkan cara ini, maka sirkulasi udara akan berjalan dengan baik dan dapat mengurangi hawa panas di dalam rumah.

Tambahkan Tanaman

interior rumah

Salah satu cara yang efektif untuk membuat udara selalu segar adalah menambahkan beberapa tanaman di dalam ruangan. Anda dapat meletakkan tanaman dalam pot kecil dan ditempatkan di beberapa sudut ruangan. Selain itu, konsep tanaman gantung maupun taman vertikal juga menarik dicoba. Hal ini akan membuat Anda merasa seperti terhubung dengan alam bebas karena membawa unsur alam ke dalam rumah. Pilihlah tanaman dengan perawatan yang mudah.

Plafon yang Tinggi

interior rumah

Dengan membuat plafon rumah yang tinggi akan membuat udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk walaupun udara di luar rumah cukup panas. Selain membuat udara terasa lebih sejuk, plafon yang tinggi akan membuat ruangan terkesan luas walaupun sebenarnya ruangan itu tidak terlalu luas.

Penggunaan Elemen Kayu

interior rumah

Penggunaan elemen kayu akan membuat udara menjadi sejuk di saat panas dan membuat udara menjadi lebih hangat di saat kondisi yang dingin di luar rumah. Material kayu juga terkenal dengan kekuatannya yang mampu bertahan bertahun-tahun. Kayu cocok digunakan apabila Anda ingin membangun rumah dengan suasana natural yang sangat kental.

Pembuatan Kolam

Air akan mampu meredam suhu panas di sekitarnya dan memberikan efek yang segar dan santai. Tidak ada salahnya Anda membuat kolam di depan atau di belakang rumah apabila masih memungkinkan. Anda juga bisa membuat kolam kecil atau pancuran kecil di dalam rumah untuk meghadirkan suasana yang sejuk. Temukan inspirasi model kolam ikan untuk lahan terbatas di sini.

Itulah beberapa tips dan trik  yang bisa Anda terapkan untuk desain interior rumah ala tropis modern. Apabila Anda kesulitan untuk desain interior rumah maka bisa menggunakan jasa bantuan desain interior rumah di Sejasa. Anda akan mendapatkan beragam penawaran dari penyedia jasa yang profesional dan berpengalaman.

Anda bisa mendapatkan penyedia jasa interior designer  melalui website sejasa.com dan aplikasi Sejasa, yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store secara gratis! Pesan jasanya, dan Anda bisa berkonsultasi dengan interior designer Sejasa mengenai detail yang diinginkan serta biayanya.

interior rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.