kolam ikan

10 Model Kolam Ikan untuk Lahan Terbatas

Kolam ikan punya beberapa fungsi. Salah satunya, untuk mempercantik halaman rumah. Rumah dengan suasana indah secara langsung dapat meningkatkan nilai properti. Suara gemercik air mampu memberikan efek relaksasi sehingga dapat membantu mengurangi penat. Tak hanya itu, kolam ikan juga berfungsi sebagai media penyalur hobi memelihara ikan sang pemilik rumah.

Memiliki hunian yang kecil dengan sisa lahan yang tidak luas bukan berarti tidak bisa membuat kolam ikan. Kolam dapat dibuat di area luar atau di dalam rumah serta perlu disesuaikan dengan kondisi lahan. 

Berikut beberapa contoh model kolam ikan inspiratif khusus untuk lahan terbatas.

Desain minimalis

kolam minimalis
Sumber: homemydesign.com

Kolam ikan tidak selalu dihiasi banyak ornamen di sekitarnya. Hal ini selaras dengan tujuan menghemat lahan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk jalan setapak yang mengelilingi kolam.

Dengan bentuk sederhana dan satu sampai dua macam tumbuhan, kolam minimalis tetap memberikan kesan asri. Tambahkan pipa air mancur kecil agar memunculkan suara aliran air yang menenangkan dan memberikan efek sejuk. 

Kolam Kecil dengan Taman Vertikal

kolam taman vertikal
Sumber: elonahome.com

Kolam ikan model ini menyediakan tempat tumbuhnya tanaman secara vertikal, khususnya bagi pemilik lahan terbatas. Kolam dapat dibuat berukuran kecil dengan dinding kaca agar gerakan ikan dapat dilihat dari sisi depan. Taman vertikal bak dinding hijau serta kolam kecil akan jadi daya tarik bagi siapa saja yang berkunjung ke rumah karena adanya variasi flora dan fauna.

Kolam Menggunakan Bathub

Kolam dari bathub
Sumber: thearchitecturehome.com

Anda memiliki bathub yang sudah tidak terpakai? Sulaplah jadi kolam ikan! Anda dapat menghemat biaya pembuatan kolam karena memanfaatkan barang bekas. Hias dengan tanaman dalam pot, air terjun buatan dari ketel, lalu isi dengan ikan bewarna-warni. Voila! Lahan sempit yang kosong dan membosankan berubah jadi rumah ikan yang menawan! 

Kolam di Pojok Ruang

kolam pojok ruangan
Sumber: famedecor.com

Pojok kosong di halaman rumah bisa dijadikan tempat yang pas untuk membuat kolam. Gunakan batu bertumpuk demi menghadirkan air terjun mini. Jika tidak memungkinkan untuk dihias dengan tanaman pot, beri tanaman merambat agar semakin hijau. Bisa juga lho meletakkan ornamen bentuk binatang untuk meramaikan kolam!

Kolam Mini dari Pot

kolam dari pot
Sumber: gardeningsoul.com

Lahan sempitmu tidak memungkinkan untuk dibangun kolam? Sulap pot besar jadi rumah ikan dan tumbuhan air! Dengan menggunakan pot, harga pembuatan dan perawatan kolam jadi lebih terjangkau sebab tidak memerlukan banyak bahan. Anda dapat menambah tanaman hias layaknya bunga teratai, apu-apu, dan sebagainya. Pastikan menaruh kolam yang sudah jadi di bawah sinar matahari supaya tumbuhan dapat berfotosintesis dengan sempurna.

Kolam Ikan dari Tumpukan Bata

kolam dari tumpukan bata
Sumber: moolton.com

Tahu ngga bata sisa bahan bangunan dapat dijadikan material kolam? Caranya yaitu tumpuk setinggi wadah yang akan dibuat kolam, isi sisa tempat yang kosong dengan kerikil warna senada, lalu tambahkan tanaman bunga kecil. Anda dapat menaruh ornamen lampu hias agar suasananya terang saat malam hari.

Kolam dari Gerabah Tanah Liat

kolam dari gerabah
Sumber: gardeningsoul.com

Penampilan kolam ikan terasa unik dengan menggunakan gerabah tanah liat. Tak hanya itu, gerabah tersebut menghadirkan kesan tradisional. Tampilan kolam dipercantik dengan pot berbahan bambu yang disusun secara vertikal. Model kolam ini ramah lingkungan karena memanfaatkan material-material alami.

Kolam dan Taman Model Jepang

kolam ala jepang
Sumber: homishome.com

Negara Jepang memiliki desain khas yang dapat diterapkan di rumah, termasuk model kolam ikan. Kolam dan taman ala negara tersebut identik dengan batu serta kerikil kecil berwarna terang, vegetasi di sekeliling kolam, ornamen dari batu, pagar bambu, dan sebagainya. Inilah yang memunculkan beragam tekstur dan warna yang sedap dipandang mata. Lihat saja ilustrasi di atas yang memungkinkan Anda mempunyai kolam ikan kecil di lahan terbatas, tentunya dengan desain menarik khas Negeri Sakura. 

Kolam Menggunakan Barrel/Ember Kayu

kolam dari barrel
Sumber: heystyles.com

Barrel atau ember kayu dapat diubah menjadi kolam kecil yang simpel. Anda tetap dapat memelihara ikan hias muda di dalamnya. Kolam dapat diperindah dengan tanaman apung kecil untuk menambah tampilan alami. Buat air terjun kecil dengan pipa berbahan kayu untuk menghidupkan suasana.

Kolam dengan Air Mancur Alami

kolam air terjun alami
Sumber: icaccajamarca.org

Model ini terdiri dari tumpukan batu pipih yang disusun menjadi bentuk kolam sekaligus pancuran air. Karena ukurannya tidak terlalu besar, kolam ikan tersebut dapat dibuat di halaman depan atau belakang rumah. Beri efek segar dan berwarna dengan menanam rerumputan di sekitar bebatuan.

Dari berbagai model kolam ikan di atas, mana yang menarik buat Anda? Jika Anda memiliki kolam ikan di rumah, silakan share di kolom komentar juga yaa!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.