5 Desain Unik nan Kreatif untuk Kamar Kost!

Kamar kost identik dengan ukurannya yang kecil sehingga tidak bisa didekorasi sesuka hati. Itu anggapan kuno! Meskipun sifatnya sementara, Anda tetap bisa menuangkan kreativitas dalam menata kamar. Beberapa tips di bawah ini adalah contoh interior design yang dapat diterapkan agar hunian kecil Anda menjadi nyaman dan menarik walau tempat terbatas.

Gaya Minimalis yang Selalu Laris

desain minimalis
(Sumber: https://www.lushome.com/)

Pada dasarnya, minimalisme berarti menerapkan kesederhanaan dan fungsi namun tidak melupakan keindahan. Kamar minimalis dapat diciptakan dengan pemilihan barang-barang yang mendasar sesuai kebutuhan, tanpa berbagai ornamen yang membuat ruangan ‘sesak’.

Hal ini dapat diwujudkan dengan storage yang dapat menghemat ruangan dan tembok dengan warna yang netral, misalnya putih. Manfaatkan lemari, laci, dan rak agar tidak terbengkalai di atas meja atau berserakan di lantai. Kunci lainnya yaitu tambahkan bahan yang mempunyai tekstur dan pola unik, seperti selimut, supaya menambah aksen dan tidak menjemukan. Dengan demikian, kamar kost menjadi tempat istirahat yang rapi sekaligus fungsional.

Bohemian “Boho” Style bagi yang Berjiwa Bebas

desain boho
(Sumber: https://terinfo.co/ | https://somedecor.com/)

Kamar dengan desain bohemian kian marak diaplikasikan ke hunian modern. Berbeda dengan konsep minimalis, gaya ini justru memiliki prinsip “more is more”. Kuncinya adalah memanfaatkan berbagai ornamen yang berwarna-warni, bentuk dan fungsi yang beragam, serta barang-barang disukai. Anda tetap bisa meniru ide tersebut dengan menyesuaikan kondisi kamar. Interior model seperti ini biasanya menggunakan ornamen seperti keranjang kayu, hiasan dinding berupa macramé, karpet tenunan tangan, selimut dengan warna hangat, dan tanaman indoor. Unsur alam seperti kayu dan tanaman membuat suasana kamar menjadi lebih hidup. Jangan lupa untuk menambahkan aksesori artistik yang Anda dapat sebagai buah tangan untuk dipajang atau digantung pada dinding. Bagi Anda yang berminat dengan gaya boho, jangan sungkan untuk memamerkan kebolehan Anda dalam mendekorasi kamar, ya! Mengungkap ekspresi dan jiwa bebas merupakan yang utama dalam desain interior ini.

Hitam Putih yang Tiada Matinya

desain black and white
(Sumber: https://www.turbulences-deco.fr/ | http://www.isabellestyle.com/)

Kombinasi warna hitam dan putih belum tentu membosankan. Justru pilihan model kamar seperti ini sifatnya yang tidak lekang oleh waktu sekaligus akan memunculkan kesan simpel nan elegan. Apabila warna tembok kamar kost Anda berwarna putih, warna gelap dapat diaplikasikan pada propertinya. Jika warna hitam dan putih terlihat sedikit kaku, tambahkan detail unsur warna abu-abu agar terlihat lebih lembut.

Anda pun dapat bermain dengan pola misalnya pada karpet, sarung bantal, dan pajangan dinding. Dengan palet warna yang terbatas, Anda tetap dapat memiliki kamar kost dengan desain apik dan menarik. Warna monokrom tidak lagi menjemukan!

Model Scandinavian yang Bawa Kenyamanan

desain scandinavia
(Sumber: https://www.tiliaandme.com/)

Desain untuk kamar kost satu ini terinspirasi dari model Scandinavia yang banyak ditemukan di beberapa negara Eropa seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia. Model ini sangat mengutamakan kesederhanaan dan fungsi pada setiap dekorasinya layaknya desain minimalis.

Prinsip dari gaya Scandinavia adalah pencahayaan yang maksimal, warna cenderung netral, selimut rajut, serta mebel. Warna netral yang kerap digunakan untuk memunculkan kesan simpel dan nyaman yaitu putih, abu-abu, dan krem. Akan tetapi, desain gaya ini tidak semata-mata hanya menyatukan warna kalem. Apabila Anda menyukai warna yang terang dan berani, Anda dapat mengaplikasikannya untuk menambah aksen dan mempercantik kamar kost.

Desain Tropis; Datangkan Suasana Outdoor ke Dalam Kamar

desain tropis
(Sumber: http://www.erikacarlock.com/ | https://www.hunker.com/)

Jika Anda ingin merasakan istirahat di kamar dengan suasana outdoor yang hijau, Anda bisa menata kamar kost dengan gaya tropis!

Ada beberapa unsur yang mampu Anda mainkan demi memaksimalkan konsep ini. Ragam unsur tersebut di antaranya, furnitur dari kayu rotan dan bambu, pernak-pernik bertema serupa, tanaman hias, kombinasi dengan warna terang nan lembut, dan lain-lain. Pernak-pernik penghias ruangan yang dapat digunakan misalnya pajangan berbentuk burung, sarung bantal dan selimut nuansa hijau, ilustrasi maupun permadani dengan cetakan gambar dedaunan. Pohon palem kecil atau monstera tidak luput dari perhatian demi membawa suasana jadi lebih segar. Warna soft pink pun cocok bila dipadukan dengan warna hijau. Mengetahui kondisi kamar kost yang mayoritas tidak bisa dipasang wallpaper, kain bermotif menjadi solusi untuk memperindah tembok yang polos.

Nah, dari beberapa contoh di atas, desain mana yang menarik dan cocok bagi Anda? Beri tahu kami pada kolom komentar di bawah ini, ya!

5/5 (1)

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.