kondensasi ac

AC Bocor di Musim Hujan? Mungkin Karena Kondensasi!

Air conditioner menjadi salah satu barang wajib yang harus ada di rumah, apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis ini. Kebutuhan akan AC, mengharuskan si pemilik merawat AC dengan sedemikian rupa. Apalagi ketika musim penghujan tiba, kebocoran AC paling banyak disebabkan oleh kondensasi. Yuk simak penyebab dan bagaimana cara mengatasinya!

Perubahan Suhu Pada Pipa AC

Memasuki musim penghujan gini nih, biasanya membuat sistem pada pipa AC mengalami perubahan suhu secara signifikan. Nah, perubahan itu yang menyebabkan terjadinya pengembunan atau lebih dikenal dengan kondensasi. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam sistem pipa dengan suhu di sekitar luar pipa.  Suhu kelembaban yang tinggi saat musim hujan, sangat berpengaruh pada terjadinya kondensasi loh. Walaupun begitu, ada solusi yang bisa Anda terapkan jika terjadi kondensasi pada AC kesayangan kamu!

Solusi: Untuk mengontrol kondensasi pada pipa AC bisa dengan mengganti armaflex. Armaflex merupakan isolasi pipa AC yang berfungsi untuk mengontrol kondensasi dan sebagai proteksi suhu bagi pipa AC. Pada saat pemasangan armaflex, hindari adanya celah pipa dengan armaflex dan sebaiknya dilapisi dengan duct tape yang kuat.

Pesan Jasa Service AC >>

 

Refrigerant overcharge

Pada musim hujan, refrigerant sering mengalami trouble karena refrigerant tidak mencair dan menyebabkan terjadinya refrigerant overcharge. Refrigerant pada sistem pendingin AC merupakan cairan yang mengalir di dalam sistem AC yang berfungsi untuk menyerap udara panas pada ruangan, sehingga suhu di dalam ruangan tersebut menjadi bersuhu rendah atau dingin. Akibat dari refrigerant overcharge akan menyebabkan tetes embun pada katup layanan dan akan menetes ke bawah. Kelebihan dari refrigerant itu akan menempati ruang kondensor, sehingga refrigerant menjadi overcharge dan terjadilah kondensasi.

Solusi: Untuk mengatasi refrigerant overcharge dapat dilakukan dengan mengisi freon sesuai dengan standar tekanan yang dibutuhkan dan pemeriksaan refrigerant secara rutin.

Pesan Jasa Service AC >>

 

Nah, itu dia penyebab dan solusi kondensasi AC! Kalau AC kamu bocor di musim hujan, jangan pikir ada kebocoran pipa dulu, kemungkinan karena kondensasi ini! Biarkan teknisi kami memeriksa terlebih dahulu. Harga service kondensasi tidak tertera pada daftar harga service AC kami, namun kurang lebih dapat memakan biaya Rp 150.000.

Sekian artikel kami! Semoga berguna. 🙂

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.