kondensasi ac

AC Bocor di Musim Hujan? Mungkin Karena Kondensasi!

Kebutuhan penggunaan AC mengharuskan si pemilik harus dapat merawat AC dengan sedemikian rupa. Apalagi ketika musim penghujan tiba, kebocoran AC paling banyak disebabkan oleh kondensasi. Lantas, apa itu kondensasi pada AC, penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Kondensasi Pada AC?

Kondensasi atau pengembunan adalah proses ketika udara berubah menjadi air atau es. Jika kondensasi terjadi pada unit AC rumah, maka ini bukanlah hal yang normal, sehingga unit AC tidak bisa bekerja dengan maksimal.

AC yang mengalami kondensasi juga mungkin menyebabkan kerusakan pada bagian atau komponen AC lainnya. Hal ini membuat AC tidak dapat mendinginkan ruangan secara maksimal.

Penyebab AC Mengalami Kondensasi

Berikut adalah 2 penyebab unit AC dapat mengalami kondensasi.

Perubahan Suhu Pada Pipa AC

Saat memasuki musim penghujan, akan membuat sistem pada pipa AC mengalami perubahan suhu secara signifikan. Perubahan inilah yang menyebabkan terjadinya kondensasi pada AC. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam sistem pipa dengan suhu di sekitar luar pipa. 

Suhu kelembaban yang tinggi saat musim hujan sangat berpengaruh pada terjadinya kondensasi. Walaupun begitu, ada solusi yang bisa Anda terapkan jika terjadi kondensasi pada AC!

Untuk solusinya, Anda dapat mengontrol kondensasi pada pipa AC dengan mengganti armaflex. Armaflex merupakan isolasi pipa AC yang berfungsi untuk mengontrol kondensasi dan sebagai proteksi suhu bagi pipa AC. Pada saat pemasangan armaflex, hindari adanya celah pipa dengan armaflex dan sebaiknya dilapisi dengan duct tape yang kuat.

Pesan Jasa Service AC >>

 

Refrigerant Overcharge

Pada musim hujan, refrigerant sering mengalami trouble karena refrigerant tidak mencair dan menyebabkan terjadinya refrigerant overcharge. Refrigerant pada sistem pendingin AC merupakan cairan yang mengalir di dalam sistem AC yang berfungsi untuk menyerap udara panas pada ruangan,. Ini dapat membuat suhu di dalam ruangan menjadi bersuhu rendah atau dingin.

Akibat dari refrigerant overcharge akan menyebabkan tetes embun pada katup layanan dan akan menetes ke bawah. Kelebihan dari refrigerant itu akan menempati ruang kondensor, sehingga refrigerant menjadi overcharge dan terjadilah kondensasi.

Sebagai solusi untuk mengatasi refrigerant overcharge, dapat dilakukan dengan mengisi freon sesuai dengan standar tekanan yang dibutuhkan dan pemeriksaan refrigerant secara rutin.

Pesan Jasa Service AC >>

 

Kalau AC Anda bocor di musim hujan, jangan pikir ada kebocoran pipa dulu, karena kemungkinan penyebabnya adalah kondensasi.  Segera panggil teknisi Sejasa untuk memeriksa terlebih dahulu. Harga service kondensasi tidak tertera pada daftar harga service AC Sejasa, namun biasanya kurang lebih dapat memakan biaya sekitar Rp 150.000.

Temukan teknisi profesional pada platform Sejasa untuk membantu segala permasalahan pada unit AC. Unduh aplikasi Sejasa atau kunjungi website sejasa.com, dan rasakan mudahnya mendapatkan penyedia jasa berkualitas.

jasa service AC Sejasa dapat membantu permasalahan kondensasi pada AC

Share This Article!