furniture kayu jati

4 Alasan Kayu Jati Sebagai Furniture Outdoor Terbaik

Kayu jati adalah jenis kayu keras yang paling kuat dan tahan lama. Hal itu menjadikan kayu jati sebagai bahan yang sempurna untuk furniture outdoor alias luar ruangan.

Selain memiliki tampilan yang menarik, kayu jati juga mengandung minyak alami yang membuatnya tahan air dan terlihat berkilau. Berbagai furniture berbahan kayu jati saat ini bisa Anda gunakan sebagai kursi tamu ataupun kursi santai untuk di teras rumah.

furniture kayu jati
shutterstock

Berikut adalah 4 alasan kayu jati adalah perabotan luar ruangan terbaik.

1. Kayu Jati Tahan Cuaca

Kayu jati mampu menahan semua jenis cuaca. Dengan kandungan minyak alami pada kayu jati, membuat bahan kayu yang satu ini bisa menolak air, menjaganya agar tidak melengkung, retak, atau bahkan rapuh.

Perabotan luar ruangan berbahan kayu jati akan tahan terhadap efek keras dari hujan deras dan terik matahari. Jika kayu jati terlihat kering, lapisan minyaknya akan membuat kayu lebih bersinar.

2. Kayu Jati Awet dan Tahan lama

Kandungan resin dan minyak pada kayu jati mampu melindunginya dari berbagai cuaca dan menolak serangga seperti rayap. Dengan begitu, pemilihan furniture luar ruangan berbahan kayu jati membuat Anda merasa lebih aman. Anda tak perlu khawatir dengan hama atau rayap yang merusak furniture tersebut.

Kayu jati punya umur terpanjang diantara jenis kayu lainnya, sehingga tidak pecah atau retak seiring waktu seperti kayu lain. Dengan kekuatan tersebut, kayu jati sulit dipatahkan. Jika memiliki furniture jati, maka ini kan bertahan lebih lama dari yang Anda bayangkan.

3. Kayu Jati Mudah Dirawat

Dalam hal perawatan, furniture berbahan jati tidak membutuhkan cat atau pernis. Anda cukup rajin membersihkannya dengan lap agar tetap bersih, tidak berdebu, dan terhindar dari noda.

4. Tampilan Kayu Jati Sangat Indah

Salah satu poin penting kayu jati ialah keindahannya. Kayu jati terlihat sangat cantik dengan warnanya dan serat kayunya yang sangat menarik.

Furniture kayu jati luar ruangan dapat dibiarkan menjadi elemen dan menjadi warna abu-abu perak yang elegan. Sementara untuk kayu jati yang digunakan untuk keperluan dalam ruangan bisa sering diminyaki untuk mempertahankan warna coklat emasnya yang hangat. 

furnitur kayu jati
shutterstock

Tips Merawat Furniture Kayu Jati

Seiring berjalannya waktu, mungkin furniture jati Anda akan kotor. Maka dari itu Anda perlu membersihkannya satu bulan sekali menggunakan sikat dengan bulu lembut dan sabun. Untuk noda yang membandel, gunakan produk pembersih khusus untuk kayu jati.

Perabotan kayu jati yang dirawat dengan baik dan benar akan menambah keindahannya. Untuk memelihara dan juga merawat furniture berbahan kayu jati, berikut ini ada tips untuk Anda.

furniture kayu jatishutterstock

Hindari dari air
Agar perabotan kayu jati tahan lama, hindari furniture kesayangan Anda dari air. Jika terkena air, maka akan merusak warna kayu jati.

Bersihkan secara rutin
Pembersihan perabotan berbahan kayu jati adalah hal yang sangat penting. Anda bisa membersihkan furniture dari noda dan kotoran dengan pembersih khusus untuk kayu jati. Gunakan kain bersih untuk membersihkannya dari noda.

Bersihkan ukiran atau sela-sela kayu
Hal yang mungkin agak sulit dan membutuhkan waktu ialah membersihkan ukiran furniture kayu jati dan sela-selanya. Anda dapat membersihkannya menggunakan kuas kecil dan halus agar debu serta kotoran pada area tersebut bisa terangkat.

Poles dengan minyak khusus
Supaya furniture kesayangan Anda lebih awet dan terlihat mengkilap, poles dengan minyak khusus kayu jati. Dengan begitu, akan terlihat cantik dan seperti baru.

Perlakukan dengan baik
Furniture akan tahan lama jika diperlakukan dengan baik. Jika Anda ingin memindahkannya ke ruangan lain, pindahkan dengan hati-hati dan hindari adanya goresan dengan benda lain.

Merawat furniture agar tetap terawat memang tidak mudah. Tapi jika Anda mempraktekkan beberapa tips di atas, mungkin furniture kesayangan Anda akan terlihat lebih baik seiring berjalannya waktu.

Jika butuh perbaikan dan perawatan pada area rumah, Anda bisa pesan jasa pertukangan Sejasa. Kami memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan dalam hal pertukangan. Lakukan pemesanan dengan mudah dan praktis hanya di Sejasa.com atau melalui mobile App Sejasa.

furniture kayu jati

 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *