konsep rumah hijau

Rumah Hijau, Konsep Hunian Bermanfaat Bagi Kesehatan

Konsep rumah hijau atau green living pada dasarnya merupakan konsep hunian yang menekankan penghematan energi pada rumah dan perbaikan kualitas hidup penghuninya. Konsep hunian ini memanfaatkan pengudaraan dan pencahayaan alami untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan pendingin ruangan.

Bagaimana Penerapan Konsep Rumah Hijau?

Penerapan konsep rumah hijau dalam hunian bisa dimulai dari penghematan energi, pemilihan bahan bagunan, serta memperbanyak spot tanaman di area rumah.

Pemilihan material bangunan

pinterest

Demi menciptakan hunian rumah hijau yang ramah lingkungan, Anda harus memperhatikan material dinding, lantai, serta ornamen lain.

Salah satu ide yang bisa diterapkan ialah perpaduan material alami seperti kayu, bambu, atau batu bata dengan desain modern atau minimalis. Tak kalah penting lagi, hindari penggunaan material plastik.

Perhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan alami

konsep rumah hijau
home-designing

Sirkulasi udara yang baik akan terwujud dengan adanya bukaan jendela dan ventilasi yang maksimal. Untuk itu, perhitungkan dengan baik jumlah jendela rumah yang dibuat agar mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

Jika Anda tidak senang dengan banyaknya jumlah jendela, manfaatkan bukaan yang cukup besar yang bisa terhubung dengan taman atau area terbuka.

Perbanyak tanaman

konsep rumah hijau
shutterstock

Memperbanyak tanaman hias di rumah dapat menciptakan suasana rumah yang lebih sejuk dan sehat. Tidak tanya di luar rumah alias taman, tapi juga di dalam area rumah seperti di ruang keluarga atau ruang tamu.

Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan atau area tertentu pada rumah sesuai keinginan. Selain lebih asri dan ramah lingkungan, keberadaan tanaman akan memberikan suplai oksigen yang cukup untuk penghuninya.

Penerapan daur ulang

Recycle atau daur ulang populer untuk konsep hunian rumah hijau. Anda bisa memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk alami untuk tanaman.

Anda juga dapat memisahkan sampah organik dan anorganik, sehingga proses daur ulang lebih mudah dilakukan. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi lingkungan dan mengurangi penumpukan sampah.

Manfaat Rumah Hijau Bagi Kesehatan

Joseph Allen, seorang peneliti kesehatan masyarakat Universitas Harvard menyebutkan bahwa adanya hunian berkonsep green living dikategorikan sebagai bangunan sehat yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi penghuninya.

konsep rumah hijau
shutterstock

Adanya kualitas udara yang baik

Rumah hijau memiliki bukaan yang optimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Dengan begitu, bisa mencegah alergi dan kanker paru-paru.

Jika rumah tidak memiliki bukaan yang cukup, maka udara beracun akan terperangkap di dalam rumah sehingga berakibat fatal bagi kesehatan penghuninya. Penerapan konsep green living juga mendorong adanya ventilasi kamar dan jendela yang maksimal.

Kelembaban dan suhu optimal

Tingkat kelembaban dan suhu optimal pada hunian green living dapat meningkatkan fokus seseorang. Hal ini juga bisa mengurangi resiko wabah demam berdarah.

Penelitian menyebutkan bahwa dengan adanya tingkat kelembaban dan suhu optimal pada rumah hijau mampu meningkatkan fokus seseorang sekitar 5%. Jika suatu ruangan memiliki kelembaban dan temperatur yang tinggi, maka bisa menghambat konsentrasi dan seseorang cenderung mudah lelah.

Cahaya alami memicu produktivitas

konsep rumah hijau
shutterstock

Adanya cahaya alami dari sinar matahari dapat merangsang daya pikir seseorang, sehingga merasa lebih optimis dan bahagia saat di rumah. Pemanfaatan sinar matahari tentunya juga bisa menghemat energi serta terciptanya suasana yang kondusif.

Tanaman hias mampu mengatasi stres

Keberadaan tanaman hias di dalam rumah mampu membantu penyembuhan penyakit kesehatan mental secara signifikan. Penghuni rumah akan merasa lebih tenang dan suasana hati menjadi rileks.

Dengan memasukkan unsur alam seperti tanaman ke dalam rumah, ruangan akan terasa lebih sejuk dan kita sebagai manusia benar-benar hidup berdampingan dengan tanaman.

Itu dia ulasan mengenai konsep green living yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk Anda dalam membangun rumah atau renovasi rumah. Penerapan konsep ini tentunya menjadi suatu pembaruan yang akan berdampak positif untuk lingkungan. Sebagai penghuni rumah, Anda akan merasa lebih nyaman dan merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Sejasa siap membantu mewujudkan keinginan Anda dalam membangun hunian impian atau melakukan renovasi rumah. Jika Anda berminat melakukan pemesanan, lakukan transaksi dengan SejasaPay via Kredivo. Dapatkan bunga 0% untuk pembayaran dalam 30 hari.

 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *