Tren Lantai Vinyl, Gunakan Jasa Pemasangan Lantai Vinyl untuk Hasil Maksimal

jasa pemasangan lantai vinyl

Penggunaan lantai kayu kian populer akhir-akhir ini. Pada umumnya masyarakat lebih familiar dengan lantai jenis keramik, akan tetapi sekarang ini lantai keramik sudah mulai banyak ditinggalkan dan beralih ke lantai kayu. Lantai kayu sendiri banyak macamnya, namun yang paling populer sekarang adalah lantai vinyl kayu. Tidak heran apabila sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa pemasangan lantai vinyl.

Lantai vinyl kayu menawarkan berbagai tampilan alami khas kayu. Namun, lantai vinyl sendiri tidak dibuat dari kayu melainkan dari polyvinyl Chloride (PVC), sehingga membuat teksturnya lebih halus dan elastis. Ada 4 jenis lantai vinyl yang bisa Anda pilih yang mana masing-masing jenis memiliki bentuk yang berbeda dengan maksud dan tujuan yang berbeda pula. Berikut penjelasan selengkapnya beserta kelebihan dan kekurangannya.

Lantai Vinyl Plank

jasa pemasangan lantai vinyl

Jenis vinyl ini paling laku di pasaran dibandingkan dengan jenis vinyl yang lainnya. Bentuknya mirip panel kayu asli, harganya yang cukup terjangkau serta pemasangannya yang cukup mudah membuat jenis ini banyak digemari oleh para penyuka desain interior. Vinyl plank terbuat dari bahan polikarbonat dan terdiri dari dua jenis, yakni embossed dan non embossed. Embossed memiliki permukaan yang kesat dan anti slip, sedangkan yang non embossed memiliki permukaan yang lebih halus dan mudah dibersihkan.

Lantai Vinyl Tile

jasa pemasangan lantai vinyl

Lantai vinyl jenis tile memiliki bentuk persegi layaknya ukuran keramik. Vinyl tile dapat disusun secara mozaik sehingga menghasilkan pola yang unik. Bentuknya yang kotak membuat vinyl jenis ini  sangat cocok  dijadikan pengganti keramik, pemasangannya juga cukup mudah.

Lantai Vinyl Roll

jasa pemasangan lantai vinyl

Bukan hanya karpet saja yang berbentuk gulungan, vinyl roll juga memiliki bentuk yang sama. Biasanya vinyl jenis ini berukuran 2x25m. meski terlihat mudah dalam pemasangan, namun pada kenyataannya justru yang paling sulit untuk dipasang. Jika Anda salah dalam pemotongan, maka hasilnya tidak akan sempurna.

Lantai Vinyl Click

Secara teknis vinyl jenis ini paling mudah untuk dipasang. Dalam pemasangannya, vinyl click tidak membutuhkan lem atau perekat yang lain karena hanya mengandalkan pengunci khusus yang ada dalam setiap lembarnya. Dengan ketebalan 5 mm, vinyl jenis ini paling rapi bila dibandingkan dengan vinyl jenis yang lain.

Kelebihan Lantai Vinyl

Harga Terjangkau

Apabila Anda menggunakan jenis lantai parket yang terbuat dari bahan kayu solid tentunya harganya akan cukup mahal. Dengan menggunakan bahan vinyl harga lebih terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah dari jenis lantai parket.

Tampilan Variasi

Jika lantai parket cenderung menampilkan motif asli kayu yang membuatnya terlihat monoton, lantai vinyl justru menawarkan tampilan motif kayu buatan yang lebih variatif. Selain itu juga tersedia dalam motif selain kayu.

Tahan Lama dan Mudah Dibersihkan

Lantai vinyl tidak berbahan kayu sehingga bebas dari serangan rayap, jadi bisa digunakan dalam waktu yang sukup lama. Bahkan dengan perawatan yang baik dapat bertahan sampai puluhan tahun. Selain itu lantai vinyl juga sangat mudah dibersihkan apabila terkena kotoran.

Kekurangan Lantai Vinyl

Tidak Bisa Digunakan di Luar Ruangan

Material yang digunakan untuk di luar ruangan harus yang tahan panas dan hujan. Sedangkan vinyl apabila sering terpapar panas dan terkena air hujan dalam waktu yang cukup lama, warnanya akan memudar.

Mudah sobek

Bahan vinyl cenderung mudah sobek saat tergores. Oleh karena itu, hindari untuk memindahkan perabot rumah dengan cara menggeser karena vinyl akan rentan untuk sobek. Jika sobek, maka akan sangat merusak tampilannya dan mengurangi estetika ruangan di rumah Anda.

Itulah ulasan mengenai bahan vinyl yang sekarang banyak digunakan untuk bahan lantai. Bagi Anda yang ingin membangun atau renovasi rumah dan ingin menggunakan bahan vinyl sebagai lantai hunian Anda, untuk hasil yang maksimal gunakan jasa pemasangan lantai vinyl profesional yang bisa Anda temukan di marketplace sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Unduh sekarang di Play Store atau App Store, gratis!

jasa pemasangan lantai

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.