Dana Terbatas, Tapi Ingin Renovasi Rumah Tingkat? Ikuti Tips Ini

renovasi rumah tingkat

Saat ini ketersediaan lahan untuk perumahan semakin sempit dan harganya pun sudah cukup mahal. Apabila menginginkan tambahan ruang yang lebih luas atau ukuran rumah yang lebih besar, biasanya pemilik rumah akan melakukan renovasi rumah tingkat menjadi 2 lantai dari pada harus menambah luas lahan. Hal ini dilakukan dengan memperhitungkan biaya yang semakin besar apabila harus membeli tanah tambahan.

Renovasi rumah tingkat tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, dengan perencanaan yang tepat, Anda bisa dilakukan dengan baik dan hasilnya pun akan maksimal. Jika dana Anda terbatas tapi ingin renovasi rumah tingkat, tim Sejasa telah merangkum beberapa tips jitu yang dapat diterapkan.

Penyesuaian Anggaran

Lakukan perhitungan rencana anggaran belanja yang matang sebelum melakukan renovasi rumah tingkat. Hitung dengan cermat segala biaya yang dibutuhkan agar bisa disesuaikan dengan anggaran yang Anda persiapkan. Jika anggaran mencukupi, maka renovasi bisa dilanjutkan. Namun, apabila dirasa kurang Anda dapat menambah ruang sesuai kebutuhan saja.

Manfaatkan Struktur Rumah yang Lama

renovasi rumah tingkat

Agar biaya dapat ditekan, Anda tidak perlu membongkar bangunan secara keseluruhan karena Anda bisa memanfaatkan struktur bangunan yang lama. Jika Anda hanya ingin menambah ruang yang baru, Anda hanya perlu membongkar bagian yang diperlukan saja. Agar menghemat biaya renovasi rumah Anda.

Cek Kekuatan Konstruksi Bangunan

renovasi rumah tingkat

Salah satu hal yang harus diperhatikan apabila renovasi rumah tingkat adalah kekuatan konstruksi yang meliputi pondasi, sloof, kolom dan balok. Selain itu juga perhatikan kondisi tanahnya, apabila tanahnya labil maka perlu penambahan pondasi di luar pondasi yang lama. Idealnya adalah mengikuti sepanjang pondasi yang lama. Tapi untuk menekan biaya, bisa juga hanya pada titik tertentu yang memang membutuhkan kekuatan tambahan.

Gunakan Jasa Arsitek atau Desainer Bangunan

Dengan menggunakan jasa arsitek atau desainer bangunan, akan sangat mempermudah Anda dalam menentukan desain. Mereka akan menata denah ruangan untuk mendapatkan kenyamanan, merancang tata letak bangunan secara efisien, dan memilih material bangunan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari bongkar pasang yang tidak perlu, yang tentunya akan menambah biaya lagi.

Harga Material

Lakukan perbandingan harga material dari toko bangunan yang satu dengan yang lain, sehingga Anda memperoleh harga yang lebih murah. Apalagi sekarang sudah banyak toko bangunan yang berjualan dengan sistem online yang terkadang memberikan diskon pada bahan bangunan yang dijual. Cari tahu lebih banyak dan detail mengenai hal ini agar Anda bisa mendapatkan material terbaik dengan harga yang terjangkau.

Cari Tukang Bangunan yang Berpengalaman

Anda perlu mencari jasa tukang yang menawarkan tarif lebih murah, akan tetapi Anda tetap harus memperhatikan kemampuannya. Anda bisa mencari informasi dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa tukang bangunan, sehingga bisa mendapat informasi yang lebih jelas.

Saat ini, Anda pun bisa juga mencari jasa tukang profesional di internet dan aplikasi, dengan sistem pemesanan yang praktis, mudah, dan aman. Tidak hanya tukang, ada beragam penawaran jasa lainnya seperti jasa kontraktor bangunan dan renovasi rumah.

Itulah beberapa tips renovasi rumah tingkat yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Dengan perhitungan yang cermat, tentunya Anda bisa melakukan rencana renovasi hunian Anda dengan maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat!

Renovasi Rumah Tingkat Bersama Sejasa

Melakukan renovasi rumah akan menambah kenyamanan kepada seluruh anggota keluarga. Untuk Anda yang mempunyai rencana renovasi rumah tingkat, Anda bisa menemukan layanan jasa renovasi rumah tingkat di Sejasa. Vendor Sejasa akan memberikan solusi terbaik untuk proyek rumah Anda.

Segera kunjungi sejasa.com atau download aplikasi Sejasa sekarang, gratis! Nikmati mudahnya mendapatkan jasa renovasi rumah dalam genggaman.

renovasi rumah tingkat
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.