Perhatikan 11 Hal Ini Sebelum Membongkar Dinding Rumah

Desain open-space dapat membuat hunian Anda menjadi terkesan lebih luas dan lebih ‘bernafas’. Jika ingin memiliki ruang terbuka di tempat tinggal, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah membongkar dinding rumah. Namun, pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sembarangan! Berikut pertimbangannya.

Meskipun biayanya lebih murah dibandingkan membuat ekstensi rumah, membongkar dinding bukanlah hal sepele yang mudah dikerjakan. Kegiatan ini membutuhkan persiapan khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk itu, Sejasa telah merangkum beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membongkar dinding rumah Anda. Check it out!

Bagian Dinding yang Biasa Dibongkar

Dinding yang biasa dibongkar adalah yang terletak di antara ruang tengah, dapur, dan ruang makan. Dengan meniadakan bagian ini, rumah akan terasa lapang secara otomatis.

Konsep ini cocok bagi yang suka mengundang teman atau anggota keluarga lain untuk berkunjung ke rumah.

Tujuan Membongkar Dinding

membongkar bongkar dinding tembok rumah
Carina Romano

First things first, ketahui dengan jelas tujuan Anda membongkar dinding rumah. Apakah Anda ingin memperluas rumah? Apakah Anda ingin membuat ruangan baru? Jenis ruangan apa yang Anda inginkan?

Tujuan pembongkaran dinding ini akan menentukan eksekusi perencanaan lebih jauh: dinding mana yang akan dibongkar, berapa biaya yang dibutuhkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan sebagainya. Sangat penting, bukan?

Izin Perencanaan

membongkar bongkar dinding tembok rumah
Evolution Energy

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2010, jika ingin membongkar dinding rumah Anda, menambah ruangan atau membuat tambahan bangunan di atas atau samping rumah, Anda perlu mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

IMB adalah surat persetujuan dan perizinan yang dikeluarkan oleh kepala daerah (walikota atau bupati). Jika Anda menghuni apartemen dan ingin merenovasinya, Anda perlu melaporkan dan meminta izin pada manajemen pengelola properti. Masing-masing apartemen memiliki ketentuan dan peraturannya masing-masing dalam hal renovasi.

Untuk mengetahui cara mengurus IMB pada bangunan lama, renovasi, dan yang sempat hilang klik di sini.

Jenis Dinding yang Akan Dibongkar

Knock down interior walls membongkar bongkar dinding tembok rumah
Home-Dzine

Salah satu hal terpenting yaitu mengetahui jenis dinding yang akan Anda bongkar karena dinding ini menentukan tingkat kesulitan dan risiko kerja! Terdapat 3 jenis dinding rumah, yaitu: retaining wall, bearing wall, dan partition wall.

Dinding penahan/retaining adalah dinding yang dibangun untuk menahan massa tanah di atas struktur atau bangunan yang dibuat.

Bearing wall adalah dinding yang berfungsi untuk menopang elemen lain dari rumah seperti balok lantai, plafon dan juga atap rumah.

Sementara dinding partisi/partition wall adalah dinding yang digunakan untuk menyekat ruangan dengan konstruksi yang ringan dan praktis.

Jika dinding yang ingin dibongkar adalah bearing wall, maka Anda akan memerlukan material reinforced steel joist (RSJ). Tujuannya untuk menggantikan dinding yang dibongkar. Pekerjaan membongkar bearing wall juga lebih kompleks dibandingkan dinding lainnya.

Jika Anda hanya akan membongkar dinding partisi, Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah tanpa perlu adanya pengganti fungsi dinding tersebut.

jasa bangun rumah minimalis

Bantuan dari Profesional

Architects look to change employment standards
CBC

Sedikit banyak Anda pastinya akan membutuhkan bantuan dari arsitek dalam urusan membongkar dinding ini! Arsitek dapat membantu Anda mengenali jenis dinding yang akan Anda bongkar.

Jika Anda secara positif akan membongkar bearing wall, Anda sebaiknya bekerja sama dengan arsitek yang akan membuat kalkulasi material yang dibutuhkan dan membuat sketsa dari renovasi yang akan Anda lakukan.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan arsitek untuk mendapatkan penyedia jasa renovasi rumah terpercaya dalam membantu pengerjaan proyek Anda.

Tanpa arsitek dan pihak kontraktor, pembongkaran dinding rumah Anda akan lebih berisiko dan bisa berakibat fatal pada keseluruhan bangunan!

Masa Pengerjaan

membongkar bongkar dinding tembok rumah
Victorian Tourism Awards

Proses pembongkaran dinding dan pemasangan besi pengganti sebenarnya tidak memakan waktu yang lama, apalagi jika Anda memutuskan untuk melibatkan para profesional. Proses ini dapat selesai dalam waktu beberapa minggu, tergantung kompleksitas renovasi.

Beberapa faktor dapat memperlambat penyelesaian pembongkaran dinding, seperti pemindahan pipa air dan pemindahan jalur listrik yang terdapat di dalam dinding yang Anda bongkar.

Biaya Pengerjaan

membongkar bongkar dinding tembok rumah
Mercury News

Biaya pembongkaran dinding sangat bervariasi tergantung pada beban pada dinding, material pengganti dinding, biaya relokasi pipa dan jalur listrik, serta upah arsitek dan juga kontraktor.

Semakin luas dan besar dinding yang akan Anda bongkar, semakin banyak pekerja yang Anda butuhkan dan semakin banyak material pengganti yang harus Anda beli. 

Jangan lupa, Anda juga perlu menyisihkan dana untuk dekorasi ketika renovasi rumah sudah selesai!

Tambahan Nilai pada Rumah

increase home value
365 Business | Business Tips & Advice

Pembuatan open-space design pada rumah atau apartemen dapat meningkatkan nilai rumah Anda. Mengapa? Tentu saja karena desain ini sedang sangat popular dan diminati banyak orang!

Akan tetapi, sebaiknya Anda melihat preferensi pasar di sekitar rumah untuk memutuskan kegiatan pembongkaran dinding ini.

Letak furnitur setelah tembok dibongkar

membongkar bongkar dinding tembok rumah
Doris Leslie Blau

Membongkar dinding rumah berarti mengubah layout sebuah ruangan. Misalnya ada lemari besar yang terletak di dinding yang akan dibongkar.

Pikirkan bagaimana posisi baru bagi perabot yang cukup banyak memakan tempat. Apakah masih memungkinkan untuk diletakkan di sisi yang sama? Atau justru lemari ini malah tidak dibutuhkan lagi?

Adanya noise/suara yang mengganggu dari ruangan lain

Instagram oakappledecor

Dengan ruangan yang serba terbuka, bukan tidak mungkin adanya suara dari sisi lain ruangan. Ketika anggota keluarga lain menyalakan TV di ruang tengah dengan suara cukup keras, ini mungkin akan mengganggu Anda ketika akan istirahat di kamar.

Memiliki ruangan terbuka dan lapang terdengar menyenangkan. Namun, ketika ada suara keras dari dapur atau ruang keluarga yang tidak bisa diredam karena ruangannya terbuka, ada kemungkinan membuat sebagian pemilik rumah merasa tak nyaman.

Sistem listrik dan saluran pipa

membongkar bongkar dinding tembok rumah
WANDERING ON WHEELS

Kalau tembok yang terdapat kabel listrik atau pipa akan dibongkar total, tentu wajib ada perubahan jalur. Saat tukang menghancurkan dinding, mereka akan memperhatikan letak saklar dan stop kontak demi melacak instalasi listrik. Termasuk pipa yang biasanya dipasang di bawah lapisan lantai.

Ada alternatif lain yaitu mempertahankan sisi yang ada sistem listrik dan pipa. Hilangkan bagian yang tidak menjadi jalur kedua komponen tersebut.

Konsultasikan dengan penyedia jasa yang akan membantu Anda. Tanyakan apakah hal ini tetap dapat dilakukan bila ingin menyesuaikan konsep ruangan sesuai keinginan Anda.

Plafon dan lantai

enter image description here
Stack Exchange

Tembok yang akan dibongkar akan memengaruhi plafon dan lantai di sekitarnya. Boleh jadi ada yang harus ditambal akibat aktivitas ini, misalnya plafon dan dinding yang perlu diplester lagi.

Belum lagi jika Anda ingin menyeragamkan tampilan lantai di ruangan yang baru. Ada peluang untuk mengganti atau menambah ubin di salah satu sisinya agar interior tampil menyatu.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menyediakan dana yang lebih supaya dapat mengatasi hal-hal tidak terduga seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah mengetahui 11 hal sebelum membongkar dinding, semoga Anda menjadi lebih berhati-hati dalam merencanakan proyek ini! Persiapkan secara matang dan minta bantuan para profesional untuk memaksimalkan hasilnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

jasa bangun rumah minimalis

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.