Kenali Jenis, Ukuran, dan Harga Paku Terbaru Bulan Ini

harga paku

Saat hendak membangun sebuah bangunan, Anda pasti membutuhkan bahan yang berfungsi sebagai pengikat komponen dalam bangunan. Bangunan rumah tradisional biasanya menggunakan bahan pengikat yang terbuat dari akar atau ijuk. Sedangkan untuk bangunan modern, paku merupakan bahan yang baik dan kuat untuk bahan pengikat. Untuk itu, penting untuk mengetahui banyak hal detail tentang paku, seperti jenis, ukuran, hingga harga paku.

Kebanyakan orang awam mungkin belum mengetahui bahwa paku memiliki berbagai berbagai jenis dan ukuran. Setiap jenisnya itu pun memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda untuk digunakan pada proses pembangunan.

Jenis, Ukuran, dan Harga Paku

Harga paku dari setiap jenis dan ukuran tentu berbeda-beda. Pada umumnya, konstruksi menggunakan aneka jenis paku sesuai kebutuhan. Supaya Anda mengerti mengenai berbagai jenis paku, ukuran, serta harganya. Berikut akan dijelaskan secara lengkap.

Paku Beton

Jenis paku ini sangat umum digunakan di konstruksi modern. Paku beton memiliki fungsi yang penting dalam konstruksi bangunan, yaitu untuk melubangi dinding beton yang terkenal keras dan kuat. Paku tidak akan mudah patah maupun rusak.

Jenis paku beton termasuk yang paku paling kuat dibandingkan jenis paku lainnya. Tidak heran jika paku ini menjadi jenis paku yang sangat efektif di berbagai keperluan. Paku beton terdiri atas dua jenis, yaitu paku beton hitam dan paku beton putih.

Paku beton hitam dan putih sekilas berbeda dari warnanya. Namun pada kenyataannya, paku beton hitam lebih sering digunakan untuk pengait kabel di dinding. Sementara paku beton putih cenderung digunakan untuk membuat gantungan di dinding.

Paku beton putih umumnya berukuran 2,5 cm hingga 12,5 cm. Sedangkan paku beton hitam berukuran 3 cm hingga 7 cm. Harga paku beton putih per kilogramnya berkisar sekitar Rp36.000 hingga Rp38.000. Sedangkan harga paku beton hitam per kilogramnya berkisar antara Rp17.000 hingga Rp20.000.

Paku Seng

Saat Anda ingin membangun atap dari seng, maka Anda harus menggunakan paku jenis ini. Paku seng terbuat dari bahan besi dan dilapisi galvanis. Lapisan ini akan melindungi paku agar awet dan dapat bertahan lama.

Paku seng berfungsi untuk menghubungkan asbes dengan papan fiber. Bentuknya yang sedikit mengulir menjadi tampilan yang unik.

Di pasaran, Anda akan menemukan paku seng dengan ukuran berkisar antara 7 hingga 10 cm. Harga paku seng per kilogram yakni Rp29.000.

Paku Kawat Baja

Paku kawat baja menyerupai paku beton. Tampilan jenis paku ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan paku beton.

Kepala paku kawat baja pada umumnya berukuran tebal dan terdapat guratan. Tampilan tersebut akan membuat paku tidak mudah rusak. Ukuran paku kawat baja hampir mirip dengan paku beton, yaitu mulai dari 2 hingga 15 cm. Harga paku kawat baja yaitu Rp20.000 kilogram.

Paku Tembok

Paku tembok merupakan salah satu paku multifungsi dan digunakan dalam berbagai keperluan konstruksi. Tidak sama dengan namanya, fungsi utama dari paku bukan untuk keperluan tembok melainkan mengikat balok kayu yang tebal.

Paku jenis ini juga memiliki keunikan berupa bentuk kepala layaknya kerucut. Bentuknya yang unik tersebut mengharuskan Anda memiliki keahlian saat melakukan pemasangan.Paku tembok berukuran antara 3 hingga 8 cm. Harganya berkisar Rp 31.000 per kilogram.

Clout Head

Paku sejenis clout head memiliki bentuk yang juga mirip dengan paku beton. Paku jenis ini juga cukup banyak digunakan pada konstruksi. Hal yang membedakan paku clout head dengan paku beton pada ukuran kepala yang lebar. Ukuran kepala lebar tersebut akan mempermudah saat memalunya. Anda bisa memanfaatkan paku clout head untuk mengikat sambungan kayu.

Nah, demikian tadi beberapa jenis, ukuran, dan harga paku yang paling umum digunakan dalam konstruksi modern. Informasi ini akan sangat berguna bagi Anda yang sedang ingin membangun rumah. Paku ini dapat ditemukan di pasaran seharga Rp6.000 per 100 gramnya.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai berbagai jasa konstruksi seperti kontraktor bangunan, jasa pertukangan, pemasangan atap, dan konstruksi lainnya bisa mengunjungi Sejasa.com. Sejasa akan memudahkan Anda dalam menemukan berbagai jasa, seperti kontraktor bangunan dan jasa pertukangan. Anda tidak perlu repot untuk mencari jasa yang diperlukan. Kunjungi sejasa.com dan aplikasi Sejasa sekarang. Temukan berbagai jasa yang Anda perlukan dengan mudah dan praktis.

harga paku
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.