membersihkan sofa

6 Cara Praktis Membersihkan Sofa Kain

Sofa menjadi spot favorit bagi siapapun yang datang ke rumah Anda. Sebagai tuan rumah, tentu Anda dan keluarga akan lebih banyak menghabiskan waktu bersantai dengan duduk bersama di sofa. Sofa kain adalah sofa yang cenderung mudah kotor, sehingga penting untuk membersihkan sofa kain secara rutin.

Meskipun kelihatannya tidak kotor, justru sofa menjadi tempat berkumpulnya jamur dan kuman. Secara tidak sadar, Anda atau anggota keluarga lainnya menyentuh sofa dengan keadaan tangan yang belum tentu bersih. Apalagi jika ada tumpahan yang mengenai sofa, tentu membuat sofa terlihat kotor dan kusam.

Pentingnya Membersihkan Sofa

Pinterest

Ketika menepuk-nepuk sofa, Anda akan menyadari ada debu-debu yang beterbangan dan membuat Anda bersin hingga batuk. Debu itulah yang sangat mengganggu kebersihan sofa.

Sofa yang lembab menjadi tempat favorit jamur untuk tumbuh. Hal itu berakibat pada tampilan sofa kain Anda yang akan dipenuhi bintik-bintik hitam atau hijau keabuan dan beraroma tidak sedap. Jika dibiarkan, sofa akan rusak dan berdampak buruk pada kesehatan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, membersihkan sofa sangat penting dan wajib dimasukkan ke dalam daftar rutinitas perawatan rumah Anda.

Cara Membersihkan Sofa Kain yang Terkena Noda

membersihkan sofa

shutterstock

1. Bersihkan noda dengan cepat dan segera

Ketika Anda melihat noda atau terjadi tumpahan pada suatu waktu, langsung bersihkan dengan cepat. Jika menunggu terlalu lama, maka noda akan menempel pada permukaan kain soda dan sulit dihilangkan.

2. Periksa rekomendasi pabrik sofa

Sebelum menggunakan deterjen atau larutan pembersih, periksa terlebih dahulu petunjuk perawatan dari pabriknya. Umumnya ini bisa ditemukan pada label sofa.

3. Periksa kode pembersihan untuk sofa kain

Terdapat huruf-huruf acak pada label sofa yang menandakan kode pembersihan. Berikut daftar kode beserta artinya.

Kode Keterangan
W Sofa bahan ini dapat dibersihkan menggunakan air.
S Sofa bahan ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan air. Anda harus menggunakan pembersih khusus berbasis pelarut.
WS Sofa ini dapat dibersihkan menggunakan air atau pembersih berbasis pelarut.
X Sofa ini dapat dibersihkan hanya menggunakan Vakum.

4. Gunakan sikat kering untuk menghilangkan kotoran.

Gosok seluruh permukaan sofa menggunakan sikat kaku dengan bulu alami untuk menghilangkan noda dan mengangkat debu keluar.

5. Vakum

Sebelum menggosok dan membersihkan sofa kain, gunakan vakum untuk menghilangkan debu dan partikel halus lainnya. Ini akan memudahkan Anda untuk memastikan noda-noda pada area tertentu yang sangat mengganggu, sehingga lebih mudah dibersihkan.

6. Bersihkan dengan Soda Kue

Soda kue ampuh untuk membersihkan sofa kain. Faktanya, dengan menaburkan soda kue ke seluruh bagian sofa akan membantu menghilangkan bau serta menghilangkan noda.
Selain itu, Anda juga bisa membuat larutan yang terbuat dari campuran soda kue dan air dengan perbandingan yang sama. Semprotkan larutan soda kue pada area sofa yang kotor, diamkan selasa 15 hingga 20 menit. Lalu bersihkan dengan sikat.

Cara Menjaga Sofa Kain agar Tetap Bersih

membersihkan sofa

pinterest

Untuk menjaga sofa agar bersih setiap saat, tentu bukan hal yang mudah. Namun, Anda bisa memasukkan pembersihan sofa sebagai salah satu daftar kegiatan bersih-bersih rumah secara rutin. Selain itu, Anda juga harus membersihkan tumpahan makanan atau minuman sesegera mungkin.

Saat membersihkan sofa berwarna terang, pastikan Anda menggunakan kain putih atau kain berwarna terang. Ini dilakukan agar tidak ada pewarna tekstil yang berpindah dari kain pelapis yang digunakan untuk membersihkan sofa.

Gunakan air suling saat membersihkan sofa. Pada beberapa kasus, disebutkan bahwa jika menggunakan air keran, makan akan meninggalkan sisa dan sofa kurang bersih.

Tips Agar Sofa Kain Lebih Terawat

  • Untuk mempertahankan warna sofa yang segar dan cerah, pilih tempat yang terhindar dari sinar matahari dan jauh dari sumber panas. Matahari dan panas tidak hanya dapat menggelapkan furnitur, tetapi juga merusaknya tanpa bisa diperbaiki.
  • Jika Anda mencuci kain cover sofa di mesin cuci, jangan biarkan mengering di bawah terik matahari. Jemur di tempat yang teduh.
  • Setidaknya bersihkan sofa Anda sekali atau dua kali setahun untuk membuatnya terlihat bersih dan fungsional.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membersihkan sofa secara rutin, Anda bisa pesan jasa cuci sofa yang terpercaya agar sofa bersih secara sempurna. Pesan jasa cuci sofa dengan praktis dan mudah hanya melalui website Sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Jangan biarkan sofa kotor merusak keindahan dan kebersihan rumah Anda.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *