sofa nyaman

Cara Merawat Sofa agar Berumur Panjang

Sofa menjadi pemersatu anggota keluarga atau tamu yang datang. Busanya empuk, warna yang menarik, nyaman, serta muat untuk beberapa orang sekaligus. Saking seringnya dipakai, lalu muncul permasalahan seperti permukaan kotor, busa kempis, dan sebagainya. Nah, daripada membeli sofa baru, lebih baik dirawat sejak sekarang. Sejasa punya beberapa cara mudah untuk merawat sofa agar awet dan selalu nyaman digunakan. 

Hindarkan dari segala hal yang bisa merusak sofa

Sofa harus terhindar dari segala sesuatu yang bisa merusaknya seperti benda tajam, binatang peliharaan, sepatu, dan sebagainya. 

Benda tajam berpotensi merusak sofa seperti menyebabkan kain pelapisnya sobek. Bulu-bulu binatang peliharaan bisa menempel pada permukaan kursi. Tak jarang, sofa menjadi sasaran cakaran hewan peliharaan Anda. Jangan gunakan sepatu atau sandal yang Anda pakai untuk di luar, dipakai saat duduk di sofa. Kotoran pada alas kaki dapat menempel pada sofa tanpa Anda sadari.

Kotornya sofa dapat disebabkan oleh noda dan remah-remah makanan/minuman. Jika ingin mengamankan sofa dari hal itu, Anda dapat menggunakan nampan. Demi terhindar dari kemungkinan itu, sebaiknya kurangi kebiasaan makan di atas sofa.

Pindah posisi duduk

Jangan duduk terlalu lama pada bagian sofa tertentu. Kedengarannya sepele namun, cara ini mampu mempertahankan kenyamanannya. Jika Anda terbiasa duduk di bagian tertentu, busa sofa akan kempis dan keras. Bagian ini juga menjadi tempat kotoran bertumpuk. Beri tahu siapa saja yang suka duduk di sofa agar sofa tetap nyaman digunakan bersama dalam jangka waktu lama.

sofa ruang keluarga kuning mustard
Sumber: vtwonen

Jangan duduk di sandaran lengan dan bagian atas sofa

Bagian sandaran lengan dan bagian atas sofa tidak diciptakan untuk menahan beban tubuh Anda. Kebiasaan duduk pada bagian tersebut menyebabkan struktur sofa berubah, yang dikhawatirkan akan patah di saat tidak terduga. Berikan pemahaman mengenai hal ini kepada orang-orang rumah supaya kursi ini berumur panjang.

Pesan Jasa Cuci Sofa

Jangan letakkan langsung di bawah sinar matahari

Sinar matahari cocok untuk menjemur baju, tapi tidak untuk sofa Anda. Paparannya dapat membuat warna sofa pudar bahkan sobek. Untuk mengatasi hal ini, letakkan kursi panjang di tempat yang tidak langsung terkena panasnya matahari. Jika ingin tetap ditempatkan di dekat jendela, tutup gorden terutama di siang yang terik atau ketika Anda tidak sedang di rumah.

sofa dengan bantal
Sumber: The DIY Playbook

Tata ulang bantal secara rutin

Jika sofa Anda dilengkapi dengan bantal, bantal itu perlu dirawat seperti sofa. Cara merawatnya adalah dipadatkan dan dibalik setidaknya dua minggu sekali. Ini akan mempertahankan bentuk bantal dan mencegah salah satu sisi kempis.

Beri kain pelapis

Lindungi sofa dengan melapisinya dengan kain tambahan terutama jika ada acara besar. Banyaknya tamu yang datang akan meningkatkan kemungkinan sofa terkena noda. Daripada melarang orang lain untuk duduk di sofa Anda, akan lebih baik jika Anda melindungi sofa tersebut dan menyiapkan kursi tambahan untuk para tamu. 

membersihkan merawat sofa
Sumber: Freepik

Rajin membersihkan sofa

Membersihkan sofa tidak sulit jika dilakukan secara rutin. Gunakan vacuum cleaner setiap seminggu sekali. Bersihkan hingga ke sudut dan sela-sela sofa. Jika terkena tumpahan yang bisa menyebabkan perubahan warna, segera keringkan dengan kain bersih. Jangan digosok terlalu kencang, cukup ditepuk hingga tumpahannya terserap. Jangan tunda sampai membekas di sofa pula. Membersihkan sofa harus sesuai bahan sofa. Pakai jasa cuci sofa yang terpercaya agar sofa bersih secara sempurna.

Pesan Jasa Cuci Sofa

 

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.