Merawat Water Heater (Pemanas Air), Mudah Kok!

Beberapa orang suka mandi air hangat, baik karena memang dibutuhkan atau sekadar keinginan. Musim hujan seperti sekarang ini pun turut menjadi alasan ingin mandi air hangat. Beragam alasan tersebut menyebabkan masyarakat membeli water heater atau pemanas air agar bisa digunakan kapan pun. Jika Anda salah satunya, Anda wajib memelihara perangkat tersebut supaya bisa tahan lama. Ini lah cara mudah untuk merawat water heater di rumah Anda ala Sejasa.

Air Harus Bersih

Air yang bersih menjadi salah satu kunci awetnya water heater. Mengapa demikian? Air yang mengandung residu (pasir, kerikil, atau lainnya), keruh, atau mengandung bahan kimia mampu menyumbat serta merusak saluran air. Hal ini dapat diatasi dengan memasang filter/penyaring yang tersambung dengan tangki pemanas.

water heater
Sumber: Callks

Cek Kondisi Safety Valve 

Safety valve pada water heater berfungsi sebagai pengaman untuk mengatur tekanan pada tangki. Biasanya valve ini terletak di bagian bawah perangkat. Bentuknya berupa tuas atau pegangan. Pengaman tersebut bekerja menjaga suhu air dalam tangki tetap stabil. Oleh sebab itu, lakukanlah pengecekan dan upaya pencegahan penyumbatan secara berkala. Jika Anda memakai pemanas air setiap hari, lakukan dua hal tersebut setiap 3 bulan sekali. Caranya, Anda hanya perlu menaikkan tuas valve agar air mengalir dengan lancar.

Ganti Magnesium Anoda Setahun Sekali

Salah satu komponen penting yang membuat pemanas air aman digunakan dan tahan lama adalah magnesium anoda. Bentuknya seperti batang logam berwarna silver yang disambungkan dengan sekrup. Cara kerja alat ini adalah menyerap kandungan logam pada air yang bisa menyebabkan karat, sehingga korosi dapat dicegah. Proses ini dinamakan elektrolisa. Jika tidak diganti secara rutin, maka akan menimbulkan korosi, terutama pada bagian peresapan air. 

service water heater
Sumber: Shutterstock

Bersih-bersih dan Servis Tahunan

Potensi kebocoran, korosi, serta kerusakan lainnya dapat dihindari dengan pemeliharaan rutin. Lakukan bersih-bersih dan servis setahun sekali di bagian luar dan dalam heater. Contohnya, pengecekan pada bagian sambungan listrik, pipa, serta menguras air di tangki. Kegiatan ini memerlukan teknisi profesional agar mendapatkan perawatan yang tepat.   

Keempat hal tersebut merupakan hal mendasar yang dapat Anda lakukan supaya pemanas air berjalan normal, tahan lama, dan aman digunakan. Jika Anda membutuhkan jasa untuk servis atau merawat water heater, Sejasa punya layanan khusus untuk itu. Pemanas air Anda akan mampu bekerja secara maksimal lagi!

Pesan Jasa Service Pemanas Air

 

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.