Tips Ampuh Basmi Tungau Kasur 

Secara sadar maupun tidak, kasur sebagai tempat beristirahat kita bisa menjadi sarang hewan kecil berbahaya bernama tungau. Ukurannya yang sangat kecil kerap membuatnya sulit terlihat. Padahal, kesehatan kita dapat terancam karena tungau dapat menyebabkan berbagai penyakit. Simak informasi penting dan ikuti tips basmi tungau kasur yang ampuh pada artikel ini.

Faktanya, tungau kasur dapat menyebabkan beberapa penyakit pada sistem pernapasan dan kulit. Bahkan, kotorannya pun dapat merugikan manusia. Beberapa penyakit yang ditimbulkan tungau di antaranya:

Gatal pada Kulit

Ketika tungau menggigit kulit manusia, maka muncul rasa gatal yang jika tidak segera di atasi bisa menyebabkan ruam. Kotoran beberapa jenis tungau pun bisa menyebabkan kulit jadi gatal.

Asma

tungau menyebabkan asma
Sumber: Freepik

Sama seperti binatang lain, tungau mengeluarkan kotoran. Kotoran yang dikeluarkan akan bercampur dengan debu di kasur. Benda ini dapat terhirup oleh manusia dan bisa menyebabkan asma. 

Pesan Jasa Sedot Tungau

Bersin dan Pilek

Hampir sama seperti asma, kotoran yang bercampur debu dapat terhirup. Kali ini kotoran masuk ke rongga hidung dan mengakibatkan bersin. Jika bersin tidak kunjung sembuh, hal ini akan memicu pilek. Pilek membuat manusia sulit bernapas.

Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini sebagai upaya pencegahan dampak buruk yang disebabkan kutu kasur.

Jaga agar ruangan tidak lembap

buka jendela untuk cegah kelembapan dan tungau
Sumber: Freepik

Anda harus menghindari hal-hal yang tidak disukai tungau. Salah satu faktor yang mempercepat perkembang biakan tungau adalah lingkungan yang lembap. Oleh sebab itu, Anda harus rajin membuka jendela agar sirkulasi udara lancar dan kelembapan ruangan jadi rendah. 

Ganti sprei, sarung bantal, dan sarung guling secara rutin

kasur bersih
Sumber: Apartment Therapy

Mengganti dan mencuci sprei dan sarung bantal/guling mampu membersihkan kotoran serta debu yang menempel. Misalnya, mengganti sprei dan sarung bantal setiap 2 minggu sekali. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan cairan desinfektan supaya kumannya mati.

Jemur kasur dan bantal

kasur dan bantal bersih tanpa tungau kasur
Sumber: Freepik

Tidak hanya “pelapis” saja yang perlu dibersihkan, kasur dan bantalnya juga wajib dirawat. Jemur di bawah sinar matahari langsung dan bersihkan dengan sapu kasur. Anda dapat melakukannya setiap sekali dalam 2 atau 3 minggu. Hal ini dapat menghindarkan kutu kasur berkembang biak di kasur Anda.

Pesan Jasa Sedot Tungau

Gunakan silica gel

silica gel cegah tungau kasur bersarang
Sumber: IDN Times

Silica gel biasanya Anda temukan di kemasan obat, fungsinya untuk mencegah kelembapan. Gel ini bermanfaat juga untuk membasmi tungau kasur. Tabur pada kasur Anda maka kasur Anda tetap kering, tungau pun enggan bersarang.

Pesan jasa sedot tungau

jasa sedot tungau
Sumber: Shutter Stock

Langkah selanjutnya adalah dengan memesan tenaga jasa sedot tungau. Dengan menggunakan alat penyedot khusus; tungau, debu, dan kotorannya pun dapat terisap secara maksimal. Anda pun tidak perlu repot membersihkan ranjang karena adanya tenaga ahli tersebut. Pilih tenaga yang profesional dan terpercaya supaya Anda lebih puas dengan hasilnya.

Pesan Jasa Sedot Tungau

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan di rumah demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Selamat mencoba!

 

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.