Waspada! Ini 4 Bahaya Tungau Kasur Bagi Kesehatan

tungau kasur

Tidur kurang nyenyak dan sering merasakan gatal-gatal pada tubuh? Mungkin gigitan tungau kasur adalah penyebabnya. Keberadaan tungau di kasur Anda mampu memicu berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. Seperti infeksi kulit, tidur yang terganggu, hingga alergi. Jika dibiarkan begitu saja, dapat memicu kondisi yang lebih buruk pada kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya.

Fakta Tungau Kasur

Tungau kasur adalah parasit mikroskopik yang berukuran kurang lebih 0,5 mm. Hewan ini seringkali disebut sebagai kutu karena bentuknya hampir sama. Tungau dapat hidup dan berkembang biak di celah-celah kasur, sehingga bisa menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

Tidak hanya pada kasur, tungau juga dapat hidup di matras, sofa, dan karpet. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai keberadaan tungau pada beberapa benda tersebut dengan rutin membersihkannya.

Bahaya Tungau Kasur

tungau kasur

Gangguan Tidur

Apabila terkena gigitan tungau kasur, seseorang akan merasa tidak nyaman dan tidak nyenyak saat tidur. Keadaan ini akan membuat tidur terganggu dan dapat berdampak pada produktivitas tubuh saat beraktivitas pada pagi hingga siang hari.

Infeksi pada Kulit

Gigitan tungau kasur mampu menyebabkan infeksi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menggaruk bagian kulit yang gatal, karena bisa berdampak pada infeksi. Gangguan kesehatan pada kulit yang umumnya dapat terjadi adalah impetigo, ecthyma, scabies, dan selulitis.

Reaksi Alergi

Umumnya, penderita alergi akan lebih berisiko saat mengalami gigitan serangga seperti tungau kasur. Reaksi alergi dapat berbeda-beda dirasakan oleh setiap pengidapnya. Apabila keadaannya cukup parah, Anda bisa langsung mengunjungi IGD di rumah sakit. Sedangkan apabila gejala yang dirasakan cukup ringan, Anda bisa mencuci bekas gigitan tungau dengan sabun dan air.

Memicu Sakit Pernapasan

Menghirup udara yang bercampur debu dan kotoran tungau akan membahayakan saluran pernapasan. Hal ini bisa berakibat pilek hingga kesulitan bernapas. Jika tungau kasur tidak dibasmi segera, maka debu dan kotorannya yang terhirup akan berdampak serius bagi penderita asma.

Cara Menghilangkan Tungau Kasur

Selain timbulnya gejala pada fisik, keberadaan tungau bisa diketahui dengan munculnya bintik-bintik hitam kecil di kasur. Selain itu, permukaan kasur juga akan berbau tidak sedap.

Kasur menjadi tempat favorit tungau karena lembap dan hangat. Perkembangbiakan tungau setiap harinya dipicu oleh kondisi kamar yang lembap. 

Rutin Bersih-Bersih

Untuk mengatasi tungau kasur, Anda dapat menjadwalkan bersih-bersih rumah terutama area kasur, ganti seprai kasur, sarung bantal, guling, hingga selimut 1 minggu sekali. Pastikan untuk mencuci sprei dengan air hangat untuk membasmi tungau. Selain itu pastikan kondisi kamar tidak lembap.

Panggil Jasa Sedot Tungau

tungau kasur

Bersihkan seluruh area tempat tidur, bantal, dan guling dengan menggunakan alat vacuum sedot tungau. Apabila tidak memiliki alatnya, Anda dapat memanggil jasa sedot tungau profesional. Dengan alat khusus sedot tungau, debu dan tungau yang menumpuk pada kasur akan tersedot secara maksimal. Selain itu, kasur Anda akan wangi dan tentunya membuat tidur jadi lebih lelap.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rumah Anda. Rutinlah mengganti seprai dan sarung bantal, serta panggil jasa sedot tungau untuk membasmi segala tungau yang hidup di kasur rumah Anda.

Panggil jasa sedot tungau melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com untuk datang langsung ke rumah Anda. Mitra sedot tungau Sejasa akan memberikan layanan sedot tungau untuk kasur Anda, sehingga Anda dan keluarga bisa terhindar dari risiko gigitan tungau. Konfirmasi pemesanan cepat dan praktis. 

Anda juga dapat menemukan layanan sedot tungau Sejasa pada aplikasi Grab. Gunakan kode promo SEJASA10 untuk mendapatkan diskon Rp10.000 dengan minimum transaksi Rp200.000. Promo ini berlaku hingga 31 September 2022.

tungau kasur
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.