Cara Cek Kebocoran Pipa Air Serta Cara Mengatasinya

cek kebocoran pipa

Permasalahan pada pipa air di rumah akan sangat mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Kebocoran pipa dapat terjadi akibat sambungan pipa yang kendor, pecah, berkarat, dan lainnya. Penyebab lainnya adalah pemasangan pipa air yang sembarangan karena dikerjakan oleh tenaga yang bukan profesional. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, Anda dapat melakukan cek kebocoran pipa secara mandiri.

Cara mudah untuk mengecek kebocoran pipa air di rumah adalah dengan mengecek meteran air hingga rembesan pada tembok rumah. Apabila kebocoran sudah terlihat jelas, maka segeralah memperbaikinya agar kondisi jadi lebih terkendali.

Cara Cek Kebocoran Pipa Air di Rumah

Cek Meteran Air

Anda dapat mengecek meteran air dengan beberapa tahapan berikut ini:

  1. Pastikan semua keran air di rumah tertutup rapat.
  2. Periksa meteran air, kemudian catat angka yang terlihat.
  3. Satu jam setelah itu, periksa kembali meteran air. Apabila meteran terus berputar dan angkanya berubah, menandakan adanya kebocoran pada pipa.
  4. Untuk mengetahui kebocoran terjadi di dalam atau luar rumah, Anda bisa mematikan katup penutup pipa air utama di rumah.
  5. Periksa meteran air dan catat angka yang terlihat. Tunggu satu jam kemudian.
  6. Apabila setelah dicek angka yang terlihat tidak berubah, maka kemungkinan kebocoran pipa air terjadi di dalam rumah. Sedangkan apabila angkanya berubah, kebocoran air berada pada saluran air yang tertanam di luar rumah.

Tembok Rembes

Jika pemasangan pipa di rumah Anda melewati atap atau dinding, maka bisa mengecek kebocoran melalui rembesan tembok. Umumnya, tembok yang rembes karena pipa bocor memiliki ciri-ciri permukaan yang terasa lembap, warnanya agak kekuningan, tekstur tembok lebih kasar, mulai terkelupas, bahkan ada jamur yang mulai tumbuh.

Cek pada Pompa Pendorong

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan dengan menutup keran air di rumah dan memastikan tidak ada pemakaian air untuk beberapa waktu. Apabila tiba-tiba pompa pendorong di rumah Anda bekerja, padahal tidak ada pemakaian air maka menandakan terjadinya kebocoran pada pipa air.

Cek Toren Air

Apabila air pada toren lebih cepat habis dibanding biasanya, maka kemungkinan adanya kebocoran pada pipa air di rumah Anda.

Gunakan Alat Pendeteksi Kebocoran Pipa Air

Alat pendeteksi kebocoran pipa air memiliki teknologi infrared dan kelombang akustik. Dengan begitu, alat ini mampu mengetahui titik pipa yang mengalami kebocoran secara akurat. Alat ini memang terbilang mahal, namun Anda bisa memanggil jasa tukang ledeng yang mampu melakukan pengecekan pipa air bocor disertai alat pendeteksinya.

Tagihan Listrik

Jika Anda merasa tagihan air membengkak padahal pemakaiannya masih wajar, maka bisa menjadi indikasi adanya kebocoran pipa air di rumah. Segeralah lakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kebocoran Pipa Air

Setelah mengetahui apa saja pengecekan yang perlu dilakukan untuk tahu kebocoran pipa air, sekarang saatnya untuk tahu cara mengatasinya.

Identifikasi Sumber Kebocoran

Dengan beberapa cara yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, Anda bisa mengetahui pada bagian mana kebocoran pipa terjadi. Cara lain yang bisa digunakan juga adalah mendengarkan suara tetesan air dan mendengarkan suara dari dalam dinding. Jika terdengar suara tetesan dari area tersebut, maka kemungkinan kebocoran terjadi di sekitar area itu.

Perbaiki Pipa Bocor Dengan Tukang Ledeng Profesional

Setelah mengetahui bagian pipa yang bocor, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan penambalan atau mengganti pipa. Jika kebocoran tidak begitu besar, maka bisa ditambal saja. Sedangkan apabila kebocoran cukup parah sebaiknya ganti dengan pipa baru sesegera mungkin. 

Untuk pengerjaan dengan hasil yang maksimal, Anda bisa memanggil jasa tukang ledeng yang telah berpengalaman. Dengan begitu, mereka bisa mengidentifikasi permasalahan dengan rinci dan memberikan solusi terbaik untuk kebocoran pipa di rumah Anda.

Anda bisa memesan jasa tukang ledeng melalui website sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Cukup isi form permintaan jasa sesuai kebutuhan Anda, dan Sejasa akan menghubungkan Anda dengan tukang ledeng profesional. Tunggu apa lagi? Pesan jasanya sekarang untuk atasi kebocoran pipa air di rumah. Biar semuanya jadi lebih nyaman.

cek kebocoran pipa
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.