Jasa Tukang Borongan atau Harian, Mana yang Lebih Hemat?

tukang borongan

Dalam proyek pembangunan rumah baru maupun renovasi, Anda akan dihadapkan dengan pilihan untuk menggunakan jasa tukang dengan biaya per hari atau borongan. Sudahkah Anda mengetahui perbedaan keduanya? Mungkin bagi orang awam akan bingung  bila dihadapkan dengan keduanya. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan jasa tukang borongan dan harian.

Jasa Tukang Borongan

Seperti namanya, jasa ini menggunakan sistem upah atau pembayaran atas suatu pekerjaan sampai selesai. Ini akan disesuaikan dengan kesepakatan antara pengguna jasa dan penyedia jasa atau pekerja. Umumnya, pihak pemborong akan menjadi pemimpin dari para pekerja dalam mengerjakan suatu pekerjaan seperti proyek pembangunan rumah.

tukang borongan

Apabila pengguna jasa sudah sepakat mengenai detail pekerjaan, maka pekerjaan tersebut akan dipegang oleh pemborong. Nantinya, pihak pemborong akan mempekerjakan sejumlah pekerja seperti mandor, tukang, yang pembayarannya akan disesuaikan dengan biaya yang telah disepakati di awal.

Sistem borongan terdiri dari 2 macam, yaitu:

  1. Borongan tukang dan material
    Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan jasa sekaligus material agar lebih praktis dan mudah. Apabila Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk mengecek hal-hal detail, maka bisa menggunakan jasa ini. Jasa pemborong akan membereskan semuanya untuk Anda. Biaya tukang borongan dan material mulai dari Rp4.000.000 per meter persegi.
  2. Borongan tukang (hanya jasa)
    Untuk jasa ini, Anda hanya akan membayar jasa tukang. Sedangkan untuk biaya material bahan bangunan, Anda bisa mengatasinya sendiri tanpa bantuan tukang. Biaya tukang borongan tanpa material mulai dari Rp1.500.000 per meter persegi.

Kelebihan Jasa Tukang Borongan

– Lebih praktis, karena semuanya dibantu oleh jasa pemborong.
– Tidak perlu mengeluarkan tenaga lagi.
– Pekerjaan lebih cepat rampung, sesuai waktu yang ditentukan.
– Biaya relatif lebih murah.

Kekurangan Jasa Tukang Borongan

– Beberapa pekerja dengan sistem borongan cenderung mengabaikan kualitas. Ini disebabkan oleh kepentingan untuk mengerjakan proyek lebih cepat sesuai tenggat waktu.
– Bila dirasa butuh tambahan pekerjaan lain, maka akan ada tambahan biaya juga untuk tukang.

Apabila Anda memilih jasa tukang borongan, pastikan untuk rutin melakukan kunjungan pada proyek rumah. Simak dan cek secara rinci progres pembangunannya agar kuantitas dan kualitasnya terpenuhi sesuai keinginan Anda. Penting pula untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pihak pemborong, agar semuanya lebih terkontrol dan berjalan dengan baik.

Jasa Tukang Harian

Jasa tukang harian merupakan penggunaan jasa tukang yang menerapkan sistem upah per hari. Apabila Anda ingin menggunakan sistem ini, maka akan ada kesepakatan untuk memakai jasa beberapa orang tukang dengan biaya tertentu per harinya. Anda bisa menyepakati detailnya dengan penyedia jasa.

Umumnya, jasa tukang harian memiliki keahlian khusus. Misalnya ada tukang yang ahli dalam pengerjaan lantai, ada yang ahli pengecatan, dan lainnya. Jasa tukang harian biasanya dipakai oleh orang-orang yang butuh renovasi kecil pada area tertentu di rumahnya. Biaya jasa tukang harian berada di kisaran Rp240.000 untuk satu tukang per harinya.

tukang borongan

Kelebihan Jasa Tukang Harian

– Hasil pekerjaannya lebih rapi, karena dikerjakan detail.
– Tukang memiliki keahlian khusus.

Kekurangan Jasa Tukang Harian

– Mungkin akan ada kasus tukang yang memperlambat pekerjaannya, sehingga pembangunan berjalan lambat dan menambah biaya.

Apabila Anda membutuhkan jasa tukang harian, maka pastikan untuk membuat kontrak dan perjanjian kerja yang jelas. Terutama perihal tenggat waktu penyelesaian kerja. Selain itu, pastikan juga memilih jasa tukang harian yang komunikatif dan profesional.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan jasa tukang borongan dan harian untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai referensi Anda dalam memilih jasa tukang bangunan. Apapun pilihan yang Anda ambil, ada keuntungan dan kerugiannya. Meskipun begitu, Anda dapat meminimalisir kerugiannya dengan lebih cermat dan teliti dalam memilih jasa yang akan dipakai. 

Temukan penyedia jasa yang profesional dan berkualitas bersama Sejasa. Baik itu jasa pemborong ataupun tukang harian, tersedia di website sejasa.com dan aplikasi Sejasa. Tersedia layanan Project Controller untuk memastikan kualitas proyek Anda. Buat permintaan jasa sekarang juga.

tukang borongan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.