5 Metode untuk Pijat Pundak yang Pegal

pijat pundak

Pundak atau bahu merupakan bagian tubuh yang sering dirasa pegal akibat mengangkat beban berat atau kelelahan fisik. Untuk mengurangi rasa pegal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa gerakan pijat pundak secara sederhana. Dengan begitu, bisa mengatasi ketegangan otot pada pundak.

Namun sebelum mengetahui metode pijat untuk pundak, alangkah lebih baik jika mengetahui faktor penyebab pundak bisa pegal. 

Penyebab Pundak Pegal

Sakit dan pegal pada bagian pundak merupakan hal yang umum terjadi. Namun, Anda harus mengetahui penyebabnya agar dapat mengatasinya sesegera mungkin. Dengan begitu, rasa pegal yang dirasa tidak berujung pada diagnosa penyakit yang parah. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan pundak terasa pegal:

Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang kurang baik seperti membungkuk di balik meja kerja, dapat menyebabkan pegal. Saat kondisi tubuh membungkuk, akan membebani pundak sehingga Anda akan merasakan pegal.

Pundak lelah akibat pemakaian berlebihan

Apabila Anda sering menggunakan pundak untuk kegiatan berat seperti berolahraga dan membawa beban, maka jaringan halus di dalam persendian akan mudah rusak. Keadaan ini akan membuat sendi pada area pundak lelah dan terasa pegal yang berkepanjangan.

Terkilir atau keseleo

Cedera pada jaringan yang ada di antara persendian akan menyebabkan pundak terasa pegal bahkan nyeri. Ini dapat disebabkan oleh hantaman keras pada area pundak, baik itu akibat kecelakaan maupun terjatuh.

Pundak kaku

Kondisi pundak kaku dapat mengakibatkan pundak terasa sulit bergerak. Kondisi ini bisa terjadi akibat penebalan dan pengetatan jaringan di bahu karena aktivitas yang berat.

Osteoarthritis

Ini merupakan istilah untuk pundak terasa berat akibat pengapuran sendi. Umumnya, keadaan ini dirasakan oleh siapapun yang memasuki usia 40 tahun. Kondisi ini bisa menyebabkan terbentuknya tonjolan tulang baru, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan pegal pada pundak.

Metode Pijat Pundak

Untuk mengatasi pegal dan nyeri ringan pada pundak, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:

Metode RICE

  • Rest atau istirahat
    Pastikan untuk menghindari aktivitas berat yang menggerakkan pundak dalam 48 jam.
  • Ice atau kompres es
    Kompres menggunakan es area pundak yang pegal selama 20 menit. Lakukan hal ini 4 hingga 8 kali dalam sehari
  • Compression atau beri tekanan
    Beri penekanan lembut pada area pundak yang terasa sakit
  • Elevation atau angkat
    Jagalah area pundak yang terasa pegal dengan menopangnya menggunakan bantal empuk tebal untuk menyangga posisinya saat tidur.

Selain metode RICE, Anda juga dapat menerapkan 5 gerakan pijat bahu berikut ini:

Gerakan 1

Beri penekanan lembut pada sisi kanan dan kiri pangkal leher menggunakan jari-jari tangan, kemudian perlahan tundukkan kepala. Tahan tekanan jari sekitar 10 detik. Kembalikan posisi kepala tegak lurus ke depan.

Gerakan 2

Posisikan jari tangan di sisi kanan dan kiri leher. Lalu pijat lembut area leher dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah. Hindari untuk menyentuh area tulang belakang. Anda bisa menyesuaikan tekanan pijat dengan pegal yang dirasakan.

Gerakan 3

Posisikan tangan kiri di bahu kanan, lalu remas otot bahu. Putar sendi bahu ke arah belakang secara perlahan. Apabila sendi berbunyi, menandakan bahu harus segera direlaksasi. Lakukan hal yang sama untuk bahu kanan.

Gerakan 4

Luruskan tangan kanan ke depan. Kemudian perlahan arahkan pergelangan tangan ke leher. Tahan siku menggunakan tangan kiri. Tahan pada posisi tersebut kurang lebih 10 detik. Lakukan hal yang sama pada tangan kiri.

Gerakan 5

Tegakkan bahu dan busungkan dada Anda. Letakkan jari di tengah tulang dada, lalu beri penekanan dan pijat ke arah luar tulang bahu. Ulangi hal yang sama dari titik tengah.

Itulah penjelasan mengenai sebab dan metode pijat untuk pundak yang pegal. Anda dapat menerapkannya sebagai upaya meringankan rasa pegal. Namun, apabila merasa sakitnya sudah parah sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter agar segera dapat diketahui penyebabnya.

Jika pegal dan nyeri yang dirasa masih ringan tapi butuh bantuan terapis pijat, maka Anda bisa memanggil jasa pijat Sejasa. Anda akan mendapatkan layanan pijat tubuh untuk relaksasi dan menyegarkan kembali tubuh yang terasa pegal. Mitra terapis Sejasa telah terverifikasi dan memiliki pengalaman dalam hal pijat. Lakukan pemesanan jasa pijat melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com sekarang. Mitra Sejasa akan datang ke alamat Anda.

pijat pundak
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.