Lakukan 8 Hal Ini Sebagai Persiapan Renovasi Rumah

persiapan renovasi rumah

Demi menciptakan kenyamanan di rumah, diperlukan perbaikan pada area tertentu atau renovasi rumah secara keseluruhan. Jika penampilan dinding ruangan terlihat sudah kusam, plafon sudah mulai banyak yang lapuk, lantai keramik rumah retak atau rusak, maka renovasi rumah adalah solusinya.

Walaupun perbaikan yang dilakukan dalam skala kecil, tetap saja harus dipersiapkan dengan baik. Karena tentunya akan berkaitan dengan anggaran dan pertimbangan material berkualitas yang harus dikeluarkan untuk kegiatan renovasi rumah tersebut. Persiapan renovasi rumah tentu harus dilakukan dengan rencana yang matang sehingga bisa tepat sasaran dan menghasilkan tampilan rumah yang lebih cantik dan fungsional.

Tak jarang, pemilik rumah rela merogoh kocek yang dalam untuk melakukan renovasi rumah demi hasil yang terbaik. Tapi bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas tidak perlu berkecil hati, dengan perencanaan yang baik tentu renovasi bisa tetap dilakukan apabila memang mendesak.

Persiapan Renovasi Rumah

Sebelum Anda menyusuri liku-liku jalur renovasi, rumah ada baiknya mengetahui dan menyimak beberapa hal ini sebagai persiapan sebelum renovasi rumah.

1. Tentukan Skala Prioritas

Lihat dengan seksama kondisi rumah Anda dan tentukan bagian mana saja yang memang membutuhkan renovasi. Apabila ditemukan cukup banyak bagian yang harus direnovasi maka tentukan bagian mana yang paling mendesak untuk renovasi.

2. Tetapkan Anggaran yang Sesuai

Renovasi rumah tentu memerlukan anggaran. Walaupun Anda sudah merencanakan dan menyiapkan anggaran sesuai rencana, tentu akan ada beberapa hal yang luput dari perkiraan. Anda perlu mempersiapkan anggaran tak terduga untuk mengantisipasi hal ini.

3. Lakukan Riset

Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan sebelum melaksanakan renovasi rumah. Anda bisa bertanya kepada teman atau kerabat yang lain yang telah melakukan renovasi rumah. Dari berbagi pengalaman tersebut, tentunya bisa Anda jadikan salah satu acuan dalam rencana persiapan renovasi rumah.

4. Perencanaan

persiapan renovasi rumah

Dalam perencanaan ini selain bagian rumah mana saja yang harus di renovasi, termasuk juga rincian detail tentang proses pengerjaan. Catat dengan rinci pekerjaan apa saja yang harus dilakukan secara berurutan, sehingga pekerja juga tidak akan kebingungan. Walaupun tentunya para pekerja renovasi rumah tentunya sudah berpengalaman, namun tidak ada salahnya Anda membuat rincian yang detail.

5. Realistis Terhadap Timeline Renovasi

Renovasi mungkin akan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Apalagi jika pengerjaan renovasi dalam skala besar. Bersikaplah realistis tentang proses renovasi dan garis waktu dan pilih pembaruan baru Anda sebelum materi yang ada dihapus.

6. Pilih Pelaksana Proyek yang Terpercaya

persiapan renovasi rumah

Salah satu yang cukup krusial dalam pelaksanaan renovasi rumah adalah pemilihan tenaga kerja atau tukang bangunan yang tepat. Anda jangan terjebak dengan jasa layanan renovasi rumah yang memasang biaya rendah tapi pekerjaannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Anda bisa memilih tenaga kerja yang tepat dengan bertanya kepada teman atau keluarga lain yang sudah pernah menggunakan tenaga kerja dalam renovasi rumah.

7. Lebih Spesifik Mengenai Ide Desain

persiapan renovasi rumah

Melakukan renovasi pada ruangan di rumah akan membuat Anda menginginkan desain tertentu untuk diterapkan. Inspirasi desain bisa didapatkan dengan menelusuri majalah dekorasi rumah, situs web dekorasi interior, dan pameran desain. Dengan mendapatkan pegangan pada desain, sangat membantu Anda menghindari pembicaraan tentang ide pribadi desainer yang mungkin berbeda dengan visi Anda perihal renovasi. Pastikan agar desainer Anda tetap sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan.

8. Gunakan Bahan Bangunan Bekas yang Berkualitas

Tidak jarang Anda masih menyimpan bahan bangunan yang belum terpakai dan masih dalam kondisi yang bagus. Atau bisa juga bahan bangunan sisa dari pekerjaan yang terdahulu atau bahan bangunan hasil bongkaran renovasi yang sudah pernah Anda kerjakan, yang masih bisa Anda gunakan. Apabila bahan bangunan tersebut masih dalam kondisi yang bagus, tentunya tidak ada salahnya kalau Anda gunakan untuk renovasi rumah. Jadi bisa untuk menekan anggaran yang harus Anda siapkan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam persiapan renovasi rumah. Renovasi rumah memang tidak boleh sembarangan, hunian Anda tentunya diharapkan bisa digunakan dalam waktu yang sangat lama bahkan kalau bisa sampai akhir hayat. Untuk mempersiapkannya, perlu perencanaan yang detail mulai dari persiapan anggaran sampai selesai pengerjaan harus direncanakan dengan baik.

Renovasi Rumah Bersama Sejasa

Bagi Anda yang membutuhkan jasa renovasi rumah, Sejasa akan bantu menemukan kontraktor bangunan dan jasa pertukangan untuk pengerjaan proyek rumah Anda. Kunjungi website sejasa.com sekarang atau download Aplikasi Sejasa di Play Store atau App Store sekarang!

Kontraktor dan tukang yang akan mengerjakan proyek Anda adalah mereka yang profesional dan telah terverifikasi. Anda juga dapat mengecek review serta portofolio dari pelanggan sebelumnya. Soal keamanan, tidak perlu khawatir! Ada banyak kemudahan yang Anda dapatkan dengan transaksi melalui SejasaPay, yaitu garansi berupa jaminan uang kembali, perlindungan dengan pembayaran bertahap, perlindungan terhadap penipuan.

persiapan renovasi rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.