6 Tips Menjalin Kerja Sama yang Baik Dengan Tukang Bangunan

tukang bangunan

Memiliki rumah yang nyaman menjadi dambaan setiap orang. Untuk mewujudkan rumah impian, diperlukan banyak persiapan. Mulai dari biaya, alat dan material, desain, serta tukang bangunan. Selain itu, Anda juga akan berkomunikasi dan berhubungan dengan tukang bangunan yang membantu pengerjaan proyek bangun rumah atau renovasi rumah.

Jangankan membangun rumah baru, kadang untuk membenahi beberapa area rumah yang rusak pun kita perlu jasa pertukangan untuk memperbaikinya. Sebut saja, perbaikan pagar, pengecatan ulang dinding yang sudah kusam, perbaikan atap yang bocor, dan banyak lagi. Sebagai solusinya, Anda dapat menemukan jasa tukang profesional dengan kinerja bagus, cepat, dan mampu berkoordinasi dengan Anda mengenai pengerjaannya.

Pada artikel ini, Tim Sejasa akan membagikan tips menjalin kerja sama dengan tukang bangunan.

Temukan Tukang Bangunan yang Berpengalaman

tukang bangunan
Untuk mewujudkan rumah yang nyaman, bagus, dan sesuai keinginan, Anda harus memilih tukang yang berpengalaman dan profesional dalam pengerjaan proyek rumah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu meminta rekomendasi dari teman, kenalan atau saudara terdekat, mencari melalui internet, atau menemukan tukang di aplikasi Sejasa.

Pastikan untuk memilih tukang yang berpengalaman dalam pengerjaan proyek sejenis. Selain itu, cari tahu juga review pelanggan sebelumnya. Hal yang tak kalah penting yaitu cek portofolio atau bukti hasil kerja tukang, untuk memastikan hasil kinerja tukang tersebut.

Pilih Tukang yang Sesuai

Ada banyak spesialisasi tukang saat ini, sehingga Anda harus memilih tukang bangunan yang sesuai dengan proyek rumah. Sebelum mempekerjakan tukang, ketahuilah secara jelas pekerjaaan apa yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin melakukan renovasi dapur. Maka pilihlah tukang yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam renovasi dapur. Umumnya mereka adalah yang mampu melakukan pemasangan keramik, pengecatan dinding, pemasangan kabinet atau lemari dapur.

Terbuka Pada Masukan yang Diberikan Tukang

Dalam proyek bangun rumah atau renovasi, Anda adalah bosnya. Tukang akan melakukan apapun sesuai permintaan dan keinginan Anda. Namun, jangan pernah mengabaikan masukan dan saran tukang. Merekalah yang paham dan tahu detail kondisi bangunan, serta memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Jika suatu waktu tukang memberikan saran yang mungkin bertolak belakang dengan keinginan Anda, maka jangan tolak mentah-mentah. Biarkan tukang untuk mengakalinya di lapangan.

Berhubungan Baik dengan Menjalin Komunikasi Secara Rutin

Jika sudah memilih untuk bekerjasama dengan tukang bangunan, Anda dapat membangun hubungan baik dengan berkomunikasi secara rutin. Mungkin akan terasa sangat canggung di awal, namun mulailah dengan obrolan-obrolan ringan. Anda dapat bertanya mengenai pekerjaan, daerah asal, atau mungkin mengenai hal lain seperti humor lucu.
tukang bangunan

Dengan obrolan-obrolan itu, akan terjalin hubungan pertemanan sehingga komunikasi kedepannya akan lebih baik dan akrab. Apabila sudah mengenal tukang dengan baik, proses diskusi tentang proyek rumah pun akan lebih menyenangkan dan tidak segan atau canggung lagi.

Pastikan untuk rutin berkomunikasi dengan tukang tentang perkembangan proyek Anda, setidaknya 3 hari sekali atau 1 minggu sekali. Jika tidak bisa bertemu langsung, Anda tetap bisa berkomunikasi melalui telepon atau pesan singkat.

Pantau Perkembangan Proyek Secara Langsung

Memantau progress pembangunan adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa melihat langsung proses pengerjaan proyek dan mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan. Selain itu melakukan pengawasan pekerjaan mampu memberikan motivasi pada kinerja tukang jika ada beberapa pertimbangan dalam pembangunan rumah.

Komunikasikan dengan Gambar atau Desain

 tukang bangunan

Pengerjaan proyek rumah baik itu perbaikan atau bangun rumah baru memiliki konsep gambar. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda berkomunikasi terkait konsep bangunan menggunakan gambar atau desain yang telah dipilih. Hal ini mampu meminimalisir kesalahan penerapan konsep bangunan pada proyek rumah Anda.

Temukan Tukang Bangunan Profesional di Sejasa

Sejasa menyediakan jasa tukang bangunan profesional yang akan membantu proyek rumah Anda. Ada beragam jasa tukang yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari tukang atap, tukang cat, tukang pipa, tukang las, tukang ledeng, tukang listrik, serta jasa tukang untuk pemasangan dan perbaikan rumah. Semua layanan tersebut bisa dipesan melalui sejasa.com maupun aplikasi Sejasa.

Tukang yang akan mengerjakan proyek Anda adalah mereka yang profesional dan telah terverifikasi. Anda juga dapat mengecek review serta portofolio dari pelanggan sebelumnya. Soal keamanan, tidak perlu khawatir! Ada banyak kemudahan yang Anda dapatkan dengan transaksi melalui SejasaPay, yaitu garansi berupa jaminan uang kembali, perlindungan dengan pembayaran bertahap, perlindungan terhadap penipuan.

tukang bangunan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.