5 Penyebab Pompa Air Mati Total dan Solusinya

pompa air mati

Anda pernah mengalami permasalahan pompa air mati total? Hal tersebut sangat meresahkan dan perlu diatasi segera. Jika tidak, maka Anda dan anggota keluarga lainnya mengalami kesulitan dalam penyediaan air bersih di rumah. Pompa air mati total atau rusak akan membuat seisi rumah gelisah tidak tenang.

Pompa air yang digunakan untuk skala rumahan memakai daya listrik. Kasus pompa air mati total adalah keadaan saat pompa air tidak mau hidup sama sekali walaupun kabel powernya sudah dicolokkan ke aliran listrik.
Pada artikel ini, Tim Sejasa akan menginformasikan apa saja penyebab pompa air mati total serta solusi untuk mengatasinya.

5 Penyebab Pompa Air Mati Total

Stop keran tertutup

pompa air mati

Saat tekanan air semakin tinggi karena keran tertutup, secara otomatis pompa air akan memutus arus listrik. Hal ini menyebabkan pompa air mati. Anda dapat mengatasinya dengan membuka stip keran agar pompa air hidup dan air dapat mengalir kembali.

Dinamo terbakar

Dinamo pompa air bisa jadi terbakar disebabkan oleh terkena air atau terendam setelah hujan deras. Kemungkinan lain yang menyebabkan dinamo terbakar yaitu adanya konsleting listrik akibat tegangan tinggi atau rendah, sehingga dinamo terbakar dan gulungannya terputus. Kasus ini bisa diketahui lebih cepat apabila Anda mencium bau gosong pada dinamo pompa air.

Untuk keadaan dinamo terbakar, solusinya adalah Anda harus menggulung dinamo ulang atau menggantinya dengan yang baru. Hal ini dapat dilakukan oleh tukang gulung dinamo atau teknisi pompa air yang berpengalaman.

Kapasitor mati

Kapasitor pada pompa air merupakan alat penyimpanan listrik yang bersifat sementara. Ini berfungsi untuk menggerakkan motor dinamo saat pompa air pertama kali dihidupkan.

Untuk memeriksa keadaan kapasitor, Anda dapat menggunakan bantuan alat multitester. Jika sudah diketahui bahwa kapasitor mati, maka solusinya adalah mengganti dengan yang baru. Anda dapat membeli kapasitor di toko yang menjual sparepart mesin pompa air. Pastikan untuk membeli kapasitor dengan ukuran yang sesuai.

Kabel power putus

pompa air mati

Kejadian kabel putus adalah hal yang seringkali terjadi dalam dunia elektronik. Ini bisa terjadi karena sering terkena hujan dan panas, maupun dimakan tikus. Pastikan untuk memeriksa kabel power dengan teliti secara berkala.

Solusi untuk permasalahan kabel putus yaitu dengan mengganti kabel baru atau membuat instalasi baru. Jika Anda merasa kabelnya masih bisa disambung, maka Anda dapat mencari posisi pas kabel yang putus. Kemudian, urutkan kabel satu per satu dan menyambungnya kembali.

Otomatis pompa rusak

Pompa air rumahan menggunakan otomatis yang menempel pada mediannya. Jika otomatis rusak, maka akan mengakibatkan mesin pompa air mati total pula. Kerusakan otomatis dapat terjadi karena tidak bisa tersambung akibat sudah berkarat.

Anda dapat melepas otomatis tersebut sementara, lalu coba hidupkan kabel power pompa air ke listrik. Jika mesin tidak hidup, maka otomatisnya rusak.

Solusi pada kasus otomatis rusak ialah dengan menghidupkan pompa air tanpa otomatis. Setelah selesai, pastikan untuk segera mencabut colokan pompa air. Jika solusi tersebut menyulitkan Anda dan anggota keluarga lainnya, maka gantilah dengan otomatis baru.

Pesan Jasa Servis Pompa Air

Sejasa sangat memahami kebutuhan pelanggan dalam hal servis elektronik rumah. Untuk itu, Anda dapat menemukan teknisi pompa air yang profesional dan berpengalaman di Sejasa. Kurang dari 5 menit, Anda akan mendapatkan teknisi yang membantu atasi permasalahan pompa air di rumah.

Mulai dari servis ringan, servis besar, pemasangan, hingga jasa bongkar pasang pompa air bisa Anda pesan. Service pompa air di Sejasa memiliki garansi berupa pengerjaan dalam kurun waktu 30 hari setelah waktu pemesanan. Pemesanan super praktis dan cepat, hanya melalui website sejasa.com dan aplikasi Sejasa. Download sekarang, di Play Store atau App Store, gratis!

pompa air mati

 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.