pembersih toilet

Alat-alat Pembersih Toilet yang Wajib Ada di Rumah!

Menjaga kebersihan rumah merupakan hal penting yang perlu diterapkan setiap penghuni rumah. Setiap area rumah harus dibersihkan demi menciptakan kebersihan dan kenyamanan. Toilet adalah area yang dapat menjadi sarang kuman dan sumber penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Untuk itu, ada beberapa alat pembersih toilet yang wajib ada di rumah Anda. Alat tersebut sangat berguna untuk menghilangkan berbagai noda membandel di toilet dan kamar mandi.

Pentingnya Membersihkan Toilet

Toilet alias kamar mandi adalah tempat paling privasi sekaligus tempat pembuangan, sehingga kebersihannya sangat penting. Membersihkan toilet dengan rutin akan membuat Anda dan anggota keluarga lainnya merasa nyaman, sehat dan terbebas dari penyakit.

Untuk Anda yang memiliki anak, mengajarkan cara menjaga kebersihan toilet kepada si kecil juga sangat penting. Dengan begitu, mereka paham dampak buruk apabila toilet dibiarkan kotor. Membersihkan toilet bisa dilakukan setiap hari atau beberapa hari sekali, saat sebelum mandi. Anda bisa menyikat area wastafel, gagang flush toilet, dudukan toilet, ubin lantai, serta ubin dinding kamar mandi menggunakan sikat dan peralatan khusus toilet.

Alat Pembersih Toilet

Untuk memberantas kotoran dan noda membandel di toilet, Anda memerlukan beberapa alat pembersih serta cairan khusus. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Sapu dan Pengki

sapu dan pengki untuk mengumpulkan sampah dan kotoran di lantai

Sepaket alat sapu dan pengki digunakan untuk mengumpulkan sampah. Sapu berfungsi untuk membersihkan berbagai area di rumah, tak terkecuali toilet. Umumnya, sapu untuk toilet merupakan yang jenis sintesis karena dapat digunakan untuk lantai yang kering maupun basah. Setelah menyapu, sampah di toilet perlu dibuang dengan wadah berupa pengki. Dengan menggunakan pengki, menyerok sampah lebih praktis dan mudah.

Cairan Pembersih

Setelah kotoran dan debu dibersihkan, saatnya menggunakan cairan pembersih. Cairan pembersih kamar mandi mampu menghilangkan noda membandel, membunuh human, serta menghilangkan bau tak sedap pada permukaan porselen dan ubin keramik kamar mandi. Anda juga bisa memilih cairan pembersih yang mampu menghancurkan kerak.

Perlu diingat, bahwa kebanyakan cairan pembersih memiliki aroma yang agak menyengat dan ada yang membuat panas dan gatal saat terkena kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk berhati-hati saat penggunaannya dan gunakan sarung tangan.

Sikat Toilet

Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk menyikat dan membersihkan toilet. Dalam penggunaannya, Anda dapat menuangkan cairan pembersih pada bagian dalam toilet. Kemudian, bisa didiamkan sejenak dan disikat dengan sikat toilet hingga bersih dan kinclong.

Agar lebih higienis, Anda juga bisa menggunakan cairan pemutih untuk membilasnya. Setelah selesai, letakkan sikat toilet di sudut kamar mandi dekat toilet agar mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Ember

ember berwarna biru yang bisa digunakan sebagai alat pembersih toilet untuk menampung air

Benda yang satu ini wajib ada di toilet. Ember dapat dijadikan wadah untuk campuran larutan pembersih untuk mengepel atau hanya sebagai wadah menampung air.

Spons

sponge berwarna biru yang digunakan untuk membersihkan permukaan wastafel sebagai pembersih toilet

Umumnya spons digunakan sebagai alat pencuci piring. Namun, spons juga bisa digunakan sebagai alat pembersih toilet karena mampu mengangkat kotoran. Kotoran, jamur, bahkan lumut bisa diatasi dengan menggunakan spons saat membersihkan area tertentu di toilet dan kamar mandi.

Spons bisa digunakan untuk membersihkan sisa sabun pada wastafel, pintu, bathtub, serta ubin keramik dinding. Jangan gunakan untuk kloset dan lantai ya.

Sikat Bulu Scrub

sikat bulu scrub yang dapat dijadikan alat pembersih permukaan lantai keramik kamar mandi

Sikat yang satu ini merupakan alat yang utama, karena bulu-bulu kasarnya mampu mengangkat kotoran di kamar mandi yang sulit dibersihkan dengan alat lain. Dengan perpaduan sikat bulu scrub dan cairan pembersih, lantai kamar mandi bisa bersih dan kinclong.

Lap Mikrofiber

kain lap microfiber yang dapat digunakan sebagai alat membersihkan kaca toilet

Kain lap mikrofiber memiliki tekstur kain yang mudah mengangkat debu dibanding kain lainnya. Benda yang satu ini dapat digunakan untuk membersihkan kaca atau cermin, dinding, serta lantai ubin keramik.

Sikat Gigi Bekas

Alat yang satu ini terdengar aneh, namun sangat bermanfaat untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Misalnya kotoran pada celah lantai. Setelah dipakai, jangan lupa untuk membersihkannya agar bisa dipakai kembali nantinya.

Sarung tangan Karet

sarung tangan karet berwarna oranye yang dapat digunakan saat membersihkan kamar mandi

Demi menjaga keamanan dan kebersihan, saat membersihkan toilet Anda membutuhkan sarung tangan. Ini bertujuan untuk memproteksi diri agar kuman dan bakteri tidak berpindah ke tubuh Anda.

Dengan menggunakan sarung tangan karet, telah meminimalisir kuman dan bakteri ke tangan, bahkan bisa melindungi diri dari alergi atau rekasi sensitif lainnya.

Jadikan Toilet Bersih dengan Layanan Cleaning Sejasa

Anda merasa repot dan kesulitan membersihkan toilet dan kamar mandi? Panggil layanan daily cleaning Sejasa, karena pemesanannya praktis dan cepat. Mitra penyedia jasa akan datang ke alamat Anda sesuai waktu yang dibutuhkan. Tidak hanya area toilet, tapi ruangan lainnya di rumah Anda akan dibersihkan dan ditata dengan rapi.

Layanan daily cleaning Sejasa bisa dipesan di website sejasa.com dan aplikasi Sejasa yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Anda dapat mengisi form permintaan jasa sesuai kebutuhan, dan Sejasa akan mencarikan mitra untuk menyelesaikan permasalahan bersih-bersih rumah. Anda juga bisa memesan paket langganan lho, biayanya jauh lebih hemat dan pastinya rumah semakin bersih.

layanan Daily Cleaning Sejasa dapat mengerjakan pembersihan area toilet
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *