tips membersihkan kamar mandi

Panduan Lengkap Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi kita gunakan sehari-hari untuk membuat badan kita bersih. Selain itu, kamar mandi yang bersih membuat pemiliknya juga sehat. Maka dari itu, sangat penting untuk membuatnya bersih dan higienis. Sejasa akan menjelaskan tips membersihkan kamar mandi secara menyeluruh ke semua sudut.

Luangkan waktu satu jam setiap hendak membersihkan kamar mandi. Sebelum mulai membersihkan kamar mandi, tentu Anda perlu menyiapkan peralatan dan pembersih seperti: 

  • Sikat besar 
  • Sikat kecil
  • Kain lap
  • Wiper 
  • Spons
  • Ember
  • Vacuum cleaner
  • Cuka
  • Baking soda  
  • Cairan pembersih
  • Disinfektan

Sudah siap jadikan kamar mandi bersih mengkilap? Ayo mulai!

Toilet

kamar mandi toilet
Dabito on Domino

Toilet dapat menjadi sarang kuman dan sumber penyakit jika kita lalai merawatnya. Mulai dari membersihkan bagian mangkuk dengan cairan pembersih toilet atau baking soda. 

Tuang ke dalam mangkuk dan biarkan selama 5 menit atau sesuai anjuran pembersih. Sikat pada bagian dalam dan bawah sampai keraknya hilang lalu flush.  

Jangan lewatkan bagian dudukannya. Gunakan tisu lap yang mengandung disinfektan dan lap pada bagian dudukan, tombol flush, dan permukaan toilet. 

Sebagai alternatif, semprotkan cairan disinfektan dan pakai lap basah. Pisahkan lap ini dengan lap untuk membersihkan bagian kamar mandi lain agar kuman tidak menumpuk.

Sikat WC juga penting untuk dibersihkan. Biarkan kering setelah dipakai lalu semprotkan cairan disinfektan.

Tips penting: tutup toilet dan nyalakan kipas ventilasi sebelum melakukan flush agar air dalam mangkuk tidak terciprat keluar. Hal ini dapat mengurangi potensi penyebaran kuman dan bakteri seperti E. coli dan salmonella menyebar ke permukaan lain.

Wastafel

wastafel tips membersihkan kamar mandi
Brian W. Ferry on Dwell

Kita memakai wastafel untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet, setelah bepergian, dan lainnya. Kuman dan bakteri menempel dan bersarang di situ. Itu sebabnya perlu cara pembersihan yang benar agar mampu mengembalikan kebersihan bak cuci tersebut. 

Bersihkan cermin dengan cairan pembersihnya. Selanjutnya lap dengan kain bersih atau gunakan wiper.

Tuangkan baking soda atau cuka ke dalam baskom wastafel. Tunggu sekitar 5 menit lalu siram dengan air panas. Alternatif lainnya yaitu lap seperti membersihkan permukaan toilet. Pakai tisu berdisinfektan atau semprotkan disinfektan lantas lap dengan kain khusus. Bersihkan bagian kran dengan cara tersebut.

Dinding dan Lantai 

dinding lantai kamar mandi
Fireclay Tile

Ketika membersihkan dinding kamar mandi, Anda perlu fokus untuk membersihkan pada nat atau celah antarkeramik. 

Manfaatkan cairan pembersih serba guna atau cairan pemutih dan sikat gigi bekas untuk hal ini. Celupkan sikat gigi pada cairan tersebut dan sikat pada bagian nat. Untuk membilasnya, campurkan air hangat dan sabun.

Anda dapat melakukannya pada lantai setelah selesai membersihkan semua bagian kamar mandi. Buka pintu atau ventilasi agar lantai cepat kering.

Bathtub

bathtub tips kamar mandi bersih
Jason Frank Rothenberg on Domino

Semprot cairan pembersih serba guna pada permukaan bathtub. Gosok noda dan kotorannya dengan sikat atau spons. Bilas dengan air hangat lalu lap dengan kain handuk (bisa gunakan handuk lama). 

Untuk pintu dan dinding kaca, Anda dapat membersihkannya dengan pasta dari kombinasi cuka dan baking soda. Balurkan ke kaca, biarkan menempel selama satu jam. Gosok dengan kain mikrofiber. Bilas dan lap dengan kain mikrofiber kering lainnya.

Jika Anda menggunakan shower curtain, Anda boleh mencucinya dengan mesin cuci serta deterjen biasa. Jemur sampai kering. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan jamur dan kotoran sabun.

Shower

shower membersihkan kamar mandi tips
Fireclay Tile

Shower perlu dibersihkan juga, lho. Caranya pun cukup mudah. Tuang cuka ke dalam kantong plastik dalam jumlah yang cukup untuk merendam shower sampai mulut pipa. Diamkan semalaman kemudian bilas dengan air. Langkah ini akan membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel pada shower.

Kipas exhaust

exhaust fan kipas
House of Brinson

Yang satu ini mungkin sering dilupakan dalam agenda membersihkan kamar mandi, kipas exhaust atau bathroom exhaust fan. Sebelum mulai bersih-bersih, matikan circuit breaker yang tersambung dengan kipas. 

Lepaskan cover kipas bila memungkinkan, rendam dalam campuran air hangat dan sabun cuci piring. Bilas kemudian keringkan.

Vakum debu dan kotoran bagian pisau kipas dan lap dengan kain lembap. Boleh juga pakai sikat kecil untuk menyapu debu yang terselip di antara bagian-bagian kipas. Ulangi vakum untuk mengangkat sisa-sisa kotoran. Pasang kembali cover setelah selesai.

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.