5 Ide Desain Kanopi Garasi Rumah Minimalis

kanopi garasi

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kanopi. Kanopi merupakan atap pelindung pada bagian depan atau suatu bangunan. Ciri kanopi pada umumnya adalah bagian ujung terbuka dan memiliki beraneka ragam bentuk. Tidak hanya itu, kanopi juga terbuat dari berbagai material dasar mulai dari kaca, UPVC, polycarbonate dan material lainnya. Kanopi sering kali dipasang di bagian luar rumah, seperti teras dan carport, guna melindungi area di bawahnya dari sinar matahari dan air hujan secara langsung. Dengan keberadaan kanopi maka area yang dilindunginya akan lebih teduh sehingga akan memberikan kenyamanan dan keamanan sebagaimana fungsi dari kanopi tersebut.

Namun selain manfaat di atas, penambahan kanopi juga harus memperhatikan unsur estetika. Oleh karena itu sekarang tersedia kanopi dengan berbagai model dari berbagai macam bahan. Anda yang ingin menambah kanopi pada bagian rumah atau kanopi garasi, sebaiknya pilih bahan yang perawatannya mudah, tidak mudah pecah dan memberikan tampilan yang beda dari rumah yang lainnya.

Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan inspirasi desain kanopi, berikut beberapa ide desain kanopi garasi minimalis yang layak Anda jadikan pertimbangan.

Kanopi Modern Minimalis dengan Bahan Polikarbonat

schweng_dach

Belakangan ini tengah populer penggunaan kanopi berbahan polikarbonat. Bahan ini digemari karena strukturnya yang ringan namun kuat. Sekilas bahan polikarbonat mirip dengan kaca sehingga memiliki kesan yang modern. Bagi tampilan rumah, penggunaan kanopi garasi berbahan polikarbonat ini akan memberikan tampilan yang lebih mewah. Lebih dari itu, bahan polikarbonat juga mampu meredam panas sinar ultraviolet.

Kanopi Perpaduan Kisi-kisi Kayu yang Estetik

Penggunaan kanopi minimalis yang dikombinasikan dengan kisi-kisi kayu akan menghasilkan nilai estetika yang tinggi pada hunian Anda. Yang mana kisi-kisi kayu sendiri adalah elemen dekoratif, sedangkan kanopi utamanya sendiri tetap menggunakan bahan kaca, polikarbonat, spandek atau bahan yang lainnya. Namun apabila Anda ingin menambah efek bayangan kisi-kisi, maka sebaiknya menggunakan material dari kaca atau polikarbonat.

Wiremesh untuk Kanopi dengan Tanaman Merambat

Wiremesh juga cukup menarik untuk digunakan sebagai kanopi minimalis. Penggunaan wiremesh biasanya dipilih bagi mereka yang ingin menjadikan tanaman merambat sebagai pelindung kanopi. Menjadikan tanaman merambat sebagai kanopi bisa dijadikan sebuah pilihan, bukan hanya karena bisa memberi keteduhan saja tetapi akan menjadikan tampilan teras atau carport lebih natural. Konsep ini cocok diusung bagi Anda yang menyukai tanaman atau ingin menambah ruang hijau pada rumah.

Kanopi Gantung Minimalis

Kanopi gantung berguna untuk memberi area yang lebih luas pada carport Anda. Pemasangan kanopi model ini hanya menggunakan dinding rumah untuk menahan beban kanopi. Jadi perhitungannya harus benar-benar baik apabila ingin menggunakan kanopi gantung minimalis.

Kanopi Berbahan Asbes

kanopi garasi

Material ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan harganya sangat terjangkau dan pemasangannya pun cukup praktis. Akan tetapi kelemahan dari pemakaian bahan asbes adalah mudah panas. Jadi orang yang berada di bawah kanopi akan merasakan kegerahan apabila berada cukup lama di area tersebut. Untuk menyiasatinya bisa digunakan pemakaian asbes dengan rangkap 2.

Kanopi Desain Tenda Membran

kanopi garasi

Kanopi desain tenda tidak hanya akan menjadikan rumah lebih sejuk, namun juga akan membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah dan elegan. Desain kanopi membran yang dijadikan carport memperkuat suasana dekorasi rumah ala pantai karena bentuknya yang mirip dengan layar sebuah kapal.

Berapa Biaya Pasang Kanopi Garasi untuk Carport?

Setelah mengetahui berbagai model kanopi garasi yang inspiratif, mungkin Anda berpikir berapa harga jasa pasang kanopi untuk hunian Anda. Biaya pemasangan kanopi sekitar Rp150,000 per hari untuk satu tukang tergantung dari kuantitas dan kerumitan pemasangan kanopi. Untuk mengetahui harga material per meter persegi dapat dilihat selengkapnya di sini.

Anda dapat menemukan jasa pemasangan kanopi melalui sejasa.com atau aplikasi Sejasa yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Di Sejasa, Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi mitra penyedia jasa profesional terdekat di daerah Anda. Pastikan untuk mengecek portofolio pekerjaan sebelumnya dan review dari pelanggan sebelumnya.

kanopi garasi
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.